Daftar Nutrisi dan Gizi Penting Untuk Tulang yang Kuat Selain Kalsium

3/5 (3)

Untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat, tubuh kita tentu akan memerlukan zat gizi serta mineral yang memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Ketika berbicara mengenai nutirisi dan gizi yang baik untuk tulang, hal yang pertama terlintas dalam benak anda mungkin adalah kalsium. Memang benar, kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.

Namun, bukan hanya kalsium yang diperlukan tubuh agar kesehatan tulang tetap terjaga. Tulang juga memerlukan zat-zat gizi serta mineral lain yang tak kalah penting untuk menutrisi tulang agar tetap kuat. Zat gizi serta mineral lain akan berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Tanpa adanya mineral lain, tubuh tidak akan mampu menyerap kalsium dengan baik. Lalu apa sajakah zat gizi dan mineral penting yang diperlukan tubuh untuk dapat membangun tubuh dengan tulang yang sehat dan kuat?

Simak daftar mineral dan nutrisi penting dibawah ini.

1. Fosfor

Sebagaimana telah dijelaskan diatas, bahwa tulang memerlukan mineral serta gizi lain untuk membaut tulang menjadi lebih sehat. Mineral dan vitamin tersebut diantaranya adalah fosfor. Fosfor adalah salah satu mineral penting dalam tubuh yang diperlukan oleh tulang. Tubuh yang kekurangan zat fosfor akan menghambat produksi garam kalsium yang pada akhirnya menyebabkan tulang menjadi lemak. Meski begitu, jika tubuh mengalami kelebihan zat fosfor dalam darah juga bukan berarti hal yang baik. Hal ini dikarenakan fosforus dapat menyebabakan pengerasan arteri yang dapat berujung pada resiko serangan jantung dan stroke menjadi lebih riskan.

2. Potassium

Zat potassium jarang sekali dikaitkan dengan kesehatan tulang. Namun demikian, para peneliti meyakini bahwa potassium dapat menurunkan resiko pengeroposan tulang dan mengembalikan kalsium ke tulang. Bukan hanya demikian, potassium juga dapat membantu menetralkan asam metabolisme yang diproduksi oleh tubuh dan melindungi tulang dari kerusakan.

3. Vitamin D

Vitamin D penting untuk kesehatan tulang sebab dapat membantu meningkatkan daya serap kalsium pada tubuh. Bukan hanya itu, vitamin D juga memiliki kemampuan utnuk mengatur tingkatan fosfor dan kalsium dalam hal pembentukan tulang agar komposisinya seimbang. Manfaat vitamin D bisa anda dapatkan dari sinar matahari. Manfaat vitamin D dari sinar matahari merupakan sumber yang paling mudah, murah untuk didapatkan.

3. Magnesium

Daftar mineral selanjutnya yang juga tak kalah penting dalam menjaga kesehatan tulang adalah magnesium. Seperti telah disebutkan diatas, vitamin D berfungsi baik untuk kesehatan tulang, hanya saja agar vitamin D dalam tubuh dapat bekerja dengan baik, maka vitamin D akan membutuhkan magnesium. Dimana magnesium akan mengubah vitamin D menjadi bentuk aktif yang penting untuk dapat menyerap kalsium dengan baik. Manfaat magnesium yang baik bisa anda peroleh dari konsumsi makanan seperti sayuran, bayam, buah bit, biji labu dan lain sebagainya.

4. Vitamin K

Vitamin K dikenal memiliki peranan penting dalam pembekuan darah. Namun ternyata bukan saja itu, vitamin K juga berperan penting dalam memproduksi protein yang diperlukan untuk mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah penumpukan kalsium di tempat yang salah. Manfaat vitamin K bisa anda dapatkan dari sayuran, kale, kubis dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa mineral dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh selain kalsium untuk tulang yang kuat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply