Inilah Tips Melakukan Perjalanan Bagi Anda Saat Hamil

Kehamilan tentunya menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap wanita. Namun, terkadang kehamilan menjadi sebuah kendala bagi seorang wanita ketika mereka hendak bepergian. Tentunya, Anda harus mengikuti beberapa aturan yang tentunya membuat seorang wanita yang sedang hamil melakukan hal tersebut. Namun, tahukah Anda bahwa masa kehamilan sekitar minggu ke-14 hingga ke-28 memang menjadi waktu yang terbaik untuk bepergian untuk ibu hamil.

Biasanya, ketika usia kehamilan memasuki 12 minggu pertama dan sudah memasuki minggu ke-36. Untuk itu, ketika ibu hamil sudah memasuki usia kehamilan 36 minggu disarankan untuk tidak bepergian terlalu jauh. Hal ini dikarenakan bepergian terlalu jauh dapat membuat kehamilan sedikit beresiko. Sedangkan pada usia kehamilan yang masih muda dapat beresiko tingkat keguguran yang paling tinggi. Tentunya, resiko keguguran pada awal kehamilan kembali akan meningkat hingga akhir masa-masa kehamilan.

Namun, tidak setiap wanita yang hamil memiliki resiko yang tinggi pada kehamilannya ketika mereka bepergian. Anda tentunya dapat tetap bepergian meskipun Anda tengah hamil. Akan tetapi, Anda tetap harus menjaga kehamilan dengan memperhatikan beberapa hal yang memang harus Anda lakukan.

Jika Anda memiliki berniat untuk melakukan perjalanan jauh meskipun Anda sedang hamil. Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada bidan atau dokter kandungan Anda. Dengan begitu, tenaga kesehatan akan memberikan saran yang terbaik bagi Anda untuk melakukan dan tidak melakukan hal yang memang dilarang ketika bepergian pada ibu hamil. Ketika hendak bepergian pastinya tim tenaga kesehatan akan memberikan arahan dan juga tempat tujuan yang memang sangat aman bagi ibu hamil. Anda tentunya tidak akan disarankan untuk berkunjung ke daerah dengan tingkat infeksi dan juga virus yang tinggi seperti area malaria.

Bepergian tentunya dapat dilakukan dengan melalui berbagai jenis kendaraan. Untuk itu, ketika bepergian, ada hal yang harus Anda pertimbangkan yakni kendaraan apa yang akan Anda gunakan. Berikut beberapa mode transportasi yang dapat Anda pertimbangkan dan juga diperhatikan ketika Anda tengah hamil, diantaranya:

Bepergian Dengan Mobil

Memakai mobil untuk bepergian memang sudah tidak asing bagi kita. Berikut beberapa panduan yang dapat Anda lakukan ketika bepergian dengan menggunakan mobil ketika sedang hamil, diantaranya:

  1. Hindari menggunakan mobil seorang diri dalam jarak jauh. Anda tentunya disarankan untuk pergi bersama pasangan dan juga teman Anda.
  2. Jaga supaya sirkulasi udara di dalam mobil tetap lancar
  3. Anda harus menggunakan sabun pengaman yang digunakan menyilang diantara tali bawah dan juga payudara
  4. Sebelum melakukan perjalanan, Anda dapat mencukupi kebutuhan air minum dan usahakan untuk membawa air minum dan juga makanan
  5. Untuk mengurangi tekanan pada kandung kemih, Anda dapat turun dari kendaraan setidaknya dua jam sekali. Berjalan kaki dan juga buang air kecil dapat mengurangi tekanan pada kantung kemih.

Bepergian Dengan Pesawat

Selain menggunakan mobil, kendaraan yang biasa digunakan ialah pesawat. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan pesawat, diantaranya:

  1. Anda dapat memeriksa kebijakan maskapai yang Anda tumpangi apakah boleh atau tidak menampung wanita yang sedang hamil. Hal ini tentunya terkait dengan usia kehamilan pada wanita tersebut.
  2. Saat memesan tempat duduk, Anda dapat memesan tempat duduk yang paling nyaman. Anda tentunya dapat memilih kursi yang dekat dengan lorong agar dapat mudah keluar masuk ke toilet.
  3. Jika kehamilan usia 28 minggu, Anda dimungkinkan untuk meminta surat keterangan dari dokter agar tidak mengambil resiko.
  4. Anda tentunya harus mengonsumsi air putih yang cukup. Ketika berada di kabin pesawat karena memungkinkan suhu di kabin pesawat menjadi lebih panas.
  5. Agar kaki tidak bengkak, Anda dapat menutup kaki dengan menggunakan kaos kaki panjang atau juga stocking.
  6. Pastikan untuk memakai sabuk pengaman yang terpasang pada bagian perut bawah agar terjaga jika terjadi turbulensi.
  7. Ketika naik pesawat, Anda disarankan untuk melakukan gerakan badan setiap 30 menit agar peredaran darah menjadi lancar. Penerbangan lebih dari lima jam tentunya sangat beresiko mengalami pembekuan darah.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika hendak melakukan perjalanan menggunakan pesawat, diantaranya:

  1. Bayi akan lahir prematur
  2. Akan terjadi gangguan plasenta pada kandungan Anda
  3. Usia kehamilan telah mencapai usia 36 minggu disarankan untuk tidak bepergian menggunakan pesawat.
  4. Berdasarkan riwayat kesehatan, banyak dokter yang tidak menyarankan Anda untuk bepergian dengan menggunakan pesawat.

Bepergian Dengan Transportasi Laut

Bepergian dengan menggunakan transportasi laut memang terbilang aman, namun jika Anda tengah hamil harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya:

  1. Periksa kebijakan transportasi laut terlebih dahulu apakah ada peraturan mengenai perlindungan wanita yang sedang hamil. Hal ini dikarenakan ada beberapa perusahaan yang tidak membawa penumpang yang tengah hamil karena tidak ingin mengambil resiko yang cukup tinggi.
  2. Apakah transportasi laut tersebut sudah menyediakan pelayanan medis selama dalam perjalanan, terutama untuk ibu hamil.
  3. Sebaiknya, sediakan makanan ringan yang tidak berminyak karena dapat meredakan mual ataupun mabuk laut.

Tips Melakukan Perjalanan Aman Bagi Ibu Hamil

Wanita hamil tentunya harus melakukan  beberapa tips ketika hendak melakukan perjalanan, diantaranya:

  1. Jangan bepergian sendiri
  2. Siapkan nomor telepon rumah sakit yangd apat Anda hubungi secepat mungkin
  3. Pastikan untuk menggunakan kendaraan yang nyaman dan juga aman selama melakukan perjalanan. Sebaiknya, Anda pilih kendaraan yang sudah teruji akan memberikan pelayanan yang maksimal.
  4. Bawa selalu air putih dalam kemasan selama melakukan perjalanan. Tentunya, melakukan perjalanan harus memperhatikan asupan cairan di dalam tubuh.
  5. Selalu siapkan bekal makanan sehat selama melakukan perjalanan.
  6. Jangan mengonsumsi cemilan yang tidak sehat karena akan berbahaya bagi kesehatan ibu hamil.
  7. Jangan membawa barang yang berlebihan dan nantikan akan menjadi beban bagi Anda.
  8. Perhatikan kondisi fisik Anda ketika akan melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Meminimalisir resiko agar kehamilan Anda tetap aman meski dengan melakukan perjalanan ialah sebuah keharusan bagi Anda. Hal ini dikarenakan kehamilan Anda memang sangat pentin, namun tentunya ada hal lain yang memang tidak dapat Anda tinggalkan. Selain itu, Anda dapat melakukan cara dan juga tips yang telah kami sebutkan di atas agar Anda tetap melakukan perjalanan dengan aman dan juga menyenangkan.

Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan tentunya menjadi sebuah PR besar bagi Anda yang tengah hamil. Hal ini dikarenakan wanita yang tengah hamil memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan dengan wanita yang sedang tidak hamil. Itulah beberapa tips aman yang dapat Anda lakukan ketika hendak bepergian terutama bagi wanita hamil. Semoga bermanfaat!

 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel