Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi

5/5 (2)

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentu menjadi dambaan untuk siapa saja. Betapa tidak, lewat tubuh yang sehat maka aktivitas dan rutinitas akan dapat anda jalankan dengan lebih mudah dan lebih ceria. Selain itu, tubuh yang sehat pun membuat tingkat produktivitas seseorang dapat terjaga dengan baik.

Lain halnya dengan yang dijumpai pada orang yang sakit dimana tubuh mereka umumnya akan terlihat lemas dan tidak berdaya. Jangankan untuk dapat menjaga produktivitasnya dengan baik, bergerak dan beraktivitasnya saja mungkin mereka akan terkendala.

Seperti halnya mereka yang menderita diabetes dan darah tinggi atau hipertensi. Dua penyakit ini seringkali dikenal sebagai penyakit lansia karena umumnya penyakit ini memang lebih sering menyerang orangtua. Namun demikian, bukan berarti mereka yang masih muda sekalipun tidak rentan terhadap ancaman penyakit ini.

Untuk mereka yang terserang dengan penyakit diabetes dan hipertensi gaya hidup dan pola makan yang sehat menjadi hal yang penting untuk selalu diperhatikan. Sebab dua hal inilah yang pada dasarnya dapat mengendalikan kesehatan mereka dengan baik.

Nah, untuk mengetahui tips dan cara diet sehat untuk penderita diabetes dan darah tinggi. Maka tak perlu khawatir berikut ini kami berikan beberapa halnya untuk anda.

Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi

Diet sehat dan menjalankan pola hidup yang lebih baik menjadi hal penting untuk selalu diperhatikan. Untuk menunjang kondisi kesehatan anda agar selalu fit, berikut ini adalah tips diet sehat untuk penderita diabetes dan hipertensi.

Menghindari Makanan Asin dan Manis Berlebihan

Dua makanan ini akan dapat menjadi langkah penting dalam melakukan diet untuk mereka yang menderita diabetes dan hipertensi. Mengurangi konsumsi garam harian akan sangat bermanfaat untuk menghindari naiknya tekanan darah yang tinggi yang bisa kambuh kapan saja.

Sementara mengurangi konsumsi makanan manis dengan kadar gula yang tinggi akan bermanfaat dalam mengatur kadar gula didalam darah. Seperti yang telah kita ketahui, makanan manis dengan kandungan gula yang banyak menjadi faktor utama naiknya gula darah pada penderita diabetes. Untuk itu, perhatikan dengan baik dua zat makanan ini.

Buat Makanan Sendiri

Dalam rangka menjalankan pola hidup sehat dan memperhatikan konsumsi makanan yang baik untuk tubuh nampaknya anda akan perlu untuk membuat makanan anda sendiri. Saat ini sulit sekali menemukan makanan yang dijual diluar dengan kandungan yang anda butuhkan.

Oleh karenanya akan lebih baik jika anda membuat makanan anda sendiri dirumah. Dengan begini anda akan dapat menyesuaikan kandungan yang digunakan pada makanan. Mengurangi asupan garam dan gula adalah hal penting dalam makanan yang anda konsusmi sehari-hari. Jadi demikian perhatikan dengan baik beberapa hal tersebut dengan baik.

Berolahraga dengan Rutin

Sama halnya dengan diet makanan lainnya, peran olahraga menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan untuk membentuk tubuh yang sehat. Untuk penderita diabetes olahraga dibutuhkan untuk membakar kelebihan kadar gula didalam darah sehingga dapat diproses menjadi energi.

Sementara untuk penderita hipertensi membakar lemak sewaktu berolahraga akan menghindarkan anda dari resiko penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung. Oleh karenanya penting sekali bagi anda untuk mulai menjalankan olahraga dengan baik.

Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, berolahraga tentu akan memberikan rasa fit dan lebih bugar untuk tubuh anda. Oleh karenanya, lakukan pergerakan ini minimal 3 kali dalam satu minggu selama kurang lebih 30 menit sekali berolahraga. Olahraga juga akan baik untuk anda yang ingin menurunkan berat badan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel