Bolehkah ASI diganti dengan Susu Formula?

760 viewsBayi dan Balita
0

Bu bidan, ikutan nanya dunk..
saya punya baby 10.5bln, sampai sekarang masih ASI ekslusif..
gimana ya caranya supaya babynya mau nyusu dari botol dan pakai susu formula? so far kalau nyusu selalu dari sumbernya.. (bukan dari botol).

Dulu udah pernah coba dikasih susu baik ASI maupun susu formula pakai botol susu, tapi baby nya tidak mau.. (apa tetap harus dipaksa..?)

thanks sebelumnya..

Menjawab pertanyaan
0

Duh kenapa harus dipindah ke susu formula…..
ASI itu diberikan kepada balita hingga usia 2 tahun, dan ASI itu anugerah yang diberikan kepada ibu untuk bayinya dimana kandungan nutrisi ASI itu tidak akan bisa tergantikan oleh susu formula, meskipun itu harganya yang paling mahal sekalipun….
Memang, untuk usia anak ibu, harus ditambahkan dengan MPASI (makanan pendamping ASI) seperti nasi tim bayi, bubur campur, biskuit, bubur kacang hijau, sari buah…
Sebetulnya, meskpun ibu kerja, bukan menjadi alasan untuk menggantikan ASI dengan susu formula..alternatifnya sebelum ibu kerja atau disela senggang, ibu bisa memeras ASI dan disimpan dalam kulkas sebagai persediaan jikalau ketika ibu kerja, anak pengen mimi. itupun sebaiknya diberikan menggunakan gelas atau sendok.
ASI yang diperas dan disimpan dalam kulkas tahan kok sampai 24 jam dan saat pemberiannya cukup keluarkan dari kulkas ditunggu beberapa menit agar sesuai dengan suhu ruangan, tidak boleh dipanaskan pada saat mau memberikannya karena akan merusak kandungan gizi dalam ASI tersebut…
Jadi saran kami tetap berikan ASI yah bu…

Menjawab pertanyaan

Catatan: Forum diskusi ini hanya sebagai informasi tambahan dan pengetahuan saja, tidak bisa di jadikan sebagai rujukan medis atau diagnosa. Hasil konsultasi dan pemeriksaan langsung dengan ahli medis tetap di jadikan sebagai rujukan dan diagnosa utama.