Cara Sehat Berpuasa Selama Kehamilan


 

Puasa dan keCARA-PUASA-SEHAT-SELAMA-KEHAMILAN.jpgsehatan bayi

Dalam menjalankan puasa bagi anda yang  berada di tahap kehamilan, di mana puasa bisa berbahaya bagi ibu dan janin. Ajaran Islam juga mengecualikan para wanita dari puasa yang menyusui, hamil dan mereka yang sedang menstruasi. Ketika bayi tumbuh dalam rahim, janin benar-benar tergantung pada anda untuk protein, nutrisi dan vitamin yang diperlukan. Disarankan bahwa perempuan tidak harus berpuasa selama trimester pertama dan ketiga. Meskipun demikian kondisi ibu hamil akan berbeda, baiknya anda mendapatkan keterangan kesehatann untuk memastikan kesehatan anda dan janin

Pendapat dokter menjadi keputusan anda

Bicaralah dengan dokter anda untuk mendapatkan gambaran dari kondisi kesehatan anda, jika anda merasa wajib untuk berpuasa. Dokter kandungan atau bidan adalah orang yang tahu riwayat kondisi kesehatan yang sangat baik yang dibutuhkan janin. Tidak ada salahnya untuk mengamati puasa selama bulan Ramadhan, jika pada hari pertama anda mengalami beberapa masalah anda bisa langsung berkonsultasi kembali pada dokter. Jangan paksakan jika memang ternyata kondisi anda tidak kuat agar tidak mengalami keadaan buruk bagi bayi yang sedang dikandung.

Pengaruh puasa selama kehamilan

Ada dapat mengetahui pengaruh  jangka pendek atau jangka panjang dari berpuasa selama kehamilan. Banyak perempuan memilih untuk berpuasa bahkan jika mereka hamil. Puasa selama kehamilan dapat meningkatkan risiko anda untuk kelahiran bayi dengan berat badan rendah jika nutrisi tidak tercukupi. Ibu yang mengalami mual ekstrim dan muntah selama trimester pertama harus mempertimbangkan puasa. Jangan memaksakan hal itu sehingga memicu pengaruh buruk pada bayi anda. Wanita hamil atau ibu menyusui membutuhkan pasokan nutrisi esensial, vitamin, protein, asam folat, dan mineral. Anda harus menjaga asupan gizi untuk kesehatan diri dan bayi anda. Puasa dapat mempengaruhi perkembangan janin apabila kebutuhan tersebut tidak tercukupi. Puasa pada kehamilan yang dipaksakan pada kondisi anda dan janin yang lemah dapat meningkatkan risiko untuk janin seperti gerakan pernapasan abnormal, berat badan lahir rendah, atau menderita dehidrasi.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Berikutnya »

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons