6 Cara Menjaga Kehamilan yang Pernah Keguguran

Cara Menjaga Kehamilan yang Pernah Keguguran – Keguguran merupakan hal yang paling ditakuti oleh setiap pasangan. Oleh karena itu, ketika anda hamil lagi setelah mengalami keguguran, pastinya anda akan ekstra hati-hati untuk menjaga buah hati dalam kandungan. Nah, untuk menjaga kehamilan setelah keguguran, anda bisa simak beberapa tips di bawah ini.

Cara Menjaga Kehamilan yang Pernah Keguguran

 

Cara Menjaga Kehamilan yang Pernah Keguguran

Agar keguguran tidak lagi terulang, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar kehamilan tetap sehat setelah keguguran. Berikut cara menjaga kehamilan yang pernah keguguran.

Periksa Kehamilan dengan Rutin

Cara Menjaga Kehamilan yang Pernah Keguguran

Melakukan pemeriksaan kehamilan dengan rutin sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu kesehatan anda dan janin dalam kandungan akan tetap terjaga.

Periksa kehamilan dengan rutin sesuai yang dianjurkan oleh dokter anda. Ibu hamil mungkin dianjurkan untuk pemeriksaan hormon kehamilan tambahan. Ini dilakukan supaya perkembangan janin maupun kandungan terkontrol, serta kesehatan anda tetap terpantau selama masa kehamilan.

Jauhi Stres

Cara Menjaga Kehamilan yang Pernah Keguguran

Stres merupakan kondisi yang wajar dialami oleh setiap  orang, apalagi untuk anda yang pernah mengalami keguguran sebelumnya. Khawatir boleh saja, namun jangan sampai membuat anda stres. Apabila anda sampai stres, maka peluang keguguran lagi akan besar.

  • Oleh karena itu, hindari segala pikiran negatif yang menghantui anda.
  • Agar pikiran rileks dan tenang, serta terhindar dari stres, anda bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan.
  • Selain itu, anda  juga dapat membagi beban anda dengan suami anda. Ceritakan segala kekhawatiran yang anda rasakan agar anda lebih tenang.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara Menjaga Kehamilan yang Pernah Keguguran

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting untuk dilakukan sebagai langkah menjaga kehamilan setelah keguguran. Anda harus memperhatikan makanan yang anda konsumsi.

  • Makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi saat hamil yaitu buah, sayur, kacang-kacangan, ikan, daging rendah lemak, telur dan susu serta produk olahannya.
  • Sebaiknya anda menghindari konsumsi makanan cepat saji. Pasalnya, makanan cepat saji tidak mengandung nutrisi, tinggi akan kandungan garam dan tinggi akan kandungan gula.

Jauhi Kebiasaan Buruk

Cara Menjaga Kehamilan yang Pernah Keguguran

Beberapa kebiasaan buruk harus anda hindari seperti merokok dan minum alkohol. Ini dilakukan supaya keguguran tidak lagi terulang.

  • Hentikan kebiasaan merokok maupun konsumsi alkohol.
  • Selain itu, anda juga sebaiknya menghindari kebiasaan mengonsumsi kafein.

Menjaga Berat Badan

Cara Menjaga Kehamilan yang Pernah Keguguran

Apabila keguguran yang anda alami sebelumnya disebabkan karena masalah berat badan, dimana berat badan anda berlebih, maka dikehamilan berikutnya anda harus menjaga berat badan supaya tetap normal. Anda dapat berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui batasan berat badan normal ketika hamil.

  • Untuk mengontrol berat badan saat hamil, anda harus memperhatikan porsi makan. Sebaiknya anda makan dengan porsi kecil namun sering.
  • Kemudian pilihlah menu makanan yang sehat.
  • Hindari makanan-makanan tidak sehat yang akan menambah kenaikan berat badan dengan cepat.

Mengonsumsi Vitamin Prenatal

Cara Menjaga Kehamilan yang Pernah Keguguran

Untuk menjaga kehamilan, vitamin prenatal dengan kandungan asam folat bisa menjadi pilihan yang tepat. Vitamin prenatal itu sendiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil. Vitamin prenatal dengan kandungan asam folat berperan untuk perkembangan otak, serta saraf si kecil.

Anda harus minum vitamin prenatal sesuai resep dan anjuran dari dokter.

Lihat juga : 5 Tips Mengatasi Lemas Saat Hamil Muda

Itulah beberapa cara menjaga kehamilan yang pernah keguguran. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons