Vaksin Ibu Selama Kehamilan

997 viewsKehamilan
0

Selamat pagi Bu Bidan…
Bu apakah vaksin bumil diperlukan, secara sebelum menikah sudah di lakukan TT5. Saat ini saya di 29W, apa memang ada vaksin lanjutan atau spesifik utk bumil. Terima kasih…

Menjawab pertanyaan
0

Salam Bunda Indanesia,
Jelaskan sedikit dulu yah bun mengenai imunisasi TT, biar pengunjung yang baca mengetahui juga.
Imunisasi TT pada ibu hamil dimaksudkan untuk mencegah terjadinya tetanus neonatarum (kejang atau infeksi otak) pada bayi baru lahir yang di sebabkan oleh pertolongan persalinan yang tidak steril.
Memang pada saat ini kondisi seperti itu jarang terjadi, karena sekarang kebanyakan persalinan di Indonesia dilakukan/ditolong oleh tenaga kesehatan yang menggunakan prinsip pencegahan infeksi (PI) yg sudah benar atau sudah sesuai sop.
Meskipun demikian, imunisasi masih tetap di berikan pada ibu hamil.
Untuk pencegahan seumur hidup, imunisasi TT ini di berikan sebanyak 5x. Imunisasi ini bisa diberikan baik kepada ibu hamil maupun tidak hamil. Jadi ketika sebelum hamil, bunda sudah mendapatkan imunisasi TT5 artinya bunda sudah mendapatkan perlindungan untuk seumur hidup.
Jadi bunda tidak memerlukan imunisasi ini lagi.
Perihal pemberian vaksin lainnya unyuk ibu hamil, memang ada seperti vaksin influenza, vaksin hepatitis B, vaksin Meningococcal, namun semua itu harus seizin dokter. Biasanya ibu hamil tidak memerlukan imunisasi lainnya selama kehamilan, selama ibu tidak memiliki penyakit atau gangguan lainnya. Namun jika ibu menginginkan vaksin tambahan tersebut baiknya konsultasikan dulu dengan dokter.
Demikian bun, jawaban kami, semoga bisa membantu, semoga kehamilannya sehat selalu. Kalau ada yang ingin di tanyakan lagi silahkan bisa membuat komentar di bawah jawaban ini.
Salam

Changed status to publish

Catatan: Forum diskusi ini hanya sebagai informasi tambahan dan pengetahuan saja, tidak bisa di jadikan sebagai rujukan medis atau diagnosa. Hasil konsultasi dan pemeriksaan langsung dengan ahli medis tetap di jadikan sebagai rujukan dan diagnosa utama.