Ingin Tahu Bagaimana reaksi Otak Ibu Saat Mendengar Tangisan Bayinya?

Memiliki seorang anak tentunya memang menjadi dambaan setiap wanita yang sudah menikah. Menjadi seorang ibu tentunya dapat dibilang sebagai kebanggaan tersendiri bagi setiap wanita. Entah mengapa seorang ibu berani mempertaruhkan nyawanya demi anak mereka. Tidak heran jika seorang wanita akan lebih sayang terhadap anaknya daripada suami.

Hal tersebut memang sangat wajar terjadi dimana ketika sudah memiliki anak. Seorang istri lebih mencurahkan kasih sayang dan juga perhatian kepada anaknya. Alasannya bukan berarti seorang istri sudah tidak menyayangi dan tidak peduli terhadap suami. Namun, hadirnya putri/putra kecil yang ada dikeluarga kita tentu menyita sedikit perhatiannya.

Kondisi tersebut ternyata dapat dibuktikan dengan sebuah penelitian yang mempelajari mengenai bagaimana hubungan ibu dan juga anak. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Proceedings of teh National Academy of Sciences mengungkapkan bahwa setiap wanita yang sudah menjadi ibu tentunya memili respon yang universal yang ditunjukkan kepada anaknya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Untuk menguatkan penelitian ini, para peneliti telah melakukan scan MRI. Scan MRI tersebut memperlihatkan aktivitas otak seorang ibu yang mengalami peningkatan aktivitas dalam hal pengurusan anak. Aktivitas tersebut tentunya dapat dilihat dari bagian otak yang berhubungan langsung dalam hal pengasuhan anak, ucapan dan juga gerakan sebagai sebuah reaksi terhadap perlindungan dan juga perhatian terhadap anaknya.

Sedangkan sebuah penelitian baru di Brazil yang melibatkan 684 ibu dari 11 negara yang berbeda yaitu dari Brazil, Amerika Serikat, Korea Selatan, Italia, Israel, Kenya, Jepang, Belgia, Argentina, Kamerun dan Prancis. Penelitian terbaru tersebut memperlihatkan reaksi seorang ibu ketika bayi mereka menangis. Seperti yang dinyatakan oleh Marc Bornstein sebagai seorang pemimpin peneliti sekaligus sebagai Chief of Natioanal Institute of Child Health and Human Development menyatakan bahwa ketika bayi menangis membuat para ibu-ibu merespon dengan empati dan juga perhatian yang berlebih disertai dengan rasa kekhawatiran yang berlebih karena tangisan bayi memberi kesan ia sedih dan merasa tidak nyaman.

Rasa empati dan juga rasa iba yang dimiliki oleh seorang ibu terhadap bayinya tentu menjadi hal yang cukup wajah. Makanya, tidak heran jika seorang wanita lebih mencurahkan kasih sayang dan juga perhatian terhadap anaknya. Hal tersebut tentunya berhubungan dengan naluri dan perasaan seorang ibu terhadap anaknya. Bagaimanapun juga, seorang ibu memang sudah mengandung anaknya selama 9 bulan dan pastinya merasakan lelah yang berlebih ketika mengurus anaknya tersebut. Hampir semua ibu yang terpaksa bergadang dan tidak tidur semalaman untuk menemani dan juga menyusui anaknya pada malah hari.

Dapat disimpulkan bahwa tidak heran jika wanita yang baru saja menjadi seorang ibu menunjukkan ekspresi yang panik, terkejut, dan juga sulit untuk berkata-kata. Hal ini disebabkan oleh timbulnya rasa sedih dan juga bingung pada setiap ibu ketika mendapati anaknya yang menangis. Reaksi tersebut tentunya bukan tanpa sebab, melainkan bukti dari rasa kekhawatiran yang timbul dalam diri seorang ibu kepada anaknya.

Beberapa reaksi otak ketika melihat anaknya menangis memang sudah dibuktikan secara ilmiah dan tentunya Anda sebagai wanita memang sangat wajar jika terlihat cukup gelisah ketika si kecil menangis. Otak manusia memang memiliki sinyal yang cukup kuat terutama bagi seorang wanita. Jika Anda adalah seorang ibu tentunya Anda juga akan merasakan hal yang sama dan akan bertindak seperti yang telah penelitian buktikan di atas. Itulah beberapa reaksi alami otak pada setiap ibu ketika mendapati anaknya menangis. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us