Gatal-Gatal Saat Hamil, Lakukan 5 Langkah Efektif Ini Untuk Mengatasinya

Gatal-Gatal Saat Hamil – Ketika hamil, banyak keluhan yang mungkin ibu hamil alami salah satunya masalah kulit. Gatal-gatal menjadi masalah kulit yang cukup mengganggu, pasalnya kondisi ini akan membuat ibu hamil tidak nyaman yang biasanya sering dialami pada area kaki, tangan, perut dan payudara. Gatal yang sering dialami saat hamil adalah hal wajar karena peregangan, serta peningkatan suplai darah pada kulit.

Lihat juga : 4 Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Gatal-gatal yang dialami oleh ibu hamil, juga dapat disebabkan karena beberapa masalah kulit seperti misalkan eksim, kondisi kulit kering, prurigo, psoriasis atau pruritic urticarial papules & plaques of pregnancy. Tidak hanya itu, gatal-gatal yang dialami saat hamil juga bisa disebabkan karena keadaan medis yang serius. Namun, kondisi ini biasanya jarang terjadi.

Gatal-Gatal Saat Hamil

Cara Mengatasi Gatal-Gatal Saat Hamil

Langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gatal pada kulit saat hamil. Yuk simak di bawah ini.

Menggunakan Pelembab Kulit

Gatal-Gatal Saat Hamil

Gatal-gatal saat hamil bisa disebabkan karena kondisi kulit yang terlalu kering. Kondisinya ini bisa diatasi dengan mudah seperti berikut ini.

  • Pada area kulit yang gatal anda bisa mengoleskan pelembab. Kondisi kulit yang lembab akan mengurangi rasa gatal.
  • Perhatikan kandungan pada pelembab yang anda pilih.
  • Anda sebaiknya menggunakan pelembab kulit tanpa kandungan pewangi. Ini dilakukan untuk mencegah masalah iritasi pada kulit.

Kompres Dingin Pada Area yang Gatal

Gatal-Gatal Saat Hamil

Ketika kulit terasa gatal, untuk mengurangi sensasi gatalnya anda mungkin sering menggaruknya. Daripada menggaruknya, sebaiknya anda memberikan sensasi dingin untuk mengurangi gatal.

  • Caranya yaitu dengan mengompres menggunakan air dingin pada bagian tubuh anda yang gatal.
  • Silakan gunakan kain dan masukan ke dalam air dingin, lalu perat.
  • Setelah itu, kompreskan pada bagian kulit anda yang gatal.
  • Selain menggunakan air dingin, anda juga bisa menggunakan es batu, lalu bungkus dengan kain dan kompreskan pada bagian kulit yang gatal.

Jangan Mandi Air Hangat

Gatal-Gatal Saat Hamil

Mandi air hangat memang terasa nyaman. Bahkan banyak yang menganggap mandi dengan  air hangat bisa membantu meredakan gatal. Padahal mandi dengan air hangat kurang efektif untuk mengatasi gatal-gatal. Mandi dengan air hangat justru akan menjadikan kulit kering, efeknya lebih mudah gatal.

Oleh karena itu, sebaiknya anda hindari mandi dengan menggunakan air hangat untuk mencegah kondisi gatal semakin parah. Anda bisa mandi dengan menggunakan air dingin seperti biasa.

Menggunakan Pakaian yang Longgar

Gatal-Gatal Saat Hamil

Tekanan, serta gesekan pakaian pada kulit dapat menyebabkan gatal atau bahkan iritasi. Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal ini saat memilih pakaian.

  • Selama hamil anda harus menggunakan pakaian yang nyaman dan longgar.
  • Pilih bahan pakaian yang nyaman, seperti katun supaya keringat bisa dengan baik diserap dan tidak akan menyebabkan gatal semakin parah.

Menggunakan Humudifier

Gatal-Gatal Saat Hamil

Agar kondisi kulit tidak semakin kering dan gatal, anda bisa menggunakan pelembab udara atau humidifier. Apalagi jika di dalam ruangan menggunakan AC.

Caranya yaitu silakan ambil humidifier yang anda miliki. Kemudian anda bisa meletakannya di dalam ruangan. Alat ini akan membantu menjaga udara tetap lembab, sehingga kulit tidak akan cepat kering.

Artikel lainnya : 5 Cara Mengatasi Sakit Maag Saat Hamil

Itulah beberapa cara mengatasi gatal-gatal saat hamil. Jika gatal yang anda alami tidak lekas membaik meskipun sudah melakukan perawatan di atas atau gatal yang anda alami disebabkan karena masalah kulit tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Leave a Reply