data-ad-format="auto"

Jari Bengkak Selama Hamil

Selama kehamilan, ibu hamil wajib menjaga kesehatan. Kesehatan ibu hamil terdiri dari kesehatan fisik dan kesehatan psikis. kesehatan fisik yang berhubungan dengan tubuh ibu hamil. Kesehatan fisik akan dipengaruhi oleh beberapa perubahan fisik selama kehamilan sehingga ibu hamil seringkali mengeluhkan kesehatan fisik karena belum dapat sebenuhnya adaptasi.

Sama halnya dengan kesehatan fisik, yang memerlukan perhatian serius oleh ibu hamil adalah kesehatan psikis. Pada awal kehamilan, trimester pertama ibu hamil sudah mengalami perubahan hormon yang menyebabkan terjadinya perubahan pada psikis ibu hamil. Psikis berhubungan dengan suasana hati, perubahan mood, rasa cemas dll.

Adapula yang berhubungan antara perubahan psikis dan perubahan fisik pada ibu hamil. Misalnya karena merasakan perubahan mood maka ibu hamil lebih menolak makan dan mempengaruhi kesehatan sehingga jatuh sakit. Dengan demikian sangat penting sekali untuk ibu hamil menjaga kesehatan fisik maupun psikis.

Dalam menjalani kehamilan keluhan seringkali terjadi, sebaiknya anda cari solusi sejak dini sehingga anda dapat mengatasi keluhan dan tidak mempengaruhi kesehatan fisik ataupun psikis selama kehamilan. Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah bagian kaki ataupun tangan yang bengkak. Mengapa selama kehamilan mengalami pembengkakan, normalkah terjadi pembengkakan pada area tangan ibu hamil dan bagaimana solusinya?

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Pada saat hamil keadaan yang normal terjadinya pembengkakan. Pembengkakan dapat terjadi pada bagian tubuh karena cairan tubuh yang meningkat saat hamil, umumnya yang mengalami pembengkakan adalah kaki dan tangan. Pada saat ibu hamil terlalu banyak berdiri maka akan menyebaban kaki tertumpu dan beban terlalu kuat. Sedangkan pada tangan bisa terjadi salah satu penyebabnya cincin yang terlalu ketat.

Pembengkakan pada tangan atau disebut oedem yang disebabkan karena sirkulasi darah yang terhambat. Meskipun merupakan keluhan kehamilan yang umum bagi ibu hamil, terutaman pada trimester ketiga kehamilan. Oedema semasa kehamilan dapat pula disebabkan oleh faktor lingkungan yaitu karena udara yang panas.

Meskipun pembengkakan saat hamil biasa dialami oleh ibu hamil akan tetapi setiap ibu hamil mengalami perbedaan kondisi. Sebaiknya ketika anda mengalami pembengkakan kehamilan yang terjadi pada muka, kaki atau tangan konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebabnya, dikhawatirkan bengkak yang anda alami ketika hamil disebabkan karena anda mengalami preeklamsia.

Sedangkan tips yang dapat membantu anda mengurangi pembengkakan selama kehamilan adalah dengan cara-cara berikut ini :

  1. Pola makan yang sehat sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada bagian tubuh. Anda dapat mengkonsumdi bawang putih dan buah apel yang dianggap efektif.
  2. Anda dapat memperbanyak mengkonsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi
  3. Anda dapat beristirahat pada siang hari apabila memiliki waktu senggang sehingga membuat badan anda kembali rileks.
  4. Anda dapat mengambil posisi tidur miring ke kiri sehingga menghindari tekanan pada vena besar.
  5. Untuk membantu sirkulasi darah, apabila menuntut anda lama berhadapan dengan komputer atau menulis . Maka anda dapat membantu melancarkan darah dengan menggunakan bangku kecil diatas meja .
  6. Anda dapat meminta suami anda untuk memijat lembut bagian tangan dan kaki anda, pijatan lembut sehingga membuat anda lebih merasa nyaman.

Loading...

Follow us