Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Tertular Virus Corona

Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Tertular Virus Corona – Coronavirus sudah menginfeksi banyak orang. Wabah ini disebabkan oleh coronavirus jenis baru,  yaitu novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Pertama kalinya infeksi virus Corona atau Covid-19 ini terjadi di Wuhan, Cina dan sekarang sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Agar terhindari dari infeksi ini, maka kita harus melakukan pencegahan. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, serta menjaga kebersihan. Nah, berikut ini tips menjaga kesehatan agar tidak tertular virus Corona.

Cara menjaga kesehatan agar tidak tertular virus corona

Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Tertular Virus Corona

Beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan supaya tidak tertular virus corona yaitu seperti berikut ini.

Rajin Mencuci Tangan Hingga Bersih

Banyaknya korban yang terinfeksi oleh virus Corona membuat seluruh masyarakat khawatir. Oleh karena itu, agar tidak tertular infeksi virus Corona yaitu dengan selalu menjaga kebersihan, salah satunya yaitu dengan rajin mencuci tangan hingga bersih. Cuci tangan dengan bersih menggunakan air dan sabun. Mencuci tangan akan membersihkan tangan dari berbagai kotoran, debu, virus dan bakteri. Anda dapat mencuci tangan selama 20 hingga 30 detik. Pastikan tangan anda dicuci hingga benar-benar bersih, termasuk pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, serta kuku. Jika sudah, anda bisa mengeringkan tangan anda dengan menggunakan tisu, mesin pengering tangan ataupun handuk yang bersih. Hanya saja, jika tidak ada sabun atau air, anda bisa membersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Anda bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60 %.

Anda harus mencuci tangan dengan teratur, terlebih lagi sebelum atau sesudah makan, setelah menggunakan kamar mandi, setelah batuk atau bersih, setelah menyentuh hewan, setelah membuang sampah dan lain sebagainya. Anda juga harus mencuci tangan sebelum menyusui buah hati anda.

Bersihkan Lingkungan di Sekitar Anda

Anda juga harus memperhatikan kebersihan di area sekitar anda. Selain memperhatikan kebersihan rumah, anda juga harus memperhatikan kebersihan kantor anda. Selalu pastikan jika area sekitar anda selalu dalam keadaan bersih. Anda bisa membersihkan benda-benda yang sering disentuh seperti meja, telepon, dapur, dan benda-benda yang lainnya.

Hindari Menyentuh Permukaan yang Disentuh Banyak Orang

Sebisa mungkin minimalisir menyentuh benda-benda yang sering disentuh oleh orang lain. Permukaan di tempat umum yang biasanya  disentuh banyak orang di antaranya yaitu pagar, gagang pintu, pegangan eskalator dan lain sebagainya yang memiliki potensi besar dalam menyebarkan virus, serta bakteri pada tangan anda.

Mengetahui seperti itu, maka sebaiknya hindari menyentuh permukaan-permukaan tersebut secara langsung. Sebagai cara alternatif anda bisa memanfaatkan tissue ketika hendak menyentuh permukaan tersebut.

Hindari Menyentuh Wajah Menggunakan Tangan Kotor

Hindari menyentuh wajah anda dengan tangan kotor. Jika anda ingin menyentuh bagian tersebut, sangat penting untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Keadaan tangan yang kotor akan dapat menyebabkan tersebarnya bakteri dan virus. Apabila tangan anda dalam kondisi kotor menyentuh mata, mulut dan hidung maka dapat menyebabkan bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh anda.

Memakai Masker

Untuk mencegah penularan virus Corona, terdapat beberapa tipe masker yang bisa digunakan di antaranya yaitu masker bedah, serta masker N95. Masker bedah ini umum digunakan, yakni masker sekali pakai. Masker ini harganya terjangkau dan mudah ditemukan, nyaman digunakan sehingga masker ini biasanya sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Perhatikan cara memakai masker bedah yang baik dan benar. Dimana sisi yang berwarna harus menghadap ke luar, sedangkan sisi dalam masker berwarna putih menghadap ke wajah, serta menutupi dagu, mulut dan hidung. Dimana bagian masker yang berwarna putih ini dibuat dari bahan yang bisa menyerap kotoran, serta menyaring kuman pada udara.

Walaupun penggunaan masker ini tidak sepenuhnya efektif untuk mencegah kuman, namun setidaknya masker ini akan menurunkan risiko terhadap penyebaran penyakit, termasuk virus Corona.

Masker N95 yaitu jenis masker yang dibuat khusus untuk bisa menyaring partikel bahaya dari udara. Untuk mencegah infeksi virus Corona, masker ini lebih direkomendasikan. Hanya saja, masker ini kurang nyaman jika digunakan untuk sehari-hari, selain itu harganya pun cukup mahal.

Hal lainnya yang harus diperhatikan dalam penggunaan masker yaitu cara melepaskannya. Lepaskan masker pada wajah dengan tidak menyentuh bagian depan masker yang anda gunakan. Pasalnya bagian depan masker tersebut penuh dengan bakteri atau virus yang menempel. Jika anda sudah melepaskan masker, anda harus mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan air dan sabun. Jika tidak ada air atau sabun, anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer.

Pertimbangkan Rencana Liburan

Di tengah wabah virus Corona ini, anda harus mempertimbangkan lagi rencana perjalanan atau liburan anda. Apalagi jika anda berencana pergi ke negara atau daerah yang terkena wabah virus ini. Guna mencegah penularan virus ini, maka sebaiknya anda menunda terlebih dahulu perjalanan anda.

Setelah Pulang Dari Luar Negeri Sebaiknya Tetap Berada di Rumah

Setelah anda bepergian dari luar negeri atau daerah yang terkena wabah virus ini, sebaiknya anda tetap berada di rumah anda. Anda harus diam di rumah setidaknya selama 14 hari. Pasalnya gejala yang ditimbulkan akibat virus Corona akan terlihat setelah 2 sampai 14 hari ketika seseorang tertular virus.

Istirahat di Rumah Jika Sedang Sakit

Jika anda merasa sedang sakit, sebaiknya anda istirahat di rumah. Anda sebaiknya tidak pergi ke kantor atau tempat lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan penyakit pada orang lain atau bahkan bisa saja anda yang tertular oleh penyakit dan membuat kondisi anda semakin parah sebab daya tahan tubuh anda tidak stabil.

Sebaiknya jika anda merasa kurang sehat, anda segera menemui dokter. Semakin cepat anda mendapatkan penanganan medis, maka semakin cepat pula anda kembali sembuh dan pulih.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk dilakukan guna mencegah penyakit. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, anda dapat mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta makanan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika diperlukan, anda dapat mengonsumsi suplemen sesuai dengan anjuran dokter.

Selain itu, anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, tidur yang cukup dan menghindari konsumsi minuman beralkohol.

Jangan Panik

Penyebaran virus Corona memang membawa kekhawatiran, namun sebaiknya anda jangan panik dan carilah informasi yang akurat. Agar semakin paham, anda bisa mencari informasi seputar virus Corona. Hanya saja, pastikan informasi yang anda dapatkan akurat, serta dari sumber yang terpercaya.

Demikian beberapa cara menjaga kesehatan agar tidak tertular virus Corona. Untuk mengetahui cara pencegahan yang tepat, anda juga bisa melakukan konsultasi pada dokter. Jika anda mengalami gejala flu seperti misalkan, pilek, batuk dan demam yang disertai dengan badan lemas dan sesak napas, maka anda bisa segera memeriksakan diri anda ke dokter.

 

Advertisement
Punya pertanyaan seputar tema artikel? yukk kita diskusikan, klik >> Forum Diskusi & Konsultasi

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply