data-ad-format="auto"

Cara Sederhana Menstimulasi Anak Untuk Berbicara

Kemampuan perkembangan berbicara pada setiap anak tentunya berbeda. Ada sebagian besar anak yang mengalami perkembangan bicara cepat, namun ada juga sebagain lain yang mengalami perkembangan bicara yang lebih lambat dan membutuhkan stimulasi berulang-ulang agar anak mau berbicara. Sebagai orangtua tentu anda menginginkan hal yang terbaik untuk anak anda, termasuk dalam perkembangan bicaranya.

Dalam beberapa kasus sering dijumpai ada anak yang belum terlalu pandai bebicara dibandingkan dengan anak seusianya, namun ada pula anak yang tidak memberikan respon sama sekali ketika diajak berbicara, kasus lainnya menunjukan bahwa si anak tidak bicara namun mengerti apa yang dibicarakan oleh orang lain. Nah, jika sudah demikian orangtua pasti akan merasa resah dan ingin agar buah hatinya dapat menuturkan satu atau beberapa kata hanya agar orangtuanya bisa memastikan jika anaknya bisa berbicara.

Berikut ini ada beberapa cara sederhana untuk menstimulasi anak anda agar mereka mau berbicara.

1. Banyaklah Berbicara Kepada Anak

Untuk menstimulasi anak agar mau berbicara maka harus diawali dengan anda. Untuk itu katakan setiap hal kepada anak, hal apapun mulai dari ketika bangun pagi saat si kecil baru membuka matanya, kemudian saat dikecil akan mandi. Atau dikesempatan lain sewaktu anda dan sikecil menonton Tv, ceritakan dan berikan gambaran apa yang anda dan si kecil tonton. Jika memungkinkan isilah waktu anda sepanjang hari dengan si kecil dengan perbincangan mengenai hal apapun yang anda lalui bersama dengan si kecil. Dengan demikian lambat laun mereka akan mulai mengikuti dan merespon setiap percakapan yang anda buat.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

2. Berikan Kesempatan Anak Untuk Merespon

Bukan saja menceritakan dan menciptakan perbincangan mengenai hal apapun kepada si kecil. Namun juga anda harus memberikan kesempatan pada si kecil agar merespon apa yang anda katakan. Berikan dia kesempatan untuk bisa mengungkapkan apa yang ingin ia katakan. Jika si kecil mau berusaha, anda akan melihat usahanya untuk dapat mengatakan sesuatu meski dalam bentuk ocehan. Namun ingat selalu untuk memberikan stimulasi ini secara berulang-ulang agar.

3. Bernyanyi

Secara alami, umunya bayi menyukai musik dan runtuyan nada yang indah. Nah, untuk menstimulasi anak untuk berbicara, anda bisa menggunakan cara bernyanyi untuk memperkenalkan berbagai variasi suara pada anak-anak. Cara ini amat sederhana dan tentunya akan sangat menyenangkan, anda bisa bernyanyi-nyanyi setiap pagi atau ketika memandikan si kecil. Disadari atau tidak lagu-lagu yang anda nyanyikan akan mulai direkam oleh sikecil dan lambat laun mereka akan mulai meniru untuk mengeluarkan suara.

4. Pengulangan

Semakin sering dan semakin banyak si kecil mendengar banyak kata yang terus-menerus diulangi maka akan membuat kemungkinan anak untuk meniru lebih besar. Jadi demikian, sering-seringlah mengulang kata-kata yang anda ucapkan. Dengan demikian anak-anak akan mulai menyerap perkataan yang anda sebutkan dan mulai meniru perkataan tersbeut.

5. Berikan Anak Pujian

Ketika anak berhasil menyebutkan sebuah kosa kata dari mulutnya. Meskipun itu hanya kosa kata yang sederhana seperti menyebutkan 'ba', maka berikanlah ia sebuah pujian, dengan demikian anak akan merasa dihargai dan ingin berusaha untuk mengeluarkan kosa kata lain.

Itulah dia beberapa cara sederhana untuk menstimulasi anak untuk berbicara. Cara diatas diharapkan dapat membantu para orangtua untuk dapat berbicara.

Loading...

Follow us