Penggunaan Deodorant Saat Hamil

2.64K viewsKehamilan
0

Bolehkah ibu hamil menggunakan deodorant? Seandainya tidak boleh, apakah ada alternatif lain untuk menghilangkan bau badan yg baik untuk ibu hamil? Terima kasih

Menjawab pertanyaan
0

Salam Bunda Husna,
Memang ya bun selama kehamilan produksi keringat biasanya berlebih, dan hal ini biasanya di khawatirkan menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Peningkatan keringat ini biasanya di sebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh yang menyebabkan suhu badan menjadi meningkat dan hasilnya keringat pun lebih banyak di produksi tubuh untuk menstabilkan suhu tubuh. Mengenai hal ini bisa di baca di : Keringat berlebih saat hamil, normalkah?
Kembali ke topik, untuk penggunaan deodorant sendiri, sebetulnya tidak ada larangan yang jelas mengenai hal tersebut atau penelitian yang menyebabkan deodeorant bisa beresiko terhadap kehamilan. Namun, memang ada kandungan zat yang terdapat dalam deodorant yang perlu di waspadai. Baiknya ibu baca komposisi kandungan yang terdapat dalam deodorant, karena setiap merk deodorant memilik komposisi zat yang berbeda. Baiknya hindarkan jika di temukan kandungan paraben, PEG 20 (Polietilena glikol, propylene glycol, triclosan dan sodium benzoate. Selain itu, kandungan alcohol yang tinggi dalam deodorant juga bisa membuat iritasi kulit.
Jadi, meskipun tidak ada larangan yang jelas, saran saya hindarkan saja sementara ini penggunaan deodorant selama kehamilan, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya deodorant, perawatan kecantikan/kosmetik yang mengandung beberapa zat kimia berbahaya seperti perawatan rambut kimiawi, obat jerawat yang mendandung Retinol A, pemutih kulit yang mengandung hydroquinone dsb juga wajib di hindarkan. Mengenai perawatan kecantikan yang tidak boleh di gunakan selama kehamilan selengkapnya bisa di baca di: Jenis Kosmetik Yang harus Di Hindari Selama Kehamilan.
Baiknya di usahakan selama kehamilan gunakan hal-hal yang alami aja dulu deh bun. Seperti lazimnya menghilangkan bau badan bisa menggunakan sabun mandi 2x sehari, mencukur bulu ketiak untuk menghindarkan keringat menempel, penggunaan tawas, gunakan pakain longgar dan mudah menyerap keringat, hindari aktivitas berlebih dsb.
Demikian bun, jawabannya semoga bisa membantu, terima kasih telah berkunjung di bidanku.com

Changed status to publish
You are viewing 1 out of 1 answers, click here to view all answers.

Catatan: Forum diskusi ini hanya sebagai informasi tambahan dan pengetahuan saja, tidak bisa di jadikan sebagai rujukan medis atau diagnosa. Hasil konsultasi dan pemeriksaan langsung dengan ahli medis tetap di jadikan sebagai rujukan dan diagnosa utama.