7 Cara Merawat Baby Bump Saat Hamil

Cara Merawat Baby Bump Saat Hamil – Menjaga baby bump saat hamil tentu sangat penting untuk dilakukan. Baby bump itu sendiri yaitu kondisi perut yang membesar karena kehamilan. Ibu hamil tentunya akan memiliki baby bump, namun ukurannya bisa berbeda antara ibu hamil yang satu dengan yang lainnya.

Cara Merawat Baby Bump Saat Hamil

Lihat juga : 4 Cara Mencegah Hamil di Luar Rahim

Cara Merawat Baby Bump Saat Hamil

Merawat baby bump harus anda lakukan dengan sepenuh hati. Manfaatnya selain untuk anda sendiri, juga untuk janin dalam kandungan. Yuk simak beberapa cara merawat baby bump di bawah ini.

Melembabkan Kulit

Cara Merawat Baby Bump Saat Hamil

Saat hamil kulit perut akan mengalami peregangan yang akan menimbulkan gatal dan kering. Kondisi ini disebabkan karena hormon kehamilan yang meningkat saat hamil. Hanya saja, rasa gatal yang timbul pada kulit sebaiknya jangan digaruk dengan sembarangan karena akan membuat kulit lecet hingga menyebabkan luka.

  • Untuk membantu mengurangi kering pada kulit, anda sebaiknya menjaga kelembaban kulit dengan cara mengaplikasikan krim yang aman bagi ibu hamil.
  • Anda dapat memakai minyak nabati agar baby bump lembab. Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui produk yang aman digunakan oleh ibu hamil.

Istirahat

Cara Merawat Baby Bump Saat Hamil

Istirahat yang cukup akan membantu anda memulihkan tenaga ketika hamil. Mendapatkan waktu istirahat yang cukup akan membuat aliran darah meningkat dan perkembangan sel tubuh janin.

Saat usia kehamilan trimester ketiga, usahakan untuk beristirahat lebih banyak. Hal ini juga dibutuhkan untuk mempersiapkan tenaga saat melahirkan buah hati nanti.

Melakukan Body Scrub dengan Lembut

Cara Merawat Baby Bump Saat Hamil

Memakai body scrub saat hamil bisa anda lakukan yang terpenting menggunakan produk yang aman untuk ibu hamil. Merawat baby bump dengan scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, serta membuat kulit perut anda tetap lembut.

  • Pilihlah produk body scrub yang aman bagi ibu hamil.
  • Lakukan dengan lembut dan hati-hati.
  • Jangan tiap hari melakukan body scrub. Anda cukup mencobanya sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Perkuat Punggung

Cara Merawat Baby Bump Saat Hamil

Hormon relaxin akan mengendurkan ligamen yang mengelilingi persendian. Baby bump akan dapat membuat nyeri punggung bawah anda. Agar berat baby bump merata, anda mungkin akan bersandar. Tapi anda dapat mencoba berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar pinggul agar beban tubuh stabil.

  • Cara lainnya yaitu dengan melakukan olahraga ringan. Beberapa olahraga yang dapat dijadikan pilihan di antaranya yaitu berjalan, berenang atau pilates. Latihan olahraga ini akan membantu memperkuat otot punggung anda.
  • Anda harus melakukan olahraga ini dengan hati-hati. Jika diperlukan anda dapat berkonsultasi pada dokter untuk memastikan kondisi anda sebelum melakukan olahraga ini.

Lakukan Latihan Untuk Mengencangkan Perut

Cara Merawat Baby Bump Saat Hamil

Mengencangkan otot pada area perut akan membantu persalinan berjalan lancar. Selain itu, latihan mengencangkan perut juga akan membantu anda mengembalikan berat badan setelah melahirkan dengan lebih mudah.

  • Latihan untuk mengencangkan otot perut saat hamil yang dapat dilakukan di antaranya yaitu mengangkat kaki. Aktivitas ini akan membantu melepaskan tekanan di kaki anda dan membantu melatih area perut.
  • Hindari melakukan sit-up atau crunch saat hamil, apalagi saat usia kehamilan trimester kedua. Pasalnya berbaring telentang dapat menekan pembuluh darah.

Mengajak Ngobrol Janin Dalam Kandungan

Cara Merawat Baby Bump Saat Hamil

Pendengaran si kecil dalam kandungan mulai berkembang saat usia kehamilan memasuki 15 minggu. Saat usia kehamilan 20 minggu, si kecil dalam kandungan akan bisa membedakan suara anda dengan suara lainnya.

  • Ajak mengobrol bayi dalam kandungan anda. Si kecil akan merasakan suara anda. Selain itu, mengajak ngobrol janin akan mempererat ikatan anda dan buah hati anda.

Mengenali Kondisi Baby Bump

Sangat penting untuk mengenali kondisi baby bump anda.

  • Apabila anda merasa ada yang tidak beres dengan kehamilan anda, maka anda harus segera berkonsultasi pada dokter kandungan atau bidan.
  • Saat usia kehamilan 24 minggu si kecil dalam kandungan akan bergerak teratur. Anda tentunya akan terbiasa dan mengenali aktivitas si kecil dengan baik. Jadi, jika anda menyadari adanya perubahan terhadap pola gerak si kecil, anda bisa segera membicarakannya dengan dokter kandungan atau bidan.

Demikian beberapa cara merawat baby bump saat hamil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons