Ini Loh Bun, Tanda Bahwa Si Kecil Sudah Siap Diberi MPASI

Bayi tumbuh seiring dengan berjalannya usia. Pertumbuhan dan juga perkembangan bayi memang menjadi moment yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang tua. Pasalnya, perkembangan si kecil menjadi hal yang harus diperhatikan oleh ibu. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak bayi yang justru mengalami perkembangan yang lambat dibandingkan dengan usianya.

Seperti halnya pada pertumbuhan bayi usia 6 bulan yang sudah siap untuk diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Pada hal ini banyak para orang tua yang justru memberi makan pada bayi ketika usia bayi belum siap untuk diberikan makan. Hal ini mungkin saja dikarenakan oleh bayi yang terlihat ingin memakan sesuatu atau cengeng ketika melihat orang dewasa makan. Untuk itu, para ibu tidak sabar dan memberikan makanan pendamping meski usia si kecil belum cukup untuk menerima MPASI.

Meskipun si kecil selalu rewel dan juga melihat orang dewasa yang sedang makan. Namun, memberikan makan pada bayi tentunya harus dilakukan ketika bayi sudah menginjak usia yang cukup untuk diberikan makan. Usia bayi yang memang sudah waktunya diberi makan yaitu ketika bayi sudah berusia 6 bulan. Maka dari itu, Anda harus memberi makan pada bayi ketika bayi Anda sudah mulai menginjak 6 bulan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Seperti yang dilansir dari lama alodokter.com, pada umumnya anak mulai mengenali lingkungan dan juga makanan ketika usia bayi sudah mencapai 2 bulan. Berdasarkan pedoman yang dikeluarkan oleh WHO, pada usia 6 bulan sistem pencernaan anak sudah bisa beradaptasi dan juga berfungsi dengan baik. Pada usia ini juga, anak memang secara alami sudah mulai menunjukkan tanda-tanda bahwa ia siap untuk diberi Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Untuk itu, jika Anda masih merasa bingung dan juga ragu, maka Anda dapat mengenali tanda-tanda ketika bayi Anda sudah siap untuk diberikan MPASI sebagai berikut:

- Si kecil sudah mampu menyangga lehernya sehingga dapat berdiri dengan tegak. Selain itu, ia juga akan terlihat lebih nyaman ketika ia mulai menggerakkan lehernya dan jug anggota tubuh lainnya.

- Si kecil sudah dapat duduk sendiri tanpa bantuan dari orang dewasa

- Anak sudah mulai tertarik dengan makanan bahkan ia juga kerap merebut dan meraih makanan serta memasukkan ke dalam mulutnya. Beberapa kordinasi terjadi dengan baik antara mulut, mata dan juga tangannya.

- Anak mulai mengunyah makanan ketika ada makanan di dalam mulutnya meskipun gigi si kecil belum tumbuh dengan baik dan hanya beberapa saja.

- Si kecil sudah dapat memperlihatkan tanda-tanda bahwa sedang lapar. Pada umumnya, anak-anak akan menangis dan juga rewel ketika ia sedang lapar. Sedangkan beberapa bayi yang lain akan memperlihatkan ekspresi yang sangat tertarik terhadap makanan yang sedang dikonsumsi oleh orang-orang di sekitarnya.

Beberapa tanda tersebut di atas tentunya bukan menjadi salah satu tanda yang dapat Anda simpulkan bahwa si kecil sudah siap menerima MPASI. Hal ini dikarenakan ada beberapa bayi yang memberikan ciri-ciri tersebut, namun usia bayinya masih 4 atau 5 bulan. Tidak jarang bayi dengan usia tersebut sudah mulai tertarik dengan makanan dan akan memasukkan segala sesuatu kepada mulutnya. Tanda tersebut bukanlah menjadi tanda si kecil sudah siap makan.

Yang paling terpenting Anda harus tetap sabar dan juga berhati-hati sebaik mungkin ketika ingin memberi bayi MPASI. Pastikan Anda jangan terburu-buru yang justru akan berbahaya bagi si kecil. Asupan gizi dan juga nutrisi yang terbaik bagi si kecil tidak lain ialah ASI. Untuk itu, jangan sampai Anda memberikan MPASI yang nantinya si kecil sangat jarang mendapatkan ASI. Itulah beberapa tanda pada bayi jika ia sudah siap untuk diberi MPASI. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us