Tanda tanda pertama hamil atau awal hamil

874 viewsKehamilan
0

Assalamualaikum.. Selamat pagi ibuk,saya femi,saya mau tanya buk,saya sering muntah muntah tapi gak tentu gitu,terus saya suka sakit buah dada saya,apakah saya lagi hamil buk

Menjawab pertanyaan
0

Salam Bunda Femi,
Saya terangkan sedikit dulu yah mengenai tanda-tanda kehamilan.
Tanda-tanda kehamilan itu di kelompokan menjadi 2, yaitu tanda kehamilan pasti dan tanda kehamilan tidak pasti.
Tanda kehamilan pasti itu sifatnya sudah terukur atau teruji, yaitu misal dengan menggunakan alat test kehamilan yang menandakan bahwa seorang perempuan positif hamil.
Sedangkan tanda-tanda kehamilan tidak pasti berupa gejala atau tanda-tanda yang di sebabkan oleh adanya proses perubahan atau penyesuaian tubuh terhadap kehamilan yang sedang terjadi. Namun, tanda-tanda ini juga bisa saja di akibatkan oleh hal lain, misal karena adanya perubahan pola hidup, perubahan pola makan, adanya gangguan dsb. Makanya tanda-tanda ini disebut tanda-tanda kehamilan belum pasti. Apa saja tanda-tandanya itu? ada banyak, salah satunya termasuk yang sedang di alami oleh Bunda Femi yaitu mual muntah dan payudara terasa sakit. Selengkapnya bisa di baca di: Tanda-Tanda Awal Kehamilan.
Jika karena memang terjadi kehamilan, maka mual muntah dan payudara terasa sakit tersebut di sebabkan oleh peningkatan hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh yang terjadi saat kehamilan berlangsung. Namun, gejala tersebut juga bisa terjadi bukan karena kehamilan saja, tapi bisa juga di sebabkan oleh adanya hal lain, misal mual muntah karena adanya gangguan di lambung, Radang usus buntu atau apendisitis, adanya infeksi (gastroenteritis) dll. Sedangkan sakit pada payudara (mastalgia) juga bisa di sebabkan oleh adanya radang, karena siklus haid, pola makan tidak sehat dsb.
Jadi bagaimana untuk mengetahui penyebab pastinya? tentunya harus di lakukan pemeriksaan. JIka ingin mengetahui apakah gejala tersebut karena memang terjadi kehamilan, maka bunda bisa melakukan test kehamilan. JIka sudah terlambat haid, bunda bisa melakukannya setelah 1-10 hari terlambat haid, kemudian ulangi testnya 1-2 minggu kemudian. Jika hasilnya negatif, maka ada gangguan dalam tubuh bunda, oleh karena itu baiknya segera periksakan ke dokter yah bun, untuk tindakan selanjutnya. Jika hasilnya positif maka di pastikan bunda hamil, dan segera persiapkan segala sesuatunya untuk menjalani 9 bulan kehamilan.
Demikian bun jawabannya, semoga bisa membantu, terima kasih

Menjawab pertanyaan
You are viewing 1 out of 1 answers, click here to view all answers.

Catatan: Forum diskusi ini hanya sebagai informasi tambahan dan pengetahuan saja, tidak bisa di jadikan sebagai rujukan medis atau diagnosa. Hasil konsultasi dan pemeriksaan langsung dengan ahli medis tetap di jadikan sebagai rujukan dan diagnosa utama.