Ini Loh Bunda Yang Harus Dipersiapkan Menjelang Persalinan

Hamil dan melahirkan memang menjadi bagian dari suatu proses yang harus dijalani oleh setiap wanita. Proses ini tentu dapat dikatakan sebagai proses yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Pasalnya, melalui proses ini setiap pasangan akan mendapatkan buah hati yang tentunya ditunggu-tunggu untuk mengisi kehidupan rumah tangga mereka. Jika Anda saat ini tengah hamil dan sedang mempersiapkan segala sesuatu dalam menjelang persalinan. Tentunya, ada beberapa hal yang tentu harus Anda lakukan agar Anda tidak panik dan juga dapat menghadapi persalinan dengan tenang.

Menjelang persalinan tentunya menjadi momen dimana seorang wanita mulai merasa gelisah, khawatir dan juga berbagai perasaan lainnya. Mungkin hal ini memang sering dialami oleh setiap wanita yang sedang hamil terutama melahirkan anak ke satu. Banyak ibu hamil yang mulai kebingungan dalam mempersiapkan persalinan. Hal ini dikarenakan begitu banyaknya yang harus Anda persiapkan dalam menjelang persalinan. Selain menyiapkan persalinan, seorang wanita hamil juga harus mempersiapkan banyak hal lainnya mulai dari perlengkapan bayi, ibu dan tidak kalah pentingnya yakni metal ibu dalam menghadapi persalinan. Hal ini dikarenakan banyak wanita hamil yang merasa cemas sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan aktivitas dalam menjelang persalinan.

Nah, jadi apa saja ya yang harus dipersiapkan bunda dalam menghadapi persalinan? berikut kami sajikan beberapa beberapa hal yang harus dilakukan oleh setiap ibu dalam menjelang persalinan, diantaranya:

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

  1. Ketika usia kehamilan Anda sudah mendekati waktu persalinan. Tentunya, jangan lupa untuk melakukan relaksasi dan juga senam pernapasan. Hal ini tentu agar ketika Anda melahirkan, Anda akan merasa lebih tenang sehingga Anda tetap kuat dan juga sehat ketika proses persalinan. Senam pernapasan dan juga relaksasi memang sangat dibutuhkan terutama ketika Anda hendak mengejan.
  2. Selain senam, Anda juga sudah mulai melapisi kasur Anda dengan perlak. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika tiba-tiba ketuban Anda pecah untuk proses persalinan.
  3. Anda juga sudah mulai menyiapkan kendaraan untuk mengantar Anda menuju tenaga medis dan juga bidan. Hal ini agar tidak mencari kendaraan secara mendadak ketika Anda akan bersalin.
  4. Pilihlah tenaga medis seperti bidan, dokter kandungan dan juga rumah sakit untuk menolong Anda ketika Anda bersalin.
  5. Persiapkan rute menuju tenaga medis seperti bidan dan juga rumah sakit dengan rute yang cukup cepat. Pastikan Anda menyiapkan rute agar Anda dapat menyiapkan perjalanan yang sedekat-dekatnya.
  6. Jika memang Anda sudah menunjuk tenaga media mana yang akan membantu Anda bersalin, konsultasikan hal ini kepada dokter kapan waktu yang tepat untuk pergi ke tenaga medis seperti Rumah Sakit ketika akan menjelang persalinan.
  7. Hindari stres dan kecemasan yang cukup berlebih karena akan membuat mental Anda menjadi sedikit terganggu. Jangan mudah marah, bicarakan segala kecemasan dan juga kekhawatiran Anda kepada suami, keluarga ataupun orang-orang terdekat Anda. Hal ini sedikitnya akan membantu Anda agar lebih tenang menghadapi proses persalinan.
  8. Untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri Anda, Anda tentunya dapat bergabung dengan birth class untuk mulai berbagi pengalaman dalam menjelang persalinan. Di kelas ini tentunya Anda akan mendapatkan informasi yang cukup jelas tentang persalinan.
  9. Hindari sekaligus tetap waspada dalam menghadapi persalinan yang kemungkinan akan terjadinya komplikasi kehamilan secara tiba-tiba.

10.Agar Anda bisa mendapatkan sumber kekuatan yang tidak ada bandingannya. Cobalah untuk mulai berbicara kepada si kecil yang ada di dalam kandungan Anda. Dengan kekuatan alami ini tentunya Anda akan mendapatkan sumber kekuatan baru sehingga dapat sedikitnya terhindari dari rasa takut ketika akan menjelang proses persalinan. Tentunya, ini membantu Anda dalam mengendalikan emosi menjelang persalinan. Itulah beberapa persiapan yang harus dipersiapkan oleh bunda ketika menghadapi persalinan. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us