data-ad-format="auto"

Daftar Jenis Makanan dan Minuman Pemicu Darah Tinggi Naik

Darah tinggi bukan hanya dipicu dari sebab menjalankan gaya hidup yang kurang sehat saja. Namun kondisi ini pun dapat terjadi akibat dari konsumsi makanan yang kurang baik yang nyatanya tidak diperkenankan disantap oleh penderita darah tinggi atau hipertensi. Seperti yang kita ketahui selama ini, darah tinggi menjadi salah satu penyakit pembunuh nomor satu yang banyak menyerang penderita diseluruh dunia.

Hal ini dikarenakan gejala dari penyakit hipertensi pada umumnya sulit untuk dikenali. Kebanyakan penderita yang memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter sudah divonis menderita hipertensi pada kondisi yang lebih kronis. Hal ini tentu saja menjadi berita buruk dan mencengangkan untuk mereka yang mengalaminya.

Sementara itu, dampak dari hipertensi yang sudah kronis atau yang tidak segera mendapatkan penanganan dengan baik akan sangat berbahaya untuk tubuh. Sebab tubuh akan dapat mengembangkan komplikasi terhadap kondisi kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke. Melihat dampaknya yang menyeramkan maka penting sekali untuk anda dan kita semua menjadi lebih sadar akan pentingnya menjalankan hidup yang sehat dengan merubah pola makan menjadi lebih baik.

Pada penderita hipertensi mereka perlu memahami dengan betul apa saja yang mereka konsusmi. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan hipertensi bisa naik atau kambuh sewaktu-waktu. Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Daftar Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Darah Tinggi

Salah satu cara dalam perawatan darah tinggi yang baik adalah dengan mengetahui jenis makanan apa saja yang akan membuat kondisi kesehatan anda memburuk sewaktu-waktu. Hal ini dikarenakan peningkatan tekanan darah didalam tubuh akan dapat mengakibatkan jantung anda bekerja dengan lebih keras dari biasanya agar dapat mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh. Nah, untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang dapat memicu kenaikan darah tinggi dengan tiba-tiba maka mari kita simak dibawah ini.

1. Gula

Jenis makanan atau minuman pertama yang dapat memicu kenaikan tekanan darah dengan tiba-tiba adalah ketika anda mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi. Bagi anda yang belum mendeirta darah tinggi pun sebaiknya kurangi konsumsi terhadap jenis bahan makanan yang satu ini.

Hal ini dikarenakan bukan hanya akan dapat memicu timbulnya hipertensi, namun masalah ini pun akan dapat memicu timbulnya diabetes yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Beberapa makanan dan minuman yang kentara dengan kandungan gula diantaranya adalah soda, permen, makanan cepat saji. es krim dan masih banyak lagi.

Selain beberapa keluhan diatas, konsumsi gula berlebihan pun akan dapat memicu kenaikan berat badan yang terjadi dengan cepat. Ini artinya bila anda mengkonsumsi banyak gula dalam asupan makanan anda maka akan semakin besar resiko anda mengalami obesitas atau kegemukan.

Dan kita semua tentu sudah paham betul bahwa obesitas menjadi salah satu resiko pemicu terbesar seseorang mengalami darah tinggi. Untuk itu, mulai saat ini sebaiknya kurangi asupan bahan makanan ini dalam konsumsi anda sehari-hari. Selain dengan menghindari beberapa jenis makanan yang disebutkan diatas anda pun dapat mensiasati hal ini dengan membuat makanan anda sendiri dirumah. Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Pada Kehamilan, Gejala, Penyebab dan Penanganan

2. Kolesterol dan Lemak

Jenis makanan dengan kandungan kolesterol dan lemak yang begitu banyak amat tidak dianjurkan untuk dikosumsi para penderita darah tinggi ataupun mereka yang ingin terhindar dari resiko besar penyakit mematikan yang satu ini. Saat ini sudah hampir sebagian besar makanan olahan dan makanan cepat saji yang berasa nikmat memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi. Diantaranya adalah pizza, burger, sosis, makanan olahan dari daging sapi, daging kambing, jeroan dan masih banyak lagi.

Bukan hanya akan dapat menyebabkan tekanan darah yang tinggi, namun konsumsi yang terlalu sering terhadap jenis makanan ini akan dapat membaut kesehatan jantung menjadi terganggu. Timbunan kolesterol dan lemak akan mungkin menyumbat jaringan pembuluh darah kecil pada jantung dimana kondisi ini membuat penyakit jantung sulit untuk dihindari.

Oleh karenanya, hindari mengkonsumsi jenis makanan ini dengan baik. Beralihlah pada jenis makanan yang lebih sehat dan lebih aman untuk tubuh anda.

3. Garam

Untuk anda penderita hipertensi, anda juga disarankan untuk mengurangi atau menghindari berbagai makanan dengan kandungan garam yang terlalu banyak. Memang sulit memilah jenis makanan dengan kandungan gara yang tidak berlebihan apalagi saat ini banyak makanan yang diawetkan dengan memasukkan substansi bentuk garam kedalamnya.

Untuk itu, anda perlu memahami jenis makanan apa saja yang mengandung banyak garam. Diantaranya adalah makanan kalengan, makanan olahan daging, makanan ringan, snack dan lain sebagainya. Meskipun terkadang pada saat anda menyantapnya jenis makanan tersebut tidak terlalu asin akan tetapi berhati-hatilah dengan kandungan garam yang begitu berlimpah didalamnya. Karena garam bukanlah pilihan yang bijak untuk penderita hipertensi.

Sementara itu, anjuran mengatakan bahwa penderita tekanan darah tinggi hanya boleh mengkonsumsi sekitar 1 sendok teh takaran garam dari total asupan garam dalam perharinya. Bahkan kurang dari takaran ini akan lebih baik dan lebih bagus. Sebab bila tidak, mungkin saja tekanan darah tinggi anda akan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.

Perlu dikethaui, garam akan dapat membuat ginjal menahan cairan didalam tubuh sehingga kondisi ini akan dapat berpengaruh terhadap keehatan jantung yang bekerja lebih cepat. Untuk itu, bijaklah dalam memilih asupan ini kedalam tubuh anda.

4. Alkohol dan Kafein

Perlu diketahui bahwa dua zat ini seringkali akan dapat memicu kecanduan pada seseorang. Oleh karenanya ketika anda diminta menghentikan konsumsi terhadap dua makanan atau minuman ini akan sedikit sulit rasanya. Untuk itulah, bagi anda yang belum pernah atau sedikit mengkonsumsi kafein dan alkohol dalam hidupnya maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini sebelum anda tejebak dalam kecanduan yang sulit untuk dihilangkan.

Selain itu, kafein dan alkohol bukanlah sahabat baik untuk penderita tekanan darah tinggi karena hal ini akan dapat membuat hipertensi dapat muncul kapan saja. Untuk itulah, pertimbangkan dengan segera untuk mengurangi konsumsi terhadap dua bahan makaan ini.

Adapun beberapa makanan atau minuman dengan kandungan kafein yang perlu diketahui diantaranya adalah kopi, softdrink, coklat dan masih banyak lagi. Untuk itu, pikirkan kembali untuk mengurangi asupan terhadap beberapa jenis makanan dan minuman yang satu ini.

Itulah dia beberapa jenis makanan dan minuman yang akan dapat memicu kenaikan tekanan darah tinggi. Mengetahui beberapa jenis makanan diatas akan dapat membantu anda untuk menghindarinya dengan lebih baik sehingga hal ini akan dapat mempermudah penanganan dan perawatan hipertensi yang anda lakukan dirumah.

Memang tidak mudah menghindari beberapa jenis makanan apalagi godaan selalu datang dari kenikmatan jenis makanan tersebut. Untuk itulah, dedikasi dan komitmen yang tinggi diperlukan dari diri anda agar segalanya terasa lebih ringan dan menyenangkan.

Loading...