Daftar Makanan Bergizi yang Dianjurkan Dikonsumi Wanita Selama Masa Kehamilan

5/5 (3)

Nah, di awal-awal kehamilan biasanya wanita atau calon ibu hamil akan drop, baik nafsu makan, kondisi emosional dan kesehatannya. Namun di sisi lain si janin dalam rahim ibu akan memerlukan asupan gizi serta nutrisi yang baik serta energi ibu untuk menjamin kelangsungannya. Karena itulah, pola konsumsi ibu yang berada pada awal kehamilan haruslah dijaga dan diperhatikan dengan baik. Wanita yang baru mengalami masa kehamilan umumnya akan sering mengalami mual dan muntah, hal ini tentunya akan menjadi lebih buruk apabila kurangnya asupan makanan yang membuat perut kosong. Keadaan seperti ini dapat dihindari dengan sering makan namun dalam porsi yang ringan. Meskipun wanita hamil merasakan mual dan muntah yang berkepanjangan, namun sebisa mungkin usahakan untuk tetap menyantap makanan yang sehat dan bergizi. Sebab makanan sehat dan bergizi akan mempengaruhi mutu dan jumlah air susu serta pertumbuhan plasenta dan menjaga stabilitas tekanan darah.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk ibu hamil yang sehat dan bergizi :

1. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini baik dikonsumsi untuk wanita hamil. Sebab bayam memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat yang memadai diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah janin cacat tabung saraf (cacat lahir dibagian otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu, bayam juga memiliki kandungan serat, mangan, besi, vitamin A, K dan C yang kesemua komponen vitamin ini begitu baik untuk wanita pada masa kehamilan. Nah, mulai saat ini tidak ada salahnya jika anda mulai menyajikan bayam atau sayur bayam untuk menu makanan sehari-hari anda.

2. Pepaya

Buah tropis yang dapat dengan mudah dijumpai di setiap tempat di Indonesia ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, termasuk baik dikonsumsi untuk wanita selama masa kehamilan. Kandungan vitamin C, serat, asam folat dan potassium yang terkandung pada pepaya amat baik dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi serta gizi wanita hamil dan janin yang dikandungnya. Untuk itulah buah pepaya amat dianjurkan untuk dikonsumsi untuk wanita selama kehamilannya. Selain itu pepaya juga merupakan cara alami untuk mengatasi sembelit yang sering dialami oleh wanita hamil, terutama pada trimester ketiga.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau lain selain daripada bayam perlu juga anda konsumsi untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi pada wanita selama masa kehamilan. Sayuran hijau lain bermanfaat bagi sistem metabolisme darah. Sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan kangkung yang kaya akan zat besi amat dibutuhkan tubuh untuk membentuk hemoglobin dalam tubuh manusia.Produksi hemoglobin akan mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh dan menghasilkan energi. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki kandungan mineral yang mana kandungan ini amat dibutuhkan ibu dan janin.

Itulah Dia beberapa daftar makanan bergizi yang dianjurkan dikonsumsi oleh wanita selama masa kehamilan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply