data-ad-format="auto"

Cara Menjaga Kehamilan Kembar hingga Menjelang Persalinan

Bagi sebagain calon ibu, kehamilan kembar sangat dinanti akan tetapi taukah anda bahwa kehamilan kembar memerlukan perawatan dan persiapan yang lebih ekstra dibandingkan kehamilan tunggal.Inilah cara menjaga kehamilan kembar yangn dapat dilakukan oleh ibu hamil .

Dianugrahi kehamilan kembar sangat membahagiakan meskipun beberapa ibu khawatir akan mengalami kerepotan ketika harus hamil kembar. Ibu tidak perlu khawatir kehamilan kembar apabila dijalani dengan prosedur yang benar dan tepat akan membahagikan dan menyenangkan .

Di luar sana, kehamilan kembar menjadi idamana calon ibu. Selain dapat sekaligus mendapatkan buah hati lebih dari satu, ibu hamil akan merasakan kelelahan dalam waktu yang bersama dibandingkan harus mengandung tunggal.Tangisan bayi akan mengobati kelelahan ibu ketika mengandung. Hanya saja kehamilan kembar selain faktor keturunan juga dipengaruhi oleh beberapa kondisi .

Kondisi pertama adalah konsepsi yang digunakan. Salah satu cara untuk mendapatkan kehamilan kembar adalah anda dapat dengan menghentikan pil kontrasepsi atau lebih dikenal dengan pil Kb. Pil kontrasepsi ini apabila dihentikan akan mengeluarkan hormon yang tidak keluar ketika mengunakan kontrasepsi dengan demikian ovarium akan mengelurkan banyak sel telur yang dapat membuat kehamilan kembar berpeluang lebih besar .

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Faktor yang paling menentukan kehamilan kembar adalah genetik, meskipun demikian wanita yang menikah pada usia yang matang  (25 tahun keatas) lebih berpeluang mengandung anak kembar . Kemudian kehamilan kembar juga berpeluang lebih tinggi pada ibu hamil dikehamilan kedua atau ketiga . Sehingga peluang kehamilan kembar semakin meningkat .

Selanjutnya pada wanita yang mengkonsumsi umbi-umbian. Konsumsi umbi-umbian seperti singkong dan ubi jalar dapat membuat peluang memiliki bayi kembar .Anda dapat memiliki kesempatan anak kembar lebih besar terlebih apabila memiliki keturunan  anak kembar .

Kebutuhan Nutrisi Untuk Kehamilan Kembar

Mengandung bayi kembar membutuhkan perawatan yang ekstra, salah satu diantaranya adalah dari kebutuhan nutrisi. Hal ini berhubungan dengan kebutuhan dua janin didalam tubuh yang harus dipenuhi secara seimbang.

Pada kehamilan kembar, ibu hamil memerlukan 300 kalori perhari setiap bayi didalam kandungan, sehingga dua janin memerlukan 600 kalori.

Konsumsi makanan yang bergizi dikehamilan kembar ini merupakan kundi agar kehamilan berlajalan dengan lancar dan sehat. Konsumsi makanan dapat anda buat jadwal seperti mengkonsumsi makanan lima kali sehari dengan porsi yang disesyaikan

Apabila anda kesulitan untuk menentukan kebutuhan nutrisi yang seimbang. Anda dapat melihat dari berat badan ideal sebagai tolak ukurnya. Pada kehamilan kembar, anda harus dapat menambahkan berat badan kurang lebih 15-20 kg.

Salah satu cara yang dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter dalam mencapai berat badan ideal sehingga dokter akan menyarankan saran yang terbaik sesuai dengan kondisi kandungan.

Kebutuhan Olahraga Untuk Kehamilan Kembar

Meskipun kehamilan kembar akan membuat anda kerepotan bukan berarti tidak melakukan olahraga. Konsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mendukung olahraga yang dipilih sesuai kondisi kehamilan anda.

Bagi ibu hamil yang aktif dan sehat selama kehamilan,olahraga dapat dilakukan dengan hati-hati.Beberapa olahraga seperti berjalan, berenang ataupun yoga dilakukan sesuai dengan usia kehamilan dan kondisi ibu hamil.Sedagkan bagi ibu hamil yang bermasalah dengan kehamilan maka dilakukan olahraga yang ringan dan tidak membuat ibu kerepotan.

Olahraga yang dipilih tidak memberatkan ibu hamil,ketika kondisi ibu hamil mudah lelah maka disarankan untuk beristirahat ketika sedang melakukan olahraga. Selain itu penuhi cukupi air yang sangat penting untuk menghindari ibu hamil mencegah dehidrasi.

Olahraga memiliki manfaat bagi ibu hamil, hanya saja bagi ibu hamil yan merasakan pusing, jantung yang berdetak cepat segera untuk menghentikan olahraga. Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut.

Pemeriksaan Kehamilan Untuk Kehamilan Kembar

Bagi ibu hamil yang menjalani kehamilan kembar tidak perlu khawatir. Kehamilan kembar seringkali berisiko terkena banyak masalah hanya saja beberapa tes dibawah ini akan membantu ibu hamil dalam menghadapi kehamilan kembar.

Berikut adalah test yang perlu dijalani semasa kehamilan kembar :

1. Melakukan pengecekan urin dimaksudkan untuk mengetahui kelainan gestational diabetes ,infeksi saluran urin dan juga preeklamsia. Pengecekan ini berdasarkan tekanan darah untuk mengetahui kelainan yang disebabkan tekanan darah tinggi.

2.Kehamilan kembar yang berisiko lebih tinggi anemia sehingga disarankan bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan darah secara berkala. Pada kehamilan minggu ke 20,mingggu ke-24 dan juga minggu ke-28.

Selanjutnya adalah test darah yang dilakukan untuk mengetahui kelainan genetik selama kehamilan anda. Salah satu  ketika janin mengalami sindrom down yang dialami oleh janin.Pemeriksaan yang tidak kalah penting adalah ketika usia kehamilan muda untuk mengetahui gejala salah satunya adalah syndrom down yang dialami oleh janin.

Berikutnya yang tidak kalah adalah test darah yang menyarankan dengan menggunakan  nuchal translucency scan dalam mengetahui kelainan kehamilan lainnya. NT scan biasanya akan dilakukan ketika kandungan menginjak usia kehamilan di minggu ke-11 sampai usia kehamilan minggu ke-13.

Pemeriksaan untuk mengetahui tumbuh kembang janin dapat dilakukan dengan ultrasound scan atau lebih dikenal dengan USG sebagai salah satu cara mengetahui usia kehamilan, kesehatan perkembangan dan pertumbuhan janin yang sehat sesuai usia kehamilan dan lainnya.

Bagaimana Menjaga Kehamilan Kembar hingga Menjelang Persalinan ?

Kehamilan kembar dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur. Sehingga kebanyakan kehamilan kembar lahir pada usia kehamilan 32-37 minggu. Inilah cara yang dilakukan untuk mencegah kelahiran prematur pada kehamilan kembar :

1.Langkah sikap dan gaya hidup selama kehamilan sangat penting untuk mengurangi risiko kehamilan prematur. Untuk menghindari terjadinya kelahiran prematur, gaya hidup sehari-hari bunda harus mnencukupi olahraga dan istirahat .

2.Mengurangi rasa khawatir yang akan membebani ibu hamil sehingga mengurangi risiko gangguan kehamilan yang lebih tinggi. Anda bisa bersikap siaga dan tenang dengan berkonsultasi dengan dokter  untuk menghindari kelahiran prematur.

3.Plasenta pada kehamilan kembar dibagi menjadi dua jenis yaitu kehamilan yang memiliki dua plasenta untuk masing-masing bayi,sedangkan yang kedua adalah kehamilan dengan satu plasenta yang dibagi menjadi dua bayi. Apabila ibu dengan kehamilan kembar satu plasenta yang dibagi pada dua janin maka harus lebih ekstra memperhatikan kehamilan kembar menjelang persalinan.

Dengan demikian bagi ibu hamil dengan kehamilan kembar, maka anda dapat ekstra menjaga kehamilan dengan cara yang tepat. Meskipun demikian setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda-beda pada setiap individu. Sehingga penting untuk ibu hamil melakukan pemeriksaan rutin dan berkonsultasi pada dokter kandungan atau bidan untuk menjaga kehamilan kembar.

Beberapa perawatan kehamilan bertujuan mengoptimalkan tumbuh kembang janin kembar hingga menjelang persalinan. Sehingga menggurangi risiko terjadinya persalinan prematur, gangguan menjelang persalinan atau ketika persalinan berlangsung pada ibu hamil dan juga menganggu janin di dalam kandungan .

Loading...

Follow us