data-ad-format="auto"

Dengan Tidur Lebih Awal, Anak Dapat Terhindar Dari Obesitas

Sebuah penelitian dilansir dari foxnews.com menyebutkan bahwa anak-anak yang tidur lebih awal akan terhindar dari resiko obesitas. Obesitas yang terjadi pada anak-anak akan berbahaya bagi kesehatannya, seperti membuat anak rentan terhadap sakit kepala hingga resiko terkena penyakit jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Center for Obesity Research and Education dari Temple University di Philadelphia menjelaskan bahwa tidur akan menekan pertumbuhan hormone leptin. Hormon ini akan merangsang rasa lapar pada seseorang, begitupun pada anak anda yang akan senantiasa terus merasa lapar. Dengan tidur hormone tersebut dapat ditekan sehingga anak anda terjauh dari rasa lapar. Selain itu, tidur lebih awal juga dapat menjaga system kerja metabolisme pada tubuh anak anda. System metabolisme yang baik dapat membuat makanan yang dikonsumsi dapat dicerna dengan baik.

Pengaruh Obesitas Bagi Anak

Anak-anak sekarang jarang sekali melakukan olahraga, waktu mereka biasa dihabiskan di depan TV, computer dan video game. Apalagi, para orangtua biasanya terlalu sibuk untuk menyiapkan makanan yang kaya akan nutrisi untuk anak-anaknya. Kebanyakan anakpun akhirnya memilih mengonsumsi fast food karena dianggap lebih cepat dan mudah didapat. Namun tidakkah anda khawatir jika kebiasaan tersebut bisa berakibat pada melonjaknya angka berat badan sikecil hingga beresiko obesitas? Sebuah studi menjelaskan, obesitas dapat meningkatkan resiko terjadinya masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, masa pada tulang dan kolesterol tinggi dan diabetes. Bahkan, mereka juga bisa mengalami masalah dengan hati, tulang, kandung kemih dan empedu. Obesitas yang terjadi pada anak juga bisa berpengaruh pada jadwal mensturasi yang tak pasti dan berujung dengan masalah kesuburan saat ia beranjak dewasa.

Selain itu, anak yang menderita obesitas juga cederung mengalami penurunan tingkat percaya diri karena sering diejek atau dijahili oleh teman-temannya dengan tubuhnya yang gempal. Anak-anak akan merasa sedih dengan kondisi tersebut, dan hal inilah yang nantinya dikhawatirkan akan membuatnya depresi sampai membuatnya terjerumus ke obat-obatan terlarang. Mereka juga bisa saja melakukan hal-hal yang tidak diinginkan seperti melakukan diet yang tidak sehat seperti anorexia nervosa dan bulmia. Anda tentu tidak ingin jika hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, mulailah memberikan makanan sehat dan membiasakan mengajarkan berolahraga secara teratur. Andapun bisa meluangkan waktu anda untuknya, karena pada dasarnya mengajarkan pola hidup yang sehat akan lebih mudah jika orangtuanya melakukan hal yang serupa. Dan agar anak anda tidur lebih awal, aturlah jadwal kegiatannya lebih baik. Jadwal yang teratur serta jelas akan membuat ritme tubuh mereka menjadi terarah. Sehingga hal tersebut dapat membuat mereka beristirahat dengan baik dan berkualitas.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Loading...

Follow us