Daftar Makanan yang Berkhasiat Melawan Diabetes

4.33/5 (3)

Penyakit diabetes dapat secara cepat berkembang menjadi penyakit yang mematikan secara diam-diam. Kombinasi makanan dan faktor lingkungan hidup yang kurang sehat diyakini menjadi pemicu seseorang mampu meningkatkan resiko terhadap penyakit yang berbahaya ini. Selain itu, kekhawatiran yang lebih besar terjadi pada resiko diabetes untuk anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak menghabiskan lebih sedikit waktu bermian diluar rumah dan tetap terkurung dalam ruangan dengan bermain video game atau melulu menonton televisi.

Alih-alih mencapai titik dimana anda harus bergantung pada insulin dan konsumsi obat-obatan, untuk mengalahkan diabetes atau kadar glukosa didalam darah yang tinggi maka anda dapat mensiasati hal ini dengan mulai menerapkan pola hidup yang sehat dan pola makan yang baik. Penelitian telah membuktikan bahwa makanan akan dapat membuat beberapa perubahan utama dalam menu anda seperti makan dengan jumlah karbohidrat yang lebih sedikit, banyak mengkonsumsi protein tanpa lemak dan juga lebih banyak mengontrol asupan gula dari makanan yang anda konsumsi.

Hal ini dikarenakan pada umumnya kenaikan resiko terhadap penyakit diabetes lebih sering diakibatkan oleh konsumsi makanan yang anda lakukan sehari-hari. Namun tak perlu khawatir rupanya salah satu cara dalam memerangi diabetes sendiri adalah lewat makanan itu sendiri. Yuk, simak beberapa jenis makanan yang berkhasiat melawan diabetes.

Buah Alpukat

Buah alpuat memiliki kandungan lemak jenuh mono dimana kandungan ini akan dapat membantu memperlambat kinerja pencernaan setelah makan dan sengan demikian hal ini akan dapat berguna untuk mengurangi lonjakan dalam tingkat gula darah didalam tubuh anda. Makanan kaya lemak pun akan dapat bermanfaat baik dalam membantu resistensi insulin terbaik yang mana ini menjadi angin segar untuk pada penderita diabetes diseluruh dunia.

Untuk itulah, anda dapat mulai mengkonsumsi buah yang satu ini untuk disertakan pada konsumsi buah harian anda. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengolah bahan makanan ini. Salah satunya adalah dengan membuatkannya jus. Hanya saja, sebaiknya pastikan bahwa anda tidak melibatkan sejumlah gula yang dimasukkan dalam bahan makanan ini.

Buah Berry

Buah berry memang lezat dan menyegarkan, belum lagi warna-warni yang bervariasi dari buah ini seringkali menggoda untuk disantap. Apalagi kandungan antioksidan dan serat yang tinggi yang terdapat dalam buah ini akan sangat baik untuk mencegah paparan radikal bebas didalam tubuh.

Bukan hanya itu, buah berry juga memiliki kandungan antosianin yang dapat menurunkan gula darah dengan cepat serta meningkatkan produksi insulin pada bagian pankreas. Dengan demikian, ketika tubuh dapat memproduksi insulin lebih banyak makan kadar gula didalam darah akan dapat dikontrol dengan baik. Oleh karenanya, tidak ada salahnya mulai memasukkan konsumsi makanan ini pada makanan harian anda bersama dengan keluarga.

Brokoli

Tidak heran bahwa brokoli memiliki manfaat yang baik untuk memerangi diabetes dalam tubuh. Hal ini dikarenakan brokoli menjadi salah satu jenis sayuran dengan kandungan dan manfaat yang menyehatkan untuk tubuh. Kandungan serat yang begitu melimpa dan antioksidan serta kromium yang terdapat dalam brokoli akan dapat membantu menjaga kadar gula didalam darah menjadi tetap terkendali dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk itu, mulai saat ini ganti menu makanan anda pada jenis yang lebih sehat seperti konsumsi buah dan sayur yang memang dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain itu, sajian brokoli tentu akan dapat anda olah sesuai dengan selera seperti dijadikan sayur, ditumis atau bahkan dijus dengan bahan buah-buahan lain tanpa menggunakan gula tambahan.

Kayu Manis

Meskipun namanya kayu manis akan tetapi bahan makanan ini cukup bersahabat dengan kesehatan anda, termasuk untuk anda yang memiliki riawayat kesehatan mengidap diabetes. Sebuah penelitian menunjukan bahwa tiga hingga enam gram kayu manis yang dikonsumsi setiap harinya akan dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh sampai dengan 29 persen.

Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung MHCP yang dapat bekerja untuk memperbaharui sel lemak untuk merespon insulin dan menghapus glukosa dalam tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mulai memasukkan konsumsi bahan ini dalam makanan anda. Anda bisa memadukkan konsumsi makanan ini pada sayuran yang anda olah yang tentunya sayuran tersebut memang diperuntukan untuk orang yang diabetes.

Buah Pome

buah pome atau delima memiliki khasiat yang sangat hebat untuk menjaga ksehatan manusia. Walapun rasanya manis, para peneliti tidak melihat pengaruh manis itu pada gula darah. Selain itu, jus pome alami yang dikonsumsi setiap hari akan dapat menurunkan resiko kematian akibat diabetes. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi bahan ini setiap hari atau anda bisa menyelanginya dengan konsumsi bahan-bahan sehat diatas.

Bawang Putih

Telah sejak lama bahan bawang putih digunakan sebagai ramuan tradisional pada beberapa kebudayaan. Menurut. S. Department of Agriculture’s Human Nutrition Center mengatakan bahwa bawang putih akan dapat bekerja untuk meningkatkan kadar insulin didalam darah. Ini artinya kadar gula dalam darah akan dapat dikontrol dan diserap dengan baik. Dalam penelitian lain, bawang putih juga dapat bekerja sebagai antiseptik yang baik yang mana ini akan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dengan baik. Konsumsi bawang putih akan dapat anda jadikan sebagai bumbu masakan yang anda padukan dengan konsumsi bahan makanan lain yang memang dianjurkan untuk dikosumsi oleh penderita diabetes.

Labu

Labu adalah jenis makanan yang umum dijumpai di Indonesia. Dan rupanya bahan makanan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan dapat memerangi diabetes dengan lebih baik. Sebuah penelitian yang dilakukan di East China Normal University menyebutkan bahwa bahan kimia yang terdapat didalam labu akan dapat meregenerasi sel pankreas dalam tubuh yang mengalami kerusakan. Zat ini akan dapat membuat bagian pankreas memproduksi insulin dengan lebih baik. Adapun labu yang dipakai untuk memerangi diabetes adalah jenis labu yang berwarna jingga bukan labu lainnya.

Pengolahan labu bisa anda olah menjadi bahan makanan yang lain seperti halnya dikukus, direbus atau dipanggang. Hanya saja, perhatikan untuk tidak memasukkan pemanis buatan kedalam bahan makanan ini sebab pamanis akan dapat menambah kadar glukosa  didalam darah yang akan membuat diabetes menjadi lebih buruk.

Minyak Zaitun

Baru-baru ini minyak zaitun menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk digunakan dalam memasak. Mereka menganggap bahwa kandungan didalam minyak zaitun lebih alami dan lebih baik untk kesehatan. Dan bukan hanya itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan lemak yang baik yang akan dapat membantu memerangi diabetes dalam tubuh.

Untuk itu, mulai saat ini tidak ada salahnya untuk memasukkan minyak zaitun kedalam sayuran atau makanan yang anda olah. Selain lebih sehat tentunya anda diberikan kesempatan untuk menikmati makanan dengan rasa dan bumbu yang lebih lezat.

Itulah dia beberapa jenis makanan yang dapat berkhasiat untuk memerangi atau melawan diabetes didalam tubuh. Pada dasarnya memilih jenis makanan yang sehat adalah hal penting yang perlu diperhatikan dengan baik agar gula darah didalam tubuh tidak naik dan membuat kondisi anda semakin parah.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel