data-ad-format="auto"

Ciptakan Keluarga Lebih Rukun, Berikut Cara Mengatasi Rasa Cemburu Kakak Beradik

Ada begitu banyak perasan yang terdapat dalam diri manusia, salah satunya adalah perasaan cemburu.

Kecemburuan ini bisa muncul dalam beberapa kasus, seperti salah satunya adalah kecemburuan yang muncul dalam sebuah hubungan. Rasa cemburu yang terjadi dalam hubungan keluarga dapat muncul karena timbulnya perasaan bahwa orang tersebut merasa tidak cukup dengan apa yang ia dapatkan dibandingkan dengan apa yang dimiliki oleh saudaranya, seperti cemburu akan kasih sayang, perhatian dan bahkan cinta dari keluarganya. Perasaan cemburu bukan hanya dirasakan oleh orang dewasa, hal serupa juga bisa dirasakan anak-anak dalam keluarga seperti kakak beradik.

Perasaan cemburu yang tidak terselesaikan pada anak-anak yang masih kecil dikhawatirkan hal in akan berdampak saat merkea tumbuh dewasa kelak. Dampak yang ditimbulkan dari perasaan cemburu ini bukan haya akan tertuju pada adik dan kakak saja, namun juga kelak ketika mereka dewasa, perasaan yang lebih mendalam akan meluas pada keluarga besar dan masyarakat.

menghidnari cemburu kaka beradik

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Perasaan cemburu tentu bukanlah sebuah perasaan yang baik, ketika seseorang merasakan cemburu dalam dirinya, maka  kemungkinan kehilangan sesuatu yang kita rasa adalah milik kita karena diambil oleh orang lain akan semakin besar. Pada akhirnya perasaan ini seolah akan terus menerus menghantui kita untuk bisa mendapatkan dan meraih apa yang seharusnya kita rasa menjadi milik kita.

Selain itu, dari munculnya perasaan cemburu dalam diri seseorang, maka orang tersebut cenderung akan memiliki perasaan curiga pada setiap hal, terutama orang yang mereka curigai. Nah, ketika hal ini terjadi pada anak-anak dalam rumah tangga, terutama kakak beradik, bukan tidak mungkin pertengkaran dalam rumah tangga akan terus-terusan terjadi.

Jangankan untuk melihat si buah hati bisa kompak dan sejalan, yang ada malah perselisihan dan pertengkaran yang tak akan bisa dihindari. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi dan menimpa si buah hati bukan? Untuk itulah, dibutuhkan peran orangtua untuk dapat menjadi penengah dalam perselisihan anak-anaknya.

Nah, kali ini kami akan berikan tips bagaimana mengatasi kecemburuan kakak beradik dalam rumah tangga. Namun sebelumnya kita telusuri lebih dalam apa sih penyebab rasa cemburu dalam keluarga terutama pada kakak beradik?

Penyebab Rasa Cemburu Dalam Keluarga

Kecemburuan yang timbul dari seseorang tentunya tidak muncul secara tiba-tiba dan tanpa alasan, selalu ada hal yang melatar belakangi seseorang untuk merasakan perasaan cemburu, begitu pula yang terjadi pada si kakak dan si adik. Umumnya, perasaan cemburu pada kakak beradik banyak dipicu karena warisan/teladan, diajarkan dari keluarga, merasa tidak puas dengan apa yang telah dimiliki, tidak adanya perasaan bangga pada kondisinya saat itu dan lain sebagainya.

Nah, jika kecemburuan ini dirasakan pada anak-anak dan lantas perkara serupa tidak pernah terselesaikan, maka perasaan ini akan terbawa hingga si anak dewasa dan hal yang paling dikhawatirkan dalam hal ini adalah perasaan tersebut akan diturunkannya pada generasi selanjutnya. Ketika hal ini terjadi, maka yang pada akhirnya terjadi adalah pertikaian keluarga yang tidak akan pernah ada habisnya. Selain itu, perasaan cemburu juga bisa dipicu karena adanya perasaan hak yang dilanggar. Kecemburuan ini biasanya melibatkan perasaan memiliki dan orang yang merasa haknya dilanggar atau tidak diberikan akan merasakan kecemburuan yang besar kepala orang-orang yang dianggap mengambil atau merebut haknya tersebut.

Perasaan cemburu yang timbul pada kakak beradik juga bisa disebabkan karena adanya unsur dalam kehidupan seorang anak. Dalam hal ini ada orangtua yang memberikan sesuatu secara sembunyi-sembunyi kepada salah satu anak  agar anak lain tak mengetahuinya. Perilaku yang dilakukan orangtua ini mungkin beralasan, akan tetapi ketika satu anak mengetahui, maka tentu saja akan timbul rasa cemburu yang besar.

Nah, perasaan cemburu rupanya dapat dipicu oleh beberapa hal diatas. Jika perasaan cemburu dirasakan oleh seseorang maka akan ada dampak yang akan terjadi, seperti apa sajakah dampak tersebut? Kita simak dibawah ini.

Dampak dan Reaksi Cemburu dalam Keluarga

  • Putusnya tali persaudaraan
  • Perasaan curiga. Kakak beradik yang cemburu satu sama lain akan cenderung menimbulkan perasaan baru dalam dirinya yakni perasaan curiga.
  • Memicu kemarahan satu sama lain. Perasaan cemburu yang dirasakan kakak dan adik akan memicu perasaan kesal dan amarah yang meledak, maka tidak heran jika pertengkaran akan mungkin mereka hadapi.
  • Berpikiran negatif dan berbohong. Kecemburuan yang dirasakan pada kakak beradi akan membuat mereka saling berpikiran tidak baik dan kebohongan tidak akan bisa dihindari

Lantas, bagaimana mengatasi perasaan cemburu pada kakak beradik dalam keluarga?

Mengatasi Rasa Cemburu Kakak Beradik

1. Bangun Rasa Percaya Diri

Perasaan cemburu merupakan hasil dari ketidak percayaan akan kemampuan dalam diri si anak. Terkadang perasaan ini terpendam jauh dalam lubuh hati anak-anak dan ketakutan bahwa merekan akan ditinggalkan, atau membuat perasaan cinta orangtua tak lagi bisa mereka dapatkan. Hal ini disebabkan karena anak-anak merasa mereka tak cukup baik untuk orangtuanya tak seperti perlakuan orangtua pada salah satu saudara mereka.

Untuk itulah, sebagai orangtua yang baik, untuk menghidnari kecemburuan pada anak-anak adalah dengan membangun rasa percaya diri dalam diri anak-anak. Berikan pemahan pada mereka bahwa kasih sayang anda akan dapat diberikan dengan sama. Tak ada anak kesayangan dan anak yang diasingkan, semuanya sama.

Selain itu, berhentilah membanding-bandingkan anak anda untuk menghindari rasa percaya diri pada anak-anak menjadi padam.

2. Bangun Kepercayaan Pada Diri Anak-Anak

Kecemburuan yang timbul dalam diri seseorang bisa diindikasikan bahwa kepercayaan mereka pada seseorang yang mereka andalkan sudah lagi tak sekuat dulu. Begitupun yang dirasakan oleh anak-anak, ketika rasa cemburu mereka timbul, anak-anak mengasumsikan bahwa anda tak lagi menyayanginya dan rasa percaya dalam diri mereka terhadap orangtua sudah runtuh.

Nah, untuk mengatasi hal ini, maka orangtua harus mampu mengembalikan kepercayaan anak-anak dan bangun kembali agar mereka bisa menjadikan anda sebagai tumpuannya. Ketika rasa percayanya pada orangtua kembali, maka segala hal yang mereka alami dan hambatan yang mereka alami tidak akan mampu menggoyahkan kepercayaan mereka dan membuat mereka cemburu. Sebaliknya, dengan tumbuhnya rasa percaya akan membuat mereka tetap teguh pada kasih sayang orangtuanya.

3. Bangun Rasa Bangga Pada Apapun Status Anak dalam Keluarga

Seringkali si kakak merasa cemburu pada adik karena kasih sayang yang ibu berikan cenderung lebih banyak diberikan kepada si adik. Hal inilah yang pada akhirnya membuat si kakak kesal menyandang statusnya dalam keluarga. Hal ini bukan tidak mungkin membuat mereka menyesal memiliki adik.

Untuk itulah, buat mereka bangga dengan apapun status mereka dalam keluarga. Seperti dalam hal ini, buat si kakak memahami bahwa statusnya sebagai kakak adalah peran yang penting. Tanggung jawab yang besar ada dipundak mereka dan membuat mereka memiliki peranan yang penting untuk menjaga dan melindungin adiknya.

Membangun rasa percaya diri dalam diri anak-anak adalah cara yang baik untuk mengatasi rasa cemburu pada anak-anak. Sebab kecemburuan umumnya timbul karena anak-anak seringkali merasa dirinya tak cukup. Untuk itu, beberapa cara diatas diharapkan mampu menambah ilmu dan wawasan serta memudahkan bunda mengatasi kecemburuan pada si kecil.

Loading...

Follow us