5 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil dengan Mudah

Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil – Ketika hamil ibu akan mengalami kenaikan berat badan. Namun, ibu hamil tetap harus dapat mengontrolnya dengan baik. Pasalnya, berat badan yang meningkat dengan berlebihan dan tidak terkontrol akan dapat menyebabkan terpengaruhnya kesehatan ibu maupun janin.

Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil dengan Mudah

Kenaikan berat badan ibu hamil harus dikontrol dengan baik untuk menghindari risiko masalah kesehatan yang dapat terjadi. Beberapa cara berikut ini dapat diterapkan untuk mengontrol berat badan.

Baca juga : Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Perhatikan Porsi Makan

Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Memperhatikan porsi makan saat hamil sangat penting dilakukan. Menjaga porsi makan adalah salah satu cara untuk kehamilan lancar dan menjaga kesehatan ibu hamil serta bayi dalam kandungan. Porsi makan yang ideal untuk ibu hamil menjadi kunci agar tidak mengalami kenaikan berat badan berlebih ataupun kekurangan berat badan.

Sebagai cara mengontrol berat badan saat hamil anda bisa mengubah kebiasaan makan dalam porsi besar menjadi makan dalam porsi kecil namun sering.

Konsumsi Makanan Sehat

Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Selain porsi makan yang harus diperhatikan, anda juga harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.  Perhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Sebagai cara mengontrol berat badan, ibu hamil dianjurkan makan makanan sehat. Adapun makanan sehat yang direkomendasikan untuk ibu hamil beragam, mulai dari karbohidrat yang bisa didapatkan dari sereal, nasi atau pasta. Protein yang bisa didapatkan dari telur, kacang atau ikan. Hingga lemak baik dari minyak zaitun atau jagung.
  • Selain itu, hal yang tidak kalah penting lainnya yaitu mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dalam setiap harinya. Kedua makanan ini mengandung mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh.

Kendalikan Nafsu Makan Ketika Ngidam

Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Ngidam merupakan istilah saat ibu hamil ingin mengonsumsi makanan maupun minuman tertentu. Walaupun saat hamil kebutuhan nutrisi meningkat, namun bukan berarti ibu hamil bisa mengonsumsi apa saja tanpa ada aturan. Ibu hamil justru harus hati-hati dalam mengelola nafsu makan, serta harus membatasi porsi makanan tertentu. Sebab makan dengan berlebihan tidak baik bagi kesehatan ibu maupun janin.

Oleh karena itu, sebagai cara mengontrol berat badan saat hamil anda harus dapat mengendalikan nafsu makan. Selain itu, anda juga harus memilih makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi, serta apa yang harus dibatasi atau bahkan dihindari. Jika diperlukan, anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah makanan dan minuman yang anda inginkan boleh dikonsumsi atau tidak.

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Mencukupi kebutuhan cairan dalam setiap harinya akan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, minum banyak air putih juga akan membantu ibu hamil untuk mengontrol berat badan.

Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, ibu hamil disarankan untuk minum air putih yang banyak yaitu sekitar 2,5 hingga 3 liter dalam setiap harinya. Namun, anda juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan anda sendiri. Selain itu, anda juga bisa berkonsultasi pada dokter atau bidan untuk mengetahui jumlah air putih yang disarankan, karena kebutuhan cairan pada setiap ibu berbeda, karena kondisi kehamilannya juga berbeda-beda.

Melakukan Olahraga dengan Rutin

Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Melakukan olahraga dengan rutin akan dapat membantu mengontrol berat badan saat hamil. Namun, anda harus lebih berhati-hati saat melakukan olahraga ketika hamil. Nah, beberapa tips ini harus diperhatikan.

  • Pilihlah olahraga yang aman untuk ibu hamil. Anda dapat melakukan olahraga yang ringan dan disarankan untuk ibu hamil.
  • Sebelum memulai berolahraga anda harus melakukan konsultasi dengan dokter. Cari tahu juga olahraga apa yang disarankan untuk anda. Pasalnya ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda, sehingga pilihan olahraganya pun mungkin akan berbeda-beda.
  • Jangan memaksakan diri. Anda dapat berhenti saat mulai merasa lelah.

Lihat juga : Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Itulah cara mengontrol berat badan saat hamil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply