Cukupi Kebutuhan Vitamin D untuk Anak dengan Dua Cangkir Susu Perhari

Dengan mencukupi kebutuhan vitamin D pada anak anda maka dapat membantu dalam penyerapan kalsium dalam perkembangan tulang anak anda. Selain itu vitamin D sangat berperan dalam mencegah terjadinya gangguan pernapasan, kardiovaskular dan juga gangguan kekebalan tubuh anak. Kandungan selanjutnya yang penting dari susu yang membantu dalam perkembangan adalah zat besi yang dapat mencegah anak anak menderita anemia pada usia dini dan mengganggu perkembangan keterampilan fisik dan mental anak-anak.

Meskipun vitamin D dapat didapatkan dari sinar matahari pagi hari akan tetapi tambahan dari dua gelas susu pada anak anak akan membantu perkembangan secara optimal. Penelitian yang melibatkan 1300 balita dengan rentan waktu 2-5 tahun menemukan adanya hubungan antara kebutuhan kadar vitamin D yang tercukupi ketika anak anak terbiasa mengkonsumsi dua gelas susu setiap hari.Dengan porsi yang tepat setiap hari maka kebutuhan vitamin D tidak akan mengganggu kadar zat besi di dalam tubuh. Sehingga untuk anak-anak yang memiliki pigmentasi kulit yang lebih gelap dapat meningkatkan konsumsi susu dikarenakan sinar matahari di pagi hari sulit untuk menembus produksi vitamin D, meskipun demikian disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk menyeimbangkan nutrisi di dalam tubuh anak anda.

Terkadang anak-anak memang sangat suka sekali mengkonsumsi susu ketimbang menu makanan sehari hari padahal kelebihan mengkonsumsi susu tidak disarankan apalagi bila tidak dibarengi dengan asupan makanan yang mengandung zat besi. Selain dapat membangun tulang ternyata vitamin D yang berlebih akan mengurangi zat besi di dalam tubuh anak anak. Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian yang dilakukan di Kanada yang meneliti hubungan antara asupan susu setiap hari dan kadar zat besi di dalam tubuh anak-anak. Dari penelitian itu disimpulkan bahwa sampel darah dari anak anak yang terlalu banyak mengkonsumsi susu setiap hari akan meningkatkan vitamin D dan mengurangi kadar zat besi di dalam tubuh.

Anda tidak perlu khawatir, selama anak anda hanya mengkonsumsi susu 2-3 gelas setiap hari, kebutuhan ini masih dapat menyeimbangkan vitamin D dan juga zat besi di dalam tubuh. Akan tetapi lebih baiknya anda menyeimbangkan konsumsi susu dengan makanan yang mengandung zat besi setiap harinya apalagi bila anak-anak seringkali mengkonsumsi susu lebih dari 3 gelas perhari. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan zat besi di dalam tubuh, dikarenakan zat besi juga berperan dalam membentuk perilaku anak, konsentrasi belajar, dan pengendalian diri.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel