Inilah Fakta-Fakta Tentang Menyusui Yang Jarang Diketahui Orang

Hamil, melahirkan dan juga menyusui memang menjadi satu proses yang tidak dapat dihindari oleh wanita. Memberikan asupan ASI memang menjadi aktivitas yang harus dilakukan oleh setiap ibu. Ini tentunya akan menjadi momen yang paling berharga bagi setiap ibu. Seperti yang kita tahu bahwa ASI memang menjadi asupan nutrisi terbaik bagi si kecil. Selain itu, ASI juga dapat meningkatkan dan juga mempererat ikatan batin antara ibu dan juga anak.

Tentunya, tidak semua ibu tahu akan manfaat yang dapat diambil dari ASI ini. Bahkan banyak ibu yang justru lebih memilih untuk memberikan susu formula dibandingkan dengan susu eksklusif. Tentunya kondisi ini dapat disebabkan oleh keinginan ibu yang tidak ingin repot menyusui. Namun, tahukah Anda bahwa ASI memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari susu formula serta fakta mengenai menyusui. Berikut kami sajikan beberapa fakta mengenai menyusui yang mungkin jarang diketahui oleh kebanyakan ibu, diantaranya:

  1. Bayi menyusu setiap 2 jam sekali setiap harinya dengan selang waktu sekitar 5-40 menit. Inilah mengapa banyak ibu yang sering mengeluh karena tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan aktivitas lain seperti masak, mandi bahkan makan.
  2. Menyusui dapat disebut sebagai proses belajar bagi ibu dan juga bayi. Ibu tentunya harus belajar dalam memberikan bayi ASI untuk menghisap dan juga menelan. Seperti yang kebanyakan ibu bahwa belajar akan proses ini tidaklah mudah.
  3. Bayi setidaknya minum sekitar 67% ASI yang ada pada payudara. Jadi, tentu saja ibu akan sering dan tetap memerah payudara sebagai tabungan dari ASI.
  4. Menyusui itu terbilang sakit terlebih pada awal bayi tersebut menyusui. Tidak sedikit ibu yang mengalami trauma ketika memberikan ASI kepada bayinya. Hal ini mungkin terbilang wajar mengingat ibu dan juga bayi yang belum terbiasa dalam melakukan hal tersebut.
  5. Fakta yang didapat hampir 3 dari 4 ibu yang memproduksi ASI lebih banyak pada payudara sebelah kanan dibandingkan pada payudara sebelah kiri.
  6. Dapat disimpulkan bahwa energi yang diperlukan dalam menyusui setiap harinya sama dengan berlari sejauh 1,6 km.
  7. Ketika menyusui aerola akan berubah menjadi lebih gelap dibandingkan ketika sedang hamil. Ini tentunya berfungsi sebagai cara untuk membantu bayi dalam mengenali puting ibu.
  8. Mungkin banyak yang berpikir bahwa ASI keluar hanya dari satu lubang saja. Namun, faktanya ASI keluar dari beberapa lubang dan jumlahnya berbeda pada setiap orangnya.
  9. Meskipun sakit ternyata menyusui dapat merileksasi ibu hamil agar merasa lebih nyaman. Hal ini dikarenakan menyusui dapat melepaskan hormon oksitosin untuk membantu ibu hamil menjadi lebih tenang.
  10. Selain merileksasi, menyusui juga dapat melatih kesabaran bagi para ibu. Tidak jarang bayi yang sangat rewel ketika diberikan ASI. Inilah mengapa ibu bisa menjadi pribadi yang cukup sabar.
  11. Ketika menyusui tentunya ukuran payudara menjadi lebih membesar dan bertambah menjadi 1 sampai 2 kali lipat. Tidak heran jika saat menyusui, payudara ibu semakin membesar dan sangat besar.

Fakta-fakta mengenai menyusui dan juga ASI seyogianya dapat menjadi cara yang tepat untuk mengetahui hal-hal tentang menyusui. Itulah beberapa fakta mengenai ASI dan juga menyusui yang memang jarang diketahui oleh para ibu. Untuk itu, alangkah baiknya jika para ibu memberikan ASI yang eksklusif untuk bayinya. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel