Ibu Bijak Tunjang Kualitas Kepribadian Anak, Kenali Ciri Menjadi Ibu yang Bijak

4.5/5 (4)

Sudah bukan rahasia, jika kegiatan mengasuh dan mendidik anak dalam rumah tangga bukanlah kegiatan yang mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Akan ada banyak rintangan dan tantangan yang akan dihadapi oleh orangtua, terutama dalam hal ini adalah seorang ibu. Untuk itulah, diperlukan sosok wanita sekaligus ibu yang hebat yang akan siap menghadapi dan menerima tantangan besar ini.

jadi ibu bijak

Banyak wanita yang merasa khawtir dan ketakutan menjadi seorang ibu. Segala kemungkinan buruk dan ketakutan akan sebuah perubahan karena status baru yang disandangnya, membuat tidak sedikit wanita menunda memiliki buah hati dalam rumah tangganya. Alasan belum adanya kesiapan, seringkali menjadi latar belakang beberapa wanita menunda memiliki buah hati. Belum lagi, pembicaraan bersama dengan beberapa teman yang sudah memiliki buah hati tentang betapa sulitnya membesarkan anak dan mendidik mereka membuat ketakutan kita semakin menjadi dan pada akhirnya semakin jauh saja impian memiliki buah hati dikubur dalam-dalam.

Lantas, benarkan demikian? Tentu tidak! Memiliki buah hati dalam keluarga bukanlah sebuah musibah, sebaliknya ini adalah anugerah terbesar yang Tuhan berikan dalam kehidupan seorang wanita yang telah berkeluarga. Dengan dititipkan seorang anak, kepercayaan yang Tuhan berikan pada kita adalah hal yang sudah sepatutnya kita jaga dan rawat.

Menjadi seorang ibu bukanlah predikat yang menyeramkan, sebaliknya ini adalah tugas mulia yang pada akhirnya akan dijalani oleh seorang wanita. Bertanya, tentang bagaimana mengurus dan mendidik seorang anak dalam keluarga adalah sesuatu yang harus kita kembalikan pada diri sendiri. Ibu yang hebat, bukanlah mereka yang sudah menempuh pendidikan tinggi dan menikah diusia matang atau usia yang terbilang tua. Perlu diketahui, tidak ada pendidikan formal atau pendidikan khusus yang mengajarkan bagaimana menjadi seorang ibu yang hebat.

Untuk itulah, hal ini harus anda gali sendiri dan tanamkan dalam diri sendiri bagaimana mencintai buah hati anda. Ketika kita mencintai apa yang kita miliki, maka akan secara otomatis timbul perasaan dalam diri untuk melindungi, merawat dan menjaga apa yang kita miliki. Itu juga yang akan terjadi dengan buah hati tercinta yang kita miliki. Dengan tumbuhnya perasaan cinta terhadap anak, maka akan tumbuh dengan sendirinya perasaan ingin melindungi dan menjaganya.

Dengan demikian, hindarkan perasaan cemas, khawatir mengenai ketidak siapan dan ketakutan bahwa kita tidak akan mencintai buah hati kita. Karena dengan semakin anda terfokus pada hal ini, maka akan semakin sulit bagi anda untuk memulai. Nah, untuk mempersiapkan menjadi seorang ibu yang hebat, berikut ini ada beberapa hal yang perlu dikenali dan dimiliki oleh seoran ibu yang hebat.

1. Kesabaran

Seperti yang disebutkan diatas, bahwa menjadi seorang ibu adalah sebuah tantangan, yang mana tantangan ini hanya akan bisa dihadapi oleh seseorang yang hebat. Akan ada banyak tantangan yang dihadapi seorang ibu dalam proses mendidik dan membesarkan buah hatinya. Akan tetapi dengan sikap sabar dan perasaan yang tenang dalam menjelaskan dan menghadapi anak anda, akan menjadi modal yang cukup untuk tetap bisa bertahan.

Selain itu, ingatkan diri anda bahwa cinta anda pada anak lebih besar dibandingkan dengan tantangan yang datang yang sifatnya hanyalah sementara. Ketika anak anda berulah atau membuat anda kesal, jangan langsung tersulut emosi dan menganggap bahwa ketakutan anda telah menjadi nyata. Kenang kembali segala ingatan yang indah tentang bagaimana perasaan cinta anda pada keluarga dan anak anda.

2. Pengertian dan Dukungan

Ibu yang hebat adalah mereka yang senantiasa memberikan pengertian pada anak-anaknya, mencintai mereka dengan apa adanya dan selalu ada untuk anak-anaknya. Untuk itu, sebisa mungkin fungsikan peran anda sebagai orangtua terutama ibu, agar anda senantiasa memberikan mereka pengertian. Selain itu, berikan pula dukungan pada anak. Manusia adalah mahkluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian, bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun butuh diberikan dukungan dan kepercayaan. Untuk itu, sebagai ibu yang hebat berikan dukungan anda pada setiap pilihan anak-anak.

3. Ibu Adalah Kekuatan

Seorang ibu yang hebat dan bijak adalah tempat anak-anaknya bersandar dan mendapatkan ketenangan. Ketika anda dan keluarga berada dalam posisi yang tidak menyenangkan dimana didalamnya terdapat tekanan dan masalah, maka ibu hebat adalah mereka yang senantiasa menunjukan sikap ketabahannya dalam situasi apapun agar anak bisa mendapatkan dan melakukan hal yang salam sepanjang perjalanan hidupnya. Untuk itu, ketika anak terlihat murung, sedih atau dalam masalah, maka tunjukan pada anak bahwa anda akan senantiasa berada bersama dengan mereka.

4. Selalu Mendengarkan

Memberikan pendidikan dan mengajarkan anak mengenai mana yang salah dan mana yang baik, memang menjadi tugas dan peran anda sebagai orangtua. Akan tetapi ini bukan berarti orangtua dibiarkan untuk bertindak dominan dengan terus-terusan mendikte anak-anaknya. Ada kalanya orangtua perlu mendengarkan anak-anaknya.

Untuk itulah, menjadi ibu yang hebat adalah mereka yang mampu mendengarkan keluh kesah buah hatinya dengan baik. Untuk itu, jadilah orang tua yang bijak dengan menjadi pendengar yang baik untuk buah hati kita. Karena akan ada kalanya, anak-anak butuh mengalirkan aspirasinya dan orangtua harus mampu menjadi pendengar yang bijak.

5. Kerjakan Suatu Hal Bersama dengan Anak

Meluangkan waktu senggang bersama anak adalah hal yang sangat sulit, terutama bagi orangtua pekerja. Akan tetapi, orangtua yang hebat adalah mereka yang dengan segala upaya bisa meluangkan waktunya bersama dengan buah hatinya. Meluangkan waktu bersama dengan anak bisa dijadikan moment berkualitas akan bagaimana mengenal si anak dengan leih dalam, mengerti karakternya dan mencintai mereka dengan lebih baik. Untuk itulah, usahakan luangkan waktu bersama dengan buah hati anda agar hubungan baik bersama dengan mereka tetap terjaga.

6. Tidak Malu Untuk Meminta Maaf

Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Akan tetapi, manusia yang bijak adalah mereka yang menjadikan kesalahan tersebut sebagai hal yang tidak mereka ulangi. Kesalahan bukanlah hal yang harus kita ratapi, namun adalah hal yang harus diperbaiki. Begitupun dengan orangtua, sebagai orangtua kita tidak akan luput dari masalah dan kesalahan. Untuk itu, jangan gengsi atau merasa malu untuk meminta maaf kepada anak-anak. Dengan meminta maaf tidak menjadikan orangtua rendah dimata anak-anak. Sebaliknya hal ini akan membuat anda lebih mulia.

Ibu yang bijak adalah ibu yang hebat. Ibu yang hebat akan juga memberikan pengaruh yang baik pada anak-anak dan kepribadian mereka. Untuk itu, beberapa poin diatas adalah hal yang harus anda miliki dalam rangka menjadi ibu yang bijak.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel