5 Cara Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil Secara Alami

Cara Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil – Setiap pasangan yang sudah menikah tentu sangat mendambakan kehadiran sang buah hati. Beberapa pasangan ada yang cepat dikaruniai buah hati, namun ada juga pasangan yang harus menunggu cukup lama dalam menantikan kehadiran buah hati.

Agar cepat hamil, cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berikut ini cara meningkatkan kesuburan agar cepat hamil yang dapat anda ikuti.

Cara Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Cara Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil Secara Alami

Cara meningkatkan kesuburan agar cepat hamil dengan menerapkan kebiasaan baik seperti berikut ini.

Lihat juga : Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Gizi Seimbang

Cara Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Ketika menjalankan program hamil bersama pasangan, anda harus mempersiapkan tubuh anda dan pasangan. Tubuh yang sehat dan ternutrisi akan menjadi tempat yang baik untuk pembuahan dan kehamilan.

  • Anda dapat memulai mengonsumsi biji-bijian, sayuran dan buah-buahan berwarna-warni dalam setiap harinya.
  • Selain itu, anda juga dapat menambahkan asupan lemak sehat seperti asam lemak omega 3. Anda bisa mengonsumsi salmon sebanyak 1 hingga 2 kali dalam per minggu atau mengonsumsi telur yang sudah difortifikasi dengan DHA.
  • Hindari lemak trans. Daripada hewani anda dapat memperbanyak protein dari nabati. Anda bisa mendukung dengan mengonsumsi 1 porsi lemak hewani yang didapatkan dari produk olahan susu perharinya.

Batasi Asupan Kafein dan Alkohol

Cara Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Minum kopi menjadi hobi yang tidak bisa ditinggalkan oleh beberapa orang. Memang nikmat, namun akan berdampak negatif untuk pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.  Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa kafein memiliki kontribusi pada masalah kesuburan, baik pada pria ataupun wanita.

Oleh karena itu, sebagai cara meningkatkan kesuburan sebaiknya anda membatasi asupan kafein. Selain kafein, anda juga sebaiknya menghindari alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan akan menyebabkan gangguan pada menstruasi, ovulasi serta kelainan lapisan endometrium.

Kelola Berat Badan

Cara Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Kelebihan atau kekurangan berat badan akan dapat membuat kesuburan terpengaruh. Wanita yang memiliki berat badan kurang, membutuhkan usaha 4 kali lipat supaya dapat hamil dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan normal.

Sedangkan wanita yang memiliki berat badan berlebih kemungkinan mempunyai resistensi insulin. Yang mana terlalu banyak insulin akan dapat mengganggu menstruasi. Selain itu, produksi estrogen pada sel lemak akan dapat membuat ovarium terpengaruh, serta produksi sel telur akan terhambat dalam setiap bulannya.

Sebagai cara cepat hamil anda harus dapat mengelola berat badan dengan baik. Terapkan pola makan yang sehat. Tidak hanya usaha menurunkan atau meningkatkan berat badan saja, namun anda harus mengelola kebiasaan makan sehat dan olahraga

Mengelola Stres

Cara Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Stres bisa dialami oleh siapa saja. Stres akan dapat mengganggu kesehatan. Stres bisa membuat kadar kortisol meningkat. Meningkatnya level stres yang anda alami akan dapat membuat peluang untuk hamil berkurang.

  • Untuk anda yang sedang menjalankan program hamil maka anda harus bisa menjauhi stres.
  • Anda juga bisa mencoba melakukan meditasi atau yoga untuk membantu mengurangi kecemasan dan ketegangan.
  • Selain itu, anda bisa melakukan kegiatan favorit yang menyenangkan untuk membantu mengatasi stres yang dialami.
  • Jika anda merasa tidak mampu mengatasinya sendiri, anda bisa meminta bantuan dokter untuk mengendalikan stres yang dialami.

Mengonsumsi Suplemen

Cara Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Mengonsumsi suplemen juga dapat menjadi cara meningkatkan kesuburan yang dapat anda lakukan. Namun, anda harus mengkonsultasikannya pada dokter.

Konsultasikan pada dokter mengenai perlu atau tidaknya anda mengonsumsi multivitamin, serta suplemen prenatal selama menjalankan program hamil. Mengonsumsi suplemen dengan kandungan asam folat akan mengurangi risiko cacat lahir janin.

Baca juga : Tips Cepat Hamil Setelah Haid yang Dapat Anda Lakukan

Itulah beberapa cara meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai cara meningkatkan kesuburan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply