6 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil – Masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi saat hamil dapat menjadi masalah kesehatan yang serius. Munculnya tekanan darah tinggi pada masa kehamilan dapat menjadi tanda preeklamsia.

Preeklamsia akan dapat menyebabkan si kecil lahir dengan berat badan rendah hingga menyebabkan masalah ginjal pada ibu hamil. Sehingga sangat penting bagi ibu hamil dengan tekanan darah tinggi untuk selalu melakukan konsultasi dan pemeriksaan rutin pada dokter. Jika tekanan darah tinggi tidak bisa terkontrol, maka dapat membahayakan keselamatan ibu dan bayi.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi saat hami.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi saat hamil. Sebelum melakukannya, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Yuk simak cara menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil berikut ini.

Mengurangi Stres

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil

Stres bisa dialami oleh siapa saja, termasuk oleh ibu hamil. Pada ibu hamil atau tidak, stres dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

  • Untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, sebaiknya anda mengelola stres dengan baik.
  • Anda bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan dan bikin rileks, seperti yoga, meditasi atau melakukan teknik pernapasan. Selain membantu mengurangi stres, namun kegiatan ini juga dapat membantu mengatasi nyeri persalinan.

Istirahat Cukup

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil

Ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi disarankan untuk istirahat yang cukup. Cara ini akan dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencukupi waktu dan kebutuhan istirahat guna mengendalikan tekanan darah tinggi saat hamil.

Mengurangi Asupan Garam

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil

Mengonsumsi garam yang terlalu banyak akan dapat menyebabkan masalah hipertensi. Oleh karena itu, untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi anda sebaiknya mengurangi asupan garam.

Tidak hanya mengurangi asupan garam saja, namun sebaiknya anda juga menghindari makanan olahan, makanan kaleng dan makanan cepat saji. Pasalnya, jenis makanan ini mengandung natrium cukup tinggi.

Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalium

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil

Kalium akan dapat membantu tekanan darah lebih stabil. Oleh karena itu, anda dapat mengonsumsi makanan yang tinggi akan kalium.

Makanan tinggi kalium bisa anda dapatkan dari biji-bijian utuh seperti gandum, kacang merah, kentang, pisang hingga tomat. Biji-bijian utuh kaya akan kandungan serat yang dapat membantu mengatasi masalah hipertensi.

Banyak Bergerak

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil

Seseorang yang kurang bergerak cenderung mempunyai tekanan darah tinggi. Lebih banyak bergerak bisa anda lakukan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Anda dapat menambahkan aktivitas fisik yang aman untuk ibu hamil. Tentunya harus konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Tidak hanya dapat menurunkan tekanan darah, namun banyak bergerak juga akan membantu mengurangi stres.
  • Anda dapat melakukan olahraga ringan 30 menit dalam setiap harinya. Beberapa olahraga ringan yang bisa dijadikan pilihan di antaranya berjalan atau berenang.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil

Mengonsumsi makanan sehat juga penting dilakukan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi selama hamil.

  • Anda bisa mengonsumsi buah dan sayuran lebih banyak.
  • Kurangi asupan lemak trans dan lemak jenuh. Adapun beberapa makanan yang mengandung lemak ini di antaranya yaitu daging olahan, mentega atau susu yang mengandung lemak.
  • Sebaiknya hindari juga mengonsumsi makanan instan selama anda hamil. Pasalnya, beberapa makanan instan tinggi akan kandungan gula dan natrium yang dapat berdampak buruk bagi janin dalam kandungan.

Itulah cara menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil. Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui cara yang tepat menurunkan tekanan darah saat hamil.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons