4 Cara Menjaga Kadar Hb Saat Hamil

Cara Menjaga Kadar Hb Saat Hamil – Menjaga kadar hemoglobin atau Hb tetap normal sangat penting dilakukan agar ibu hamil dan bayi dalam kandungan tetap sehat. Hemoglobin itu sendiri yaitu protein dalam darah yang memiliki fungsi membawa oksigen dari paru-paru pada seluruh tubuh. Tidak hanya menyuplai oksigen dalam tubuh, namun di masa kehamilan hemoglobin juga memiliki peran untuk menyalurkan oksigen pada janin.

Hanya saja, selama masa kehamilan penurunan kadar Hb kerap terjadi. Adapun penyebab Hb rendah pada ibu hamil di antaranya yaitu karena kekurangan nutrisi hingga masalah kesehatan tertentu. Nah, untuk mencegah kadar Hb turun, beberapa cara berikut ini dapat dicoba.

Cara Menjaga Kadar Hb Saat Hamil

Cara Menjaga Kadar Hb Saat Hamil

Agar kadar Hb saat hamil tetap normal, beberapa cara dapat dilakukan ibu hamil seperti berikut ini.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Cara Menjaga Kadar Hb Saat Hamil

Memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, nutrisi yang terpenuhi juga akan mencegah penurunan kadar Hb.

  • Nah, kadar Hb itu sendiri memiliki kaitan erat dengan zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Agar tidak kekurangan zat tersebut, maka ibu hamil dapat mengonsumsi sayuran hijau seperti selada, bayam, brokoli dan kubis.
  • Selain itu, aneka jenis buah-buahan seperti alpukat, jeruk, kiwi dan melon dapat dijadikan pilihan.
  • Sumber zat besi terbaik bisa anda dapatkan dari aneka jenis makanan seperti ikan, daging, tahu, sereal, telur dan kacang-kacangan. Dengan mengonsumsinya secara rutin akan memenuhi kebutuhan zat besi harian saat hamil, serta membantu mencegah kadar Hb mengalami penurunan.
  • Saat akan mengonsumsi ikan, daging dan aneka produk olahannya anda harus memastikan makanan tersebut sudah diolah sampai benar-benar matang.

Istirahat dengan Cukup

Cara Menjaga Kadar Hb Saat Hamil

Tidak hanya mengonsumsi aneka jenis makanan sehat saja, namun untuk mencegah Hb turun anda juga harus mencukupi waktu istirahat. Selain itu, istirahat yang cukup juga akan dapat membuat tubuh tetap bugar.

  • Anda harus melakukan kegiatan atau aktivitas sesuai dengan kemampuan.
  • Jangan melakukan kegiatan yang berat.
  • Pastikan anda banyak istirahat disela-sela aktivitas yang dilakukan.

Lakukan Pemeriksaan Rutin Pada Dokter

Cara Menjaga Kadar Hb Saat Hamil

Melakukan pemeriksaan pada dokter ketika hamil harus dilakukan dengan rutin. Ini dilakukan agar kondisi anda dan janin dalam kandungan tetap terjaga dan terpantau dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan anda tidak melewatkan jadwal pemeriksaan rutin pada dokter. Dokter mungkin akan memberikan suplemen yang bisa dikonsumsi dengan teratur supaya kebutuhan nutrisi yang anda butuhkan saat hamil bisa dengan optimal terpenuhi.

Baca juga : Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Tua

Minum Susu

Cara Menjaga Kadar Hb Saat Hamil

Minum susu dengan rutin juga akan membantu menjaga kadar Hb tetap normal saat hamil. Beberapa produk susu diketahui telah diformulasikan khusus untuk menambah nutrisi ketika hamil.

  • Pastikan anda memilih produk susu yang telah dipasteurisasi supaya bebas dari bakteri penyakit dan kuman.
  • Sebelumnya anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter mengenai produk susu yang tepat untuk menjaga kadar Hb selama hamil.

Itulah beberapa cara menjaga kadar Hb pada ibu hamil. Kadar Hb yang rendah akan dapat menimbulkan gejala seperti cepat lelah, pusing, sesak napas, kulit nampak pucat dan denyut jantung tidak teratur. Jika anda mengalami gejala ini, sebaiknya segera periksakan kondisi anda pada dokter.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons