Telat haid 15 hari, lalu hari ke 16 keluar darah haid

2.27K viewsKesehatan
0

Selamat sore, saya mau tanya, bulan oktober ini saya telat haid 15 hari, padahal 4 bulan terakhir ini haid selalu tepat waktu kadang juga maju.
Di hari ke 16 siang keluarlah darah haidnya. Nah yg saya takutkan, apakah hal ini wajar atau saya perlu periksa ke bidan/dokter untuk mengetahui apakah di dalam perut ini normal atau ada sesuatu yg bisa bikin saya telat haid sampai 15 hari?
Terima kasih????

Menjawab pertanyaan
0

Salam Maulidia,
Banyak hal yang menyebabkan haid menjadi tidak teratur atau terlambat. Yang paling umum adalah anovulasi, yaitu suatu kondisi di mana seorang perempuan tidak ber-ovulasi atau melepaskan sel telur akibat perubahan pola makan menjadi buruk (termasuk pasokan gizi dan nutrisi, porsi dsb), stres yang tinggi, trauma emosional, sakit, atau latihan fisik yang berat. JIka terjadi 1-2 kali, wajar saja, namun jika terjadi terus menerus, baiknya segera periksakan ke dokter.
Penyebab lain, bisa juga karena perubahan hormonal dalam tubuh, misal karena tidak normalnya produksi hormon prolaktin (hormon yang membantu mengatur siklus haid) dan penggunaan kontrasepsi hormonal.
Selain itu perubahan siklus haid juga bisa terjadi karena adanya gangguan atau penyakit. Misalnya karena PCOS (polycystic ovary syndrome) yaitu adanya kelainan yang menyebabkan indung telur tidak berfungsi baik, diabetes, gangguna kelenjar tiroid, dsb.
Wajar sebetulnya jika seorang perempuan mengalami perubahan siklus haid, namun tidak ada salahnya untuk lebih memastikan, bisa di lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya dan tindakan selanjutnya.
Demikian jawabannya, semoga bisa membantu, terima kasih.

Menjawab pertanyaan

Catatan: Forum diskusi ini hanya sebagai informasi tambahan dan pengetahuan saja, tidak bisa di jadikan sebagai rujukan medis atau diagnosa. Hasil konsultasi dan pemeriksaan langsung dengan ahli medis tetap di jadikan sebagai rujukan dan diagnosa utama.