Jenis Kelamin Bayi Sudah Bisa Ditentukan Sejak Awal dengan Tes Darah

3.5/5 (2)

Kehamilan adalah sebuah anugerah yang dimiliki oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Banyak wanita setelah usia melangsungkan resepsi pernikahan mendambakan memiliki buah hati dalam rahimnya. Betapa tidak, kebahagiaan tidak akan terasa lengkap saat anda tidak mendengar tangisan bayi sebagai buah cinta anda bersama pasangan dirumah. Oleh karenanya, setelah pernikahan kehamilan menjadi hal yang akan dinanti-nanti oleh pasangan suami isteri.

Nah, setelah perjuangan yang besar dan penantian yang panjang dan akhirnya kehamilan bisa didapatkan. Tidak sedikit pasangan yang penasaran akan jenis kelamin bayinya. Apakah laki-laki atau anak perempuan mereka akan cenderung tidak sabar mengetahui kabar ini. Bahkan tidak sedikit ibu dan ayah yang menebak-nebak jenis kelamin anak yang masih ada dalam kandungan.

Hanya saja, biasanya tes kehamilan guna mengetahui jenis kehamilan bayi dalam kandungan ini dapat dilakukan setelah usia kehamilan beberapa bulan. Tes ini dikenal dengan sebutan tes USG. Lewat tes ini maka ayah dan ibu bisa mengetahui jenis kelamin si buah hati dengan baik. Akan tetapi, penantian yang cukup lama ini seringkali membuat anda tidak sabar.

Namun sebenarnya ada metode lain yang bisa anda lakukan yakni dengan menggunakan tes darah. Jenis kelamin buah hati anda sudah bisa diketahui sejak awal kehamilan dengan melakukan metode yang satu ini. Baca juga: Waspadai Bahaya Paparan Radiasi Ponsel Untuk Kesehatan Janin

Tes Darah Guna Mengetahui Jenis Kelamin Bayi

Tes darah adalah salah satu metode yang dapat dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin bayi dalam kandungan. Bahkan sejak usia kehamilan baru menginjak beberapa minggu, jenis kelamin si kecil dalan rahim anda sudah bisa kenali. Tes ini dapat dilakukan lebih awal dibandingkan dengan melakukan USG yang baru akurat hasilnya setelah usia kehamilan 18 sampai dengan 22 minggu.

Nah, metode pengecekan jenis kelamin ini akan dapat menjadi solusi yang baik untuk anda yang sudah tidak sabar menanti kepastian jenis kelamin si kecil dalam rahim sang istri.

Tes darah pada dasarnya ditujukan untuk mengetahui kelainan kromosom pada bayi (seperti misalkan adanya kemungkinan Down Syndrome). Akan tetapi, dalam waktu yang bersamaan tes ini pun dapat menentukan jenis kelamin si janin dalam kandungan. Baca juga: Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Tes darah pun bisa pula disebut dengan tes DNA sel bebas atau sel prenatal noninvasif. Lalu mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tes ini tidak dilakukan dengan cara pembedahan atau melakukan pengambilan dari ibu atau janin dalam kandungan.

Tes darah hanya dilakukan dengan menggunakan sampel DNA yang terdapat dalam sel darah ibu. Karena dilakukan dengan mengambil sel darah pada ibu hamil, maka tes DNA ini akan lebih akurat hasilnya dibandingkan dengan hanya menggunakan tes urin pada ibu hamil.

Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Journal of American Medical Association mengungkapkan bahwa akurasi dari tes DNA mencapai 95,4 persen untuk bayi laki-laki dan 98,6 persen untuk bayi perempuan.

Selain itu, kelebihan dari tes ini adalah tes DNA guna mengetahui jenis kelamin bayi sudah dapat dilakukan sejak usia kandungan ibu menginjak usia 7 minggu. Selain itu, melakukan metode pengecekan ini pun tidak akan menimbulkan resiko berbahaya untuk kehamilan ibu.

Jadi demikian, proses pengecekan ini akan aman dan tidak berbahaya baik untuk ibu maupun janin dalam kandungan. Nah, bila anda sudah penasaran dan tidak sabar mengetahui jenis kelamin si buah hati maka tidak ada salahnya melakukan tes ini.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply