Cara Mengobati Darah Tinggi Mandiri

5/5 (2)

Setiap orang tentu mendambakan memiliki tubuh yang sehat dengan kondisi badan yang fit dan bugar. Segala ancaman penyakit yang menyerang tubuh tentu akan dapat melumpuhkan kesehatan dan membuat aktivitas serta rutinitas yang dijalankan menjadi terkendala karena tubuh yang sakit membuat anda lemas dan tak berenergi untuk dapat melakukan segudang aktivitas seperti sediakala. Selain itu, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan berbagai faktor kehidupan jelas akan meningkat pula. Hanya saja, ketika tubuh anda sakit maka anda akan kehilangan kemampuan produktif dan menurunkan kualitas hidup anda.

Darah tinggi memang menjadi penyakit yang jamak ditemui di Indonesia. Dalam istilah medis, kondisi kesehatan ini disebut dengan tekanan darah tinggi. Menurut The Joint Committee on Detection, Evaluation and Treatment of High Blood Pressure menjelaskan bahwa penderita tekanan darah tinggi tidak hanya menyerang orang dewasa dengan usia lebih dari 40 tahun atau mereka para lansia. Anak remaja dengan usia 18 tahun pun beresiko mengalami dan menderita kondisi keluhan kesehatan yang sama.

Ketika anda atau orang sekitar anda menderita tekanan darah tinggi tentu saja masalah ini tidak dapat diabaikan atau dianggap sebelah mata begitu saja. Hal ini dikarenakan tekanan darah tinggi menjadi keluhan tekanan darah tinggi yang kronis yang apabila dibiarkan begitu saja akan fatal akibatnya. Diperlukan penanganan dengan segera mengenai kondisi kesehatan yang satu ini. Tentunya tekanan darah yang tinggi akan membuat siapa saja merasa khawatir. Nah, dibawah ini adalah beberapa cara mengobati tekanan darah tinggi.

Cara Mengobati dan Mengatasi Tekanan darah tinggi Mandiri

Penderita tekanan darah tinggi membutuhkan perubahan gaya hidup yang sulit dilakukan dalam jangka pendek. Artinya, pengobatan tekanan darah tinggi tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat melainkan perlu dilakukan dalam jangka panjang dengan merubah pola gaya hidup dengan pola yang lebih baik. Selain itu, pada dasarnya faktor yang menentukan dan membantu kesembuhan adalah diri sendiri. Upaya pengobatan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan pengobatan non-medik, termasuk dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan dapat dilakukan dirumah dengan mudah. Nah, dibawah ini adalah beberapa pengobatan dan cara mengatasi tekanan darah tinggi mandiri.

1. Mengontrol Pola Makan

Hal pertama yang dapat dilakukan dalam rangka penanganan tekanan darah tinggi adalah dengan mengontrol pola makan sebab apa yang anda konsumsi adalah apa yang akan menentukan kondisi kesehatan anda. Menurut American Heart Association menyarankan konsumsi garam sebanyak satu sendok per harinya. Sementara itu, kebutuhan lemak pada penderita tekanan darah tinggi amatlah sangat kecil, anda disarankan mengkonsumsi kurang dari 30% lemak dari konsumsi kalori setiap harinya. Lemak tersebut akan dibutuhkan untuk menjaga organ ubuh agar tetap bekerja dan berfungsi dengan baik.

Untuk itulah, mulai saat ini kurangi dengan segera konsumsi garam dalam konsumsi makanan anda sehari-hari. Perhatikan pula konsumsi makanan berlemak yang diasup dari konsumsi makanan sehari-hari. Hindarkan konsumsi junkfood atau keripik dengan kandungan garam yang terlalu banyak. Sebab kondisi ini malah akan semakin memperburuk kondisi tekanan darah yang anda alami saat ini.

2. Tingkatkan Konsumsi Potasium dan Magnesium

Pola makan yang rendah akan kandungan potasium dan magnesium disebut-sebut menjadi pemicu munculnya tekanan darah yang tinggi. Adapun manfaat dari kedua bahan ini bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi buah dan sayur sebagai menu makanan sehari-hari anda. Tidak heran bila anda berkonsultasi dengan dokter maka dokter akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi buah dan sayur untuk mengatasi tekanan darah yang tinggi agar dapat menurun dengan perlahan dan kembali pada ukuran yang normal.

Oleh karenanya, ganti segala jenis makanan yang kurang sehat dirumah anda dengan buah dan sayur. Selain itu, jenis makanan sehat ini dapat anda jadikan sebagai makanan utama atau dijadikan cemilan sehat untuk mengisi waktu luang diantara waktu makan anda.

3. Konsumsi Makanan Jenis Padi-Padian

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrision menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi sedikitnya satu porsi sereal dari jenis padi-padian dalam konsumsi makanan hariannya memiliki kemungkinan yang amat kecil bahkan hingga 0 sampai dengan 20 persen untuk terkena dengan penyakit jantung. Seperti yang kita pahami sebelumnya, kondisi tekanan darah tinggi yang tidak segera diatasi akan dapat menyebar dan berkembang menjadi keluhan penyakit lainnya yang berbahaya seperti penyakit jantung. Untuk itulah, meminimalisir kondisi tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi dengan konsumsi makanan yang sehat sejenis sereal padi-padian adalah hal penting untuk dilakukan.

4. Tingkatkan Aktivitas

Pada umumnya mereka yang cenderung beresiko lebih besar terkena dengan serangan tekanan darah tinggi adalah mereka yang kurang beraktivitas dan tidak menjalankan gaya hidup yang sehat dengan berolahraga. Untuk itulah, perbaiki kondisi ini dengan mulai meningkatkan rutinitas atau aktivitas anda pada kegiatan yang lebih sehat. Daripada menghabiskan weekend anda dengan tidur seharian dirumah dan menonton televisi sepanjang waktu. Alangkah lebih baik jika anda mengisi kegiatan ini dengan pergi ke car-free day dan mulailah bergerak dan berolahraga. Kegiatan ini akan menjadi serangkaian hal yang menyenangkan dan menyehatkan untuk dilakukan. Jadi demikian, manfaatkan waktu libur anda dengan kegiatan yang lebih aktif dan positif.

Cara Mencegah Tekanan darah tinggi

Gejala atau tanda dari tekanan darah tinggi memang pada umumnya tidak dapat terlihat dengan jelas karena kondisi kesehatan ini tidak menunjukan gejala yang terlalu berarti. Akan tetapi kondisi ini akan cukup merugikan karena bisa saja penderita tidak menyadari bahwa dirinya sudah mengalami kondisi yang lebih serius dari hal ini. Nah, dibawah ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Mengukur Tensi

Tekanan darah dapat bervariasi secara alami dan terus mengalami perubahan. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak dan bayi pun dapat mengalmai tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa. Tekanan darah biasanya akan lebih tinggi sewaktu beraktivitas dan menjadi lebih rendah pada saat sedang tidak melakukan aktivitas. Sementara itu, tekanan darah dalam satu hari pun dapat berbeda, paling tinggi umumnya akan dialami pada pagi haru dan paling rendah pada saat tidur malam karena tubuh tidak melakukan aktivitas.

Hanya saja, pada umumnya ukuran ini tidak akan dapat ditebak atau diprediksi. Sehingga untuk mencegah kenaikan tekanan darah yang tinggi anda perlu melakukan pemeriksaan dengan baik. Anda dapat menghubungi tim medis untuk dapat melakukan tes tekanan darah atau tensi.

Menjalankan Pola Hidup Sehat

Menjalankan pola hidup sehat dengan tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, tidak konsumsi makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi dan lain sebagainya adalah hal penting untuk dilakukan. Dengan begini anda akan dapat terhindari dari tekanan darah yang tinggi. Untuk itu, mulai saat ini rubahlah pola hidup anda dengan lebih baik.

Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Pada intinya penanganan dirumah ini adalah hal yang dapat anda lakukan dengan komitmen yang tinggi.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel