Siklus haid pasca curet. Hamil atau tidak?

778 viewsKehamilan
0

Saya mau tanya?? Tgl 27/7/18 saya curet pada usia kandungan 8minggu karena flek.
Haid pertama setelah curet tgl 5/9/18.
Terus skrg tgl 17/10/18 saya blm juga mendapatkan haid. Di tespek tapi negatif.
Itu kenapa yaa ? Apa tindakan yg harus saya lakukan?
Kadar hcg blm banyak apa karn siklus haid yg blm teratur pasca curet?

Menjawab pertanyaan
0

Salam Bunda Azizah,

Kadar hcg blm banyak apa karn siklus haid yg blm teratur pasca curet?

Dua hal tersebut bisa menjadi penyebabnya..
Haid menjadi belum teratur pasca kuretase. Kenapa demikian? karena dinding rahim memerlukan waktu untuk penyembuhan pasca kuretase yang menyebabkan haid menjadi tidak teratur. Bahkan, kuretase juga kadang menyebabkan terjadinya gangguan hormonal, maka biasanya dokter akan memberikan obat hormon pasca kuretease.
Sekilas mengenai kuretase (proses kuret) atau masyarakat menyebutnya kuret saja (alat yang di gunakan bernama kuret), istilah medisnya dilasi & kuretase. Dilasi proses melebarkan rahim dengan obat atau alat dan kuretase yaitu proses pengangkatan lapisan dan isi rahim. jadi, Istilah umumnya rahim di bersihkan dari sisa-sisa keguguran. Nah proses ini kadang membuat luka dinding rahim yang menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur, karena rahim perlu waktu untuk penyembuhan. Berapa lama masa haid ini menjadi tidak teratur? tergantung proses kuret, proses penyembuhan dan kondisi kesehatan ibu sendiri. Biasanya, ibu akan mengelami gangguan haid tidak teratur antar 4-6 bulan, namun kadang ada yang lebih cepat juga.
Namun bisa juga terjadi, pasca kuret tidak berdampak apapun terhadap siklus haid, yang menyebabkan perempuan kembali normal mengalami tingkat kesuburan yang baik dan kembali mendapatkan kehamilan dengan cepat. Perlu diingat kuretasi tidak akan menyebabkan dampak yang terlalu besar terhadap kesuburan, selama proses kuret berjalan dengan baik tanpa ada kendala (tidak terjadi infeksi, terjadinya kerusakan jaringan rahim, terjadi perforasi-lubang rahim, dsb).
Untuk lebih memastikannya, bunda bisa ulangi test kehamilannya 1-2 minggu kemudian, jika masih tetap negatif, maka kemungkinan memang siklus haid bunda terganggu akibat proses kuretase. JIka, bunda merasa terganggu dengan kondisi demikian, bunda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai hal tersebut, biasanya jika tidak ada kendala pasca kuret dokter akan membeirkan obat hormonal untuk memulihkan siklus haid bunda.
Demikian bun, semoga bisa membantu terima kasih

Menjawab pertanyaan

Catatan: Forum diskusi ini hanya sebagai informasi tambahan dan pengetahuan saja, tidak bisa di jadikan sebagai rujukan medis atau diagnosa. Hasil konsultasi dan pemeriksaan langsung dengan ahli medis tetap di jadikan sebagai rujukan dan diagnosa utama.