Penyakit kuning pada bayi baru lahir

Terjawab1.05K viewsBayi dan Balita
0

Bu bidan…kategori penyakit kuning yang sudah berbahaya itu cirinya bagaimana? Trus kadar bilirubin 14mg pada bayi umur 4hari itu apa sudah dalam kondisi bahaya dan memerlukan fototerapi? Terimakasih,

Memilih jawaban terbaik
0

Salam Anindya,
Sekilas dulu yah bun mengenai penyakit kuning…
Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di kenali dan waspadai. Sebetulnya, setiap orang memiliki bilirubin dalam sel darah merahnya. Setiap jangka waktu tertentu sel darah merah akan mati dan menguraikan sel-selnya diantaranya menjadi bilirubin. Normalnya yang bertugas menguraikan bilirubin tersebut adalah hati, untuk kemudian dibuang lewat BAB. Saat bayi masih dalam kandungan, hati sang ibulah yang mengambil tugas menguraikan bilirubin dalam sel darah merah bayi. Ketika bayi lahir, perkembangan hatinya belum sempurna sehingga belum dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Akibatnya terjadi penumpukan bilirubin yang kemudian menyebabkan timbulnya warna kuning pada kulit bayi. Kadar bilirubin sendiri baru bergerak pada hari ke 3 atau ke 5 setelah kelahiran. Jadi apakah tingkat bilirubin bayi anda normal atau tidak, baru diketahui 3 atau 5 hari

Berikut klasifikasi PERLU TINDAKAN SEGERA pada bayi sehubungan dengan kandungan bilirubin:

1. Bayi usia kurang 1 hari kadar bilirubin lebih dari 10 mg/dL
2. Bayi usia 1-2 hari kadar bilirubin >15 mg/dL
3. bayi usia 2-3 hari kadar bilirubin >18 mg/dL
4. bayi usia >3 hari kadar bilirubin >20 mg/dL

Selain itu perlu juga di perhatikan tanda-tanda ikterus (bayi kuning) pada bayi. Jika ikterus ditemukan pada umur lebih dari 14 hari, atau Kuning sampai telapak tangan / telapak kaki, atau Tinja berwarna pucat, maka perlu di lakukan tindakan segera juga.

Jika dilihat dari kandungan bilirubin bayi bunda, tidak termasuk ke dalam golongan perlu tindakan segera. Namun, tentunya bunda juga harus dapat mendeteksi tanda-tanda yang di sebutkan di atas. Bunda bisa melakukan hal berikut:
Bila kulit bayi tergolong putih, tekanlah jari anda secara perlahan-perlahan ke bagian dahi, dada, telapak tangan dan telapak kaki. Kemudian angkat tangan anda dan perhatikan adakah semburat warna kuning pada bagian tubuh bayi yang ditekan tadi. Bila kulit bayi tergolong hitam, paling jelas bisa diteliti pada gusi atau bagian putih di area mata.

Jika, bunda merasa khawatir dengan kondisi sekarang, baiknya silahkan bawa si kecil ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian bun, jawabannya semoga bisa membantu, Terima kasih

Edited answer
You are viewing 1 out of 1 answers, click here to view all answers.

Catatan: Forum diskusi ini hanya sebagai informasi tambahan dan pengetahuan saja, tidak bisa di jadikan sebagai rujukan medis atau diagnosa. Hasil konsultasi dan pemeriksaan langsung dengan ahli medis tetap di jadikan sebagai rujukan dan diagnosa utama.