4 Cara Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit Pada Masa Kehamilan

Hiperpigmentasi Kulit Pada Masa Kehamilan – Ketika hamil, seorang wanita akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya, salah satunya yaitu hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi itu sendiri merupakan kondisi dimana kulit warnanya menjadi lebih gelap dari sebelum hamil.

Perubahan warna kulit ini dapat dialami ibu hamil pada beberapa bagian tubuh tertentu seperti wajah, ketiak, leher, putting susu dan pada area perut. Dimana kondisi ini terjadi disebabkan karena hormon yang mengalami perubahan dan akan dapat mempengaruhi pembentukan pigmen kulit oleh sel melanosit.

Pada umumnya hiperpigmentasi ini terjadi saat usia kehamilan trimester pertama, lalu akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan pasca melahirkan. Namun, meskipun begitu beberapa kondisi kulit ibu hamil tidak kembali seperti semula.

Baca juga : Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil

Walaupun kondisi ini tidak akan membahayakan kesehatan atau kehamilan, namun tentunya akan mengganggu penampilan anda. Untuk mengurangi hiperpigmentasi ini ada beragam cara yang bisa dilakukan. Nah, adapun cara mengatasi hiperpigmentasi kulit pada masa kehamilan seperti berikut ini.

Hiperpigmentasi Kulit Pada Masa Kehamilan

Cara Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit Pada Masa Kehamilan

Anda tentunya sangat memperhatikan penampilan. Kondisi kulit yang bersih dan sehat akan membuat anda lebih percaya diri. Namun, saat hamil anda mengalami masalah kulit yang dinamakan dengan hiperpigmentasi. Jangan khawatir, anda bisa mengurangi masalah kulit yang satu ini dengan beberapa cara seperti berikut ini.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Hiperpigmentasi Kulit Pada Masa Kehamilan

Jika anda lebih sering melakukan kegiatan di luar rumah, anda harus melindungi kulit dari sinar matahari langsung. Hiperpigmentasi yang anda alami kemungkinan dapat dialami karena paparan sinar ultraviolet.

  • Nah, untuk membantu mengatasi atau mencegah kondisi ini, anda bisa melindungi kulit dengan memakai krim pelindung matahari.
  • Selain itu, anda juga bisa melindungi diri dengan memakai payung saat berada di luar rumah.

Memakai Produk Perawatan Wajah Lembut

Hiperpigmentasi Kulit Pada Masa Kehamilan

Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, beberapa produk perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil mungkin anda gunakan. Jika anda memiliki masalah kulit hiperpigmentasi, maka anda sebaiknya menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai.

Pilihlah produk perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil dan tidak terdapat kandungan pewangi. Dengan begitu kondisi kulit wajah anda tidak akan menjadi semakin buruk.

Menjaga Kelembaban Kulit

Hiperpigmentasi Kulit Pada Masa Kehamilan

Menjaga kelembaban kulit juga bisa anda lakukan sebagai cara mengatasi hiperpigmentasi yang anda alami saat hamil.

Sebagai langkah menjaga kelembaban kulit, anda bisa mengonsumsi air putih yang cukup atau minimal sebanyak 8 gelas dalam setiap harinya. Anda juga bisa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Dengan begitu kelembaban kulit anda akan terjaga.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan krim pelembab yang lembut dan aman untuk ibu hamil.

Hindari Menggosok Kulit Berlebihan

Hiperpigmentasi Kulit Pada Masa Kehamilan

Ketika melakukan perawatan kulit anda sebaiknya melakukannya dengan baik dan benar. Yuk perhatikan berikut ini.

  • Jangan menggosok kulit anda secara berlebihan karena akan menyebabkan kulit teriritasi.
  • Ketika melakukan perawatan kulit tertentu yang aman bagi ibu hamil atau mengeringkan wajah, anda harus melakukannya dengan lembut dan hati-hati.

Lihat juga : Tips Mencegah Keputihan Saat Hamil

Untuk mengatasi hiperpigmentasi yang anda alami, hindari menggunakan produk atau obat tertentu tanpa anjuran dari dokter. Nah pada beberapa ibu, meskipun sudah melahirkan namun kondisi ini sering kali tidak hilang. Kondisi ini bisa saja disebabkan karena KB yang dipakai, oleh karena itu disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter.

Leave a Reply