data-ad-format="auto"

Hal-Hal yang Penting Untuk Diperhatikan Jika Anda Menderita Diabetes

Dibetes adalah salah satu kondisi yang cukup menakutkan. Betapa tidak, penyakit ini adalah satu dari sekian banyak penyebab kematian yang terjadi secara diam-diam. Pasalnya, tidak semua orang menyadari bahwa mereka sebenarnya sudah menderita diabetes sejak lama. Hal ini mungkin terjadi karena pada umumnya gejala penyakit diabetes sendiri cenderung samar dan sulit untuk dibedakan. Diabetes adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup untuk berfungsi dengan tepat dan ketika gula, pati, lemak dan karbohidrat menjadi musuh anda untuk kesehatan yang baik.

Selama ini satu-satunya cara untuk menyembuhkan diabetes adalah dengan menjaga pola makan dan benar-benar mengawasi tingkat gula didalam darah dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan apa yang anda makan pengaruhnya akan langsung terjadi dengan tubuh anda. Jadi demikian, ketika anda makan sembarang maka kanaikan gula didalam darah akan terus-terusan terjadi. Pankreas yang tidak dapat memproduksi insulin membuat kelebihan gula didalam darah tidak dapat diserap dan dikontrol dengan baik jumlahnya. Oleh sebab itu, tidak mengontrol pola makan akan mungkin membuat diabetes yang dialami menjadi lebih buruk.

Nah, jika anda merupakan salah seorang penderita diabetes maka dibawah ini ada beberapa hal yang penting untuk anda perhatikan dan dijaga dengan baik. Inilah beberapa hal yang wajib menjadi perhatian khusus para penderita diabetes.

1. Makanan

Makanan yang anda konsumsi sehari-hari adalah hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan dengan baik jika anda adalah seorang penderita diabetes. Alangkah lebih baik mendengarkan semua saran dari dokter mengenai makanan yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi. Diet ketat dengan menghindari beberapa asupan gula, karbohidrat dan lemak mungkin menjadi tantangan terbesar anda dalam hal ini.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Akan tetapi, ini adalah apa yang akan menentukan kesahatan dan kondisi tubuh anda. Selain itu juga jangan pernah melewatkan makan jika anda mengidap diabetes. Hal ini bukan hanya akan membuat anda akan merasa lemah, namun juga akan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya. Untuk itu, cobalah tetap menjalankan pola hidup sehat, mengkonsumsi apa yang harus anda makan dan menghindari apa yang dilarang oleh dokter.

2. Olahraga

Penderita diabetes tidak diperkenankan menjadi orang yang pasif yang hanya menghabiskan sebagian besar waktunya berbaring ditempat tidur atau hanya menonton televisi sepanjang hari. Anda perlu untuk bergerak secara fisik dan aktif sebanyak yang anda bisa bila anda adalah seorang penderita diabete.

Aktivitas fisik akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Oleh karenanya tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga ringan atau melakukan tugas-tugas rumah yang akan memastikan bahwa anda bergerak dengan aktif. Aktivitas fisik tidak hanya akna membantu menjaga berat badan anda tetap terkendal namun hal ini pun akan membantu produksi insulin menjadi lebih banyak. Anda juga akan memiliki tingkat energi yang lebih ketika anda menjadi lebih aktif secara fisik.

Untuk itu, mulai saat ini cobalah pergi keluar dan lakukan olahraga versi anda. Tak perlu melakukan olahraga atau pergerakan yang terlalu kuat atau bahkan menyiksa. Cukup berjalan-jalan atau jogging keliling lingkungan rumah anda sudah cukup membantu anda untuk bergerak.

3. Hati-Hati dengan Luka Anda

Luka yang terjadi pada penderita diabetes umumnya akan sulit sembuh dengan cepat. Hal ini tentu berbeda dengan mereka yang tidak mengidap penyakit yang sama. Jika anda terluka atau menggaruk kulit tubuh sendiri sehingga menimbulkan luka maka anda perlu berhati-hati dengan luka itu. Jangan biarkan bagian tersebut terbuka dan dibiarkan infeksi.

Segera lakukan pengobatan dengan doketer untuk memantau terus perkembangan luka sampai anda berhasil sembuh. Luka yang dibiarkan akan mungkin menyebar dan lebih parah. Kondisi inilah yang pada umumnya membuat sebagian besar penderita diabetes akan membutuhkan amputasi pada bagian luka. Hal ini dilakukan agar luka tidak merembet pada bagian tubuh lainnya.

4. Pengobatan

Sama pentingnya dengan masalah konsumsi makanan yang tepat pada waktu yang tepat. Konsumsi obat-obatan pada penderita diabetes pun perlu dilakukan dengan baik dan tepat waktu. Jangan pernah meremehkan mengkonsumsi obat-obatan hanya karena anda merasa bosan dengan semua pil dan rasa pahit dari obat-obatan yang anda konsumsi.

Selain dengan makan dan olahraga, obat adalah alternatif yang akan membantu anda untuk menjaga kadar gula agar tetap terkendali dalam tubuh anda. Selalu awasi kadar gula darah dan kunjungi dokter secara teratur guna menemukan apalah anda harus melanjutkan konsumsi obat-obatan yang sama atau mengkonsumsi obat-obatan yang berbeda setelah obat yang pertama habis dimakan. Dengan begini maka dokter pun akan dapat memonitoring kesehatan anda dengan lebih baik.

5. Tahan Keinginan Untuk Merokok dan Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok bukanlah ide yang baik untuk dijalankan oleh para penderita diabetes. Hal ini dikarenakan didalam rokok terkandung nikotin yang apabila terus-terusan dihisap maka nikotin tersebut akan masuk kedalam darah dan berdampak tidak baik untuk kesahatan anda. Begitupula dengan alkohol yang sama tidak baiknya.

Untuk itulah, bagi anda para penderita diabetes tidak sebaiknya anda tetap mempertahankan dua kebiasaan buruk ini dalam kehidupan sehari-hari anda. Alkohol dan tembakau hanya akan memberikan kerusakan yang nyata untuk tubuh anda bila anda adalah seorang penderita diabetes. Untuk itu, segera kurang dan bila memungkinkan hentikan kebiasaan ini untuk menjaga kesehatan anda dan mengurangi kemungkinan terburuk yang akan terjadi dari penyakit diabetes yang anda derita.

6. Tidak Mengkonsumsi Junk Food

Junk food adalah ide buruk untuk kesehatan meski anda bukanlah seorang penderita diabetes. Makanan ini mengandung banyak kalori dan lemak yang berlebihan yang tentu tidak baik untuk kesehatan. Kandungan lemak dan gula dalam junk food pun terlalu tinggi sehingga tidak baik untuk para penderita dibetes. Makanan ini memang lezat dan lebih mudah untuk didapatkan, akan tetapi kemudahan ini tidak seimbang dengan resiko kesehatan yang anda pertaruhkan. Untuk itulah, hindari dan buang jauh-jauh keinginan anda untuk menyantap burger, steak, bakso atau makanan cepat saji lainnya.

Alangkah lebih baik mulai mengganti aneka makanan anda dengan makanan yang jauh lebih sehat dan lebih bermanfaat. Untuk penderita diabetes, sayur dan buah saja perlu diplih dan diseleksi dengan baik sebab terdapat beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang memang kurang baik dikonsumsi. Apalagi untuk junk food, tentu saja jenis makanan ini bukanlah pilihan yang bijak untuk dinikmati.

Itulah dia beberapa jenis aspek yang perlu diperhatikan dengan baik oleh para penderita diabetes demi menjaga kesehatan dan kondisi tubuhnya agar tidak drop. Dengan mengetahui beberapa hal diatas diharapkan anda dapat memberikan solusi yang lebih baik untuk kesehatan anda sehingga diabetes yang diderita tdiak semakin memburuk.

Loading...