data-ad-format="auto"

Cara Menjaga Kehamilan

Selamat bagi anda yang baru saja mendapatkan kabar gembira,dinyatakan positif hamil. Kebahagian yang tidak terkira dimana kehamilan yang sudah anda tunggu-tunggu akhirnya datang juga.

Anda dapat mempersiapkan diri untuk menjaga kehamilan hingga hari bersalin tiba.Menjaga kehamilan bagi setiap ibu hamil berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi dan riwayat kesehatan ibu hamil.Hal inilah mengharuskan anda untuk senantiasa memeriksakan diri dan berkonsultasi kepada dokter kandungan atau bidan sehingga dapat menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan.

Menjaga kehamilan dapat dibagi berdasarkan kategori usia kehamilan. Bagi wanita yang baru memasuki usia 1-3 bulan atau disebut juga dengan istilah trimester pertama membutuhkan adaptasi baik fisik maupun psikis selama kehamilan. Sedangkan bagi kehamilan 4-6 bulan akan terasa dalam perubahan fisik, dimana perut semakin membesar yang menimbulkan keluhan selama kehamilan.Terakhir adalah ketika memasuki usia kehamilan 7-9 bulan untuk mempersiapkan diri menunggu hari kelahiran sang buah hati.

Dengan demikian menjaga kehamilan dilakukan dari awal terjadi tanda kehamilan hingga hari kelahiran tiba membutuhkan wawasan, dukungan motivasi dari suami dan juga konsultasi dengan bidan dan dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan kesehatan ibu dan janin.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

cara menjaga kehamilan

Inilah yang dapat anda lakukan untuk menjaga kehamilan dari awal hingga hari bersalin tiba :

Menjaga Kehamilan Trimeseter Pertama

Kehamilan trimester pertama atau kehamilan muda memiliki risiko besar. Pada kehamilan trimester pertama resiko terbesar adalah keguguran, prosentase keguguran pada trimester pertama mencapai 40%.Penyebab dari keguguran trimester pertama dapat disebabkan karena kesehatan ibu atau janin. Oleh karena itu beberapa cara menjaga kehamilan trimester pertama berikut ini boleh anda coba.

Perhatikan Nutrisi

Memperhatikan nutrisi penting dilakukan bahkan jauh-jauh hari sebelum anda dinyatakan hamil. Salah satu contohnya adalah kebutuhan asam folat yang membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan janin di awal kehamilan.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin merupakan salah satu cara dalam menjaga kehamilan muda. Makanan dan minuman yang mengandung suplai vitamin tertentu dapat membantu dalam menjaga pertumbuhan janin.

Selain kandungan asam folat yang dibutuhkan janin diawal pembentukan janin zat besi tidak kalah penting untuk ibu hamil di trimester pertama. Kekurangan zat besi akan berakibat fatal, yaitu beresiko tinggi mengalami keguguran ataupun kelahiran prematur.

Adapun makanan  yang dibutuhkan di trimester pertama diantaranya adalah sayuran,buah,ikan,susu,sereal dan kacang-kacangan.

Selanjutnya untuk menjaga kehamilan muda yang terpenting adalah dengan menjaga aktivitas. Anda harus dapat menyeimbangkan aktivitas dan istirahat.Pada kehamilan muda rasa tidak nyaman ditimbulkan karena adanya adaptasi dari tubuh terhadap hormon yang berlangsung. Istirahat yang cukup akan membantu ibu mengalami rasa nyaman selama kehamilan muda.

Menghindari kebiasaan buruk yang akan berpengaruh pada janin, hindari asap rokok atau rokok aktif.Hindari juga bahan kimia yang berbahaya begitu dengan dengan obat-obatan yang akan berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan janin.

Menjaga Kehamilan Trimester Kedua

Tips menjaga kehamilan di trimester kedua yaitu dengan menyikapi perubahan fisik yang dialami oleh ibu hamil.Perubahan yang terjadi diantaranya adalah timbulnya gangguan pencernaan, sulit buang air besar bahkan hingga sulit bergerak karena berat badan yang semakin bertambah.

Menjaga kehamilan pada trimester kedua dengan memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil diantaramya yang bersumber dari berbagai jenis makanan terutama yang mengandung zat besi.

Hindari pula makanan yang mentah dan setengah matang untuk mengurangi risiko terserang virus dan bakteri dari makanan ke dalam tubuh janin .

Pada trimeseter kedua ibu hamil seringkali mengeluhkan sakit badan, bengkak dan aliran darah yang tidak lancar. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mandi menggunakan air hangat sehingga ibu dapat rileks dan tidak mudah kejang yang dapat meminimalisir timbulnya kram .

Selain itu mengganti posisi ketika mengambil benda yang lebih rendah yaitu dengan berjongkok.Ketika ibu membungkuk akan memberikan tekanan pada saluran ketuban dan menyumbat asupan nutrisi ataupun udara pada janin. Sehingga berjongkok adalah cara terbaik yang disarankan .

Di trimester kedua yang harus dilakukan adalah dengan menjaga dan merawat kehamilan melalui olahraga yang sesuai dengan ibu hamil.Olahraga ringan diantaranya adalah jalan pagi hari , senam khusus ibu hamil, yoga untuk ibu hamil atau berenang yang dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan .

Menjaga Kehamilan Trimester Ketiga

Pada trimester ketiga selain makanan yang harus dijaga, Banyak mengandung makanan berkadar tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan penumpukan garam sehingga menyumbat aliran darah pada daerah kaki.

Selain itu posisi tidur sangat penting untuk diperhatikan. Kehamilan yang semakin membesar menyulitkan ibu ketika istirahat,posisi yang tepat adalah dengan menyamping ke sebelah kiri dan membantu melancarkan peredarah darah ibu hamil.

Perbanyak istirahat sehingga mampu menyimpan energi menjelang persalinan.Selain itu olahraga yang dapat membantu persalinan seperti yoga atau senam bagi ibu hamil dapat membantu dalam menjaga kehamilan di trimester akhir untuk mempermudah persalinan normal.

Bagi anda yang seringkali mendapatkan keluhan selama kehamilan, konsultasikan dengan dokter anda untuk dapat mengetahui secara dini penyebab terjadinya keluhan sebagai tanda normal atau abnormal pada kehamilan anda.

Menjaga kehamilan pada masing-masing usia kehamilan disimpulkan dengan menjaga kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Kebutuhan nutrisi akan berbeda-beda sesuai dengan usia kehamilan, pada trimester pertama diperlukan asam folat untuk membentuk janin sempurna.Trimester kedua dengan kebutuhan zat besi untuk mencegah terjadinya anemia. Sedangkan pada trimester akhir membutuhkan makanan dan minuman yang dapat menambah energi.

Olahraga khusus ibu hamil dapat dilakukan dari awal hingga menjelang persalinan, bagi anda yang memiliki riwayat kesehatan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui olahraga yang sesuai dan tidak membahayakan kesehatan janin dan ibu hamil.

Konsultasi dengan dokter dilakukan dari awal kehamilan hingga menjelang persalinan untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin. Anda juga dapat meminta dalam bentuk visual pergerakan janin ke dokter kandungan atau bidan. Ahli medis akan menggunakan USG untuk mengetahui perkembangan, pertumbuhan dan usia janin .

Anda juga dapat menambah wawasan anda seputar kehamilan sehingga mempersiapkan diri untuk tetap mengetahui perkembangan kehamilan. Selain itu penting bagi anda untuk berbagi pengalaman dengan mengikuti beberapa forum kehamilan yang bisa akses melalui akun jejaring sosial anda.

Dengan demikian cara menjaga kehamilan dapat dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan dan tetap memperhatikan kesehatan fisik dan psikis ibu dan janin. Bagi anda yang ingin mengetahui tips dan cara seputar kehamilan, anda dapat membaca artikel kami selan jutnya cara mengetahui kehamilan,cara menghitung kehamilan dan tips dan cara lainnya.

Loading...

Follow us