Jari Bengkak Saat Hamil, Berikut 4 Cara Mengatasinya

Jari Bengkak Saat Hamil – Saat hamil, seorang ibu akan mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya, salah satunya kondisi jari bengkak. Kondisi ini disebabkan karena produksi darah, serta cairan pada tubuh mengalami peningkatan. Jari tangan yang mengalami pembengkakan tentu akan terasa tidak nyaman, oleh karena itu anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini.

Cara Mengatasi Jari Tangan Bengkak Saat Hamil

Cara mudah dan alami yang bisa anda coba untuk mengatasi kondisi jari bengkak saat hamil. Yuk simak cara mengatasi jari bengkak saat hamil berikut ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Muda

Menjaga Agar Tubuh Tetap Terhidrasi

Jari Bengkak Saat Hamil

Mencukupi kebutuhan cairan sangat penting dilakukan untuk menghidrasi tubuh. Selain itu, minum air putih yang banyak juga dapat membantu mengatasi keluhan jari tangan bengkak ketika sedang hamil. Pasalnya, air akan dapat menarik kelebihan cairan pada tubuh dan mengeluarkannya bersama urine.

Oleh karena itu, sebagai cara mengatasi jari tangan bengkak, anda dapat minum banyak air putih. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan air untuk berenang, berendam, atau hanya berdiri pada kolam dangkal. Air yang ada di sekeliling anda akan memberikan gaya tekan pada jaringan tubuh. Efeknya cairan yang menumpuk akan keluar.

Menjaga Pola Makan

Jari Bengkak Saat Hamil

Kondisi jari yang membengkak akan menjadi semakin parah jika asupan kalium kurang, sering konsumsi kafein dan sering mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi. Anda bisa menyesuaikan pola makan untuk mengatasi jari bengkak dengan cara seperti berikut ini:

  • Membatasi konsumsi kafein.
  • Asupan kalium ditambah yang bisa didapatkan dari melon, pisang, buah yang sudah dikeringkan, jeruk, kentang, jamur, kacang-kacangan dan ubi.
  • Anda dapat mengonsumsi makanan alami lebih banyak, serta makanan olahan tinggi garam dibatasi.
  • Anda dapat mengonsumsi makanan diuretik alami seperti jahe, peterseli dan seledri.

Tidur Ke Arah Kiri

Jari Bengkak Saat Hamil

Cara lainnya yang dapat anda coba untuk membantu mengatasi jari tangan bengkak yaitu tidur ke arah kiri. Dengan tidur menghadap ke kiri akan membantu mengurangi tekanan yang terjadi pada pembuluh vena cava inferior. Dimana pembuluh ini memiliki peran untuk mengalirkan darah dengan kandungan karbondioksida pada bagian bawah tubuh ke jantung. Selain itu, tidur ke arah kiri ketika sedang hamil membuat beban perut berkurang. Aliran darah menuju jantung akan lebih lancar apabila pembuluh ini bebas tekanan. Penumpukan cairan akan berkurang, efeknya jari tidak akan membengkak.

Nah sebelum tidur, anda dapat membuat suasana menjadi nyaman agar tidur lebih berkualitas. Kemudian tidur dengan posisi nyaman menghadap ke kiri untuk membantu mengatasi jari tangan yang bengkak.

Kompres Hangat

Jari Bengkak Saat Hamil

Jari tangan yang bengkak ketika hamil bisa diatasi dengan melakukan kompres hangat. Pada area tubuh anda yang dikompres, panas akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Sehingga aliran darah ke jantung akan lancar. Caranya seperti berikut ini:

  • Untuk mengompres, anda bisa menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat atau heating pad.
  • Kemudian tempelkan pada jari anda yang bengkak. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Jangan kompres lebih dari 20 menit.

Lihat juga : Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Kondisi jari tangan yang bengkak ketika hamil merupakan kondisi yang wajar dan setelah melahirkan akan berkurang. Akan tetapi anda harus tetap waspada apabila pembengkakan terjadi dengan mendadak yang disertai dengan gejala lainnya seperti muntah, sakit kepala dan mengalami masalah penglihatan. Kondisi ini merupakan gejala dari preeklampsia. Jika gejala seperti ini anda alami, segera periksakan kondisi anda ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply