5 Cara Merangsang Panca Indera Bayi Saat Dalam Kandungan

Cara Merangsang Panca Indera Bayi Saat Dalam Kandungan – Panca indera merupakan alat perasa, yakni indera penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa tubuh dan pengecap rasa. Sejak masih berbentuk janin, sistem indera manusia sudah berkembang. Ketika bayi dilahirkan, panca indera sudah berfungsi, hanya saja belum berfungsi maksimal. Kelima panca indera ini dapat dirangsang sejak si kecil dalam kandungan.

Ketika memberikan stimulasi bayi, bahkan saat masih dalam kandungan sebaiknya jangan dilakukan dengan berlebihan. Pasalnya, jika terlalu banyak melakukan stimulasi justru akan mengganggu tumbuh kembang si kecil.

Cara Merangsang Panca Indera Bayi Saat Dalam Kandungan

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Sakit Maag Saat Hamil

Cara Merangsang Panca Indera Bayi Saat Dalam Kandungan

Nah, berikut ini cara yang dapat anda lakukan untuk menstimulasi panca indera bayi dalam kandungan.

Cara Merangsang Indera Pendengaran

Cara Merangsang Panca Indera Bayi Saat Dalam Kandungan

Ketika usia kehamilan 16 minggu, si kecil dalam kandungan sudah bisa mendengar suara ibunya dan sekitarnya. Si kecil dapat mengingat cerita atau kata-kata yang didengar ketika sudah lahir dan ia bisa mengenal suara sang ibu. Sebagai cara merangsang indera pendengaran, anda bisa melakukan cara berikut ini:

  • Anda dapat membacakan cerita untuk si kecil dalam kandungan. Ini merupakan kebiasaan baik yang akan membantu menstimulasi indera pendengaran. Si kecil bisa saja memberikan respon seperti bergerak atau menendang.
  • Selain itu, anda juga bisa memperdengarkan musik pada bayi dalam kandungan. Namun, hindari volume yang keras karena akan dapat berisiko untuk pendengaran si kecil.

Cara Merangsang Indera Perasa Bayi

Cara Merangsang Panca Indera Bayi Saat Dalam Kandungan

Bayi dalam kandungan akan dapat merasakan makanan yang ibunya konsumsi melalui plasenta. Makanan yang ibu hamil konsumsi, serta rasa-rasa dari makanan ini sedikit akan dapat berpengaruh terhadap selera makan si kecil saat sudah lahir nanti.

  • Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi tinggi.
  • Konsumsi juga makanan sehat seperti sayuran dan buah supaya si kecil menjadi terbiasa dengan rasa tersebut sejak ia masih dalam kandungan.

Cara Merangsang Indera Penciuman

Cara Merangsang Panca Indera Bayi Saat Dalam Kandungan

Bayi dalam kandungan akan dapat mencium wangi dari makanan yang ibunya konsumsi serta yang ibu cium wanginya semenjak usia kandungan 20 minggu. Berdasarkan sebuah studi, bayi yang baru lahir dapat memperlihatkan preferensi pada bau tertentu. Si kecil biasanya lebih cenderung menyukai aroma yang lezat dan lembut.

Sebagai cara menstimulasi indera penciuman si kecil, ketika hamil anda bisa menghirup banyak wangi makanan ataupun bunga yang lembut.

Indera Peraba

Saat usia 19 minggu dalam kandungan, bayi sudah sensitive terhadap stimulasi taktil. Stimulasi ini bisa dilakukan dari sentuhan, serta tekanan. Berdasarkan sebuah penelitian menunjukan bahwa si kecil akan merasakan hal yang terjadi di luar Rahim.

Anda dapat mencoba meletakan tangan pada perut dengan sedikit tekanan. Si kecil akan merasakan tekanan tersebut dan bisa saja ia memberikan respon.

Cara Merangsang Indera Penglihatan

Cara Merangsang Panca Indera Bayi Saat Dalam Kandungan

Ketika usia kehamilan anda mencapai 16 minggu, mata si kecil dalam kandungan akan dapat menangkap cahaya dari luar.

  • Nah, untuk menjaga supaya perkembangannya baik, anda bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi.
  • Sangat penting untuk menjauhi asap rokok karena akan berdampak untuk indra penglihatan si kecil.
  • Berjemur di luar ruangan akan membuat si kecil mengenali cahaya matahari, serta membantu dalam menstimulasi indera penglihatan si kecil.

Artikel lainnya : Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Itulah beberapa cara merangsang panca indera bayi dalam kandungan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply