Hadapilah Dengan Sabar Drama Dari Anak Pertama Saat Anda Hamil Anak Kedua

Bagi para ibu yang hamil anak kedua tentunya banyak sekali drama-drama yang akan Anda hadapi. Tentunya, Anda akan memiliki pengalaman yang lebih dibandingkan saat Anda hamil anak pertama. Saat Anda hamil anak kedua, tentunya Anda juga harus sudah siap mental menghadapi anak pertama. Tidak dapat dipungkiri bahwa anak pertama akan memiliki rasa cemburu saat sang ibu hamil anak kedua. Hal ini memang terbilang wajar dikarenakan anak pertama memiliki perasaan dimana kasih sayang dari sang ibu akan terbagi dengan adik barunya tersebut.

Terlepas dari masalah-masalah yang Anda hadapai saat hamil anak kedua. Bagaimanapun juga, Anda tetap harus menghadapinya meskipun terbilang cukup sulit. Untuk itu, menyiapkan berbagai hal saat Ada berencana untuk hamil anak kedua tentu menjadi hal yang harus Anda lakukan. Bukan hanya menyiapkan akan soal materi, namun Anda juga harus menyiapkan mental untuk menghadapi kecemburuan dari anak pertama. Faktanya bahwa saat seorang ibu hamil anak kedua, maka anak pertama cenderung lebih rewel karena ingin selalu diperhatikan oleh sang ibu.

Meskipun terbilang sangat sulit untuk menghadapi anak pertama, namun tetap saja Anda harus melaluinya dengan penuh kesabaran. Memang tidaklah mudah bagi seorang ibu untuk memberikan pengertian kepada anak pertama, perlu kesabaran tingkat tinggi untuk menghadapinya. Untuk memberikan pengertian kepada kakak pertama tidak hanya dilakukan saat sang adik sudah lahir. Namun juga sejak sang adik masih ada di dalam kandungan. Lantas, apa saja tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi anak pertama? Yuk kita langsung simak saja di bawah ini!

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Tips 1

Tips pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan memberikan pengertian kepada anak pertama bahwa Anda sedang hamil. Sebaiknya beritahu anak pertama bahwa Anda hamil calon adiknya saat memasuki usia kehamilan trimester pertama.

Tips 2

Anda tentunya dapat memberikan gambaran mengenai proses melahirkan dengan bahasa yang kemungkinan dapat dimengerti oleh anak-anak. Tips ini tentunya akan membantu sang kakak agar menjadi lebih tenang.

Tips 3

Tips selanjutnya yakni dengan mengajak anak pertama saat Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan. Cara ini dapat membangun kedekatan antara kakak dan juga calon adik bayi.

Tips 4

Berikanlah kesempatan kepada sang kakak untuk memilih nama untuk adiknya.

Tips 5

Ajaklah sang kakak untuk berkomunikasi dengan adik di dalam kandungan dengan cara memegang perut sang ibu. Dengan begitu anak pertama akan merasakan adanya gerakan janin dari sang calon adik. Ini tentunya membantu Anda membangun kedekatan emosional dengan calon kakak.

Tips 6

Selain itu, Anda juga dapat mengikutsertakan sang kakak saat membeli baju untuk adiknya nanti. Jangan lupa pula untuk membelikannya baju agar ia tidak merasa diasingkan.

Tips 7

Latihlah ia untuk mulai hidup mandiri dengan membiarkannya melakukan kebiasaan sehari-hari yang ia bisa lakukan seperti tidur, mandi dan juga makan sendiri.

Tips 8

Meskipun adik bayi belum lahir, namun inilah saat yang tepat bagi Anda untuk melatih anak pertama dengan cara membiasakan dengan kehadiran bayi. Cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengajak anak pertama berkunjung ke rumah teman dan juga tetangga Anda untuk melihat bayi. Dengan begitu, ia tidak akan asing lagi dengan kehadiran adiknya nanti.

Tips 9

Ajaklah anak pertama untuk memahami bahwa dirinya sebagai kakak yang harus melindungi kehidupan adiknya.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan. Meskipun susah-susah gampang, namun tetap saja Anda harus melakukannya agar dapat menghindarkan dari kemungkinan adanya drama-drama kecil dari anak pertama. Selamat mencoba!