data-ad-format="auto"

Cara Menghitung Kelahiran Bayi

Menghiting hari lahir bayi dapat membantu ibu dalam mempersiapkan diri menjelang persalinan, berikut ini adalah cara menghitung kelahiran bayi untuk membantu anda.

Selama kehamilan penting untuk menjaga dan mengamati tumbuh kembang janin di dalam kandungan.Untuk dapat membantu anda mengetahui kondisi pertumbuhan dan perkembangan janin yang normal maka harus diketahui usia janin secara pasti .

Menghitung usia janin dapat dilakukan dengan menghitung hari pertama hari terakhir haid untuk wanita yang memiliki siklus menstruasi yang normal dengan rumus yang telah ditentukan.Sedangkan bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur maka rumus menghitung berdasarkan HPHT yang dibedakan .

Hanya saja bagi anda yang lupa mengingat hari pertama hari terakhir haid maka dapat menggunakan cara lain dalam menentukan usia kehamilan,seperti menggunakan USG, menggunakan detak jantung janin, tinggi puncak rahim, menggunakan dua jari tangan, menggunakan kalendar dan juga gerakan janin. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekuraangan dalam memberikan hasil usia kehamilan bagi anda.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

kelahiran bayi

Usia kehamilan selain membantu dalam menentukan pertumbuhan dan perkembangan janin dapat juga membantu dalam pemeriksaan lanjutan,pemberian tindakan oleh dokter kandungan atau bidan bahkan untuk menentukan hari kelahiran. Dengan demikian bagi anda yang ingin mengetahui hari kelahiran dapat melakukan cara  cara di bawah ini .

Cara Mengetahui Hari Kelahiran dengan Hari Pertama Hari Terakhir Haid (HPHT)

Dokter kandungan atau bidan mengunakan HPHT untuk menghitung umur kehamilan yaitu dengan rata-rata kehamilan selama 40 monggu atau 280 hari dari HPHT normal.Maka untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) secara manual cukup mudah dan dapat anda coba dengan rumus di bawah ini:

Rumus HPT= (Tanggal + 7), (Bulan - 3), (Tahun + 1)

Misalnya HPHT anda pada tanggal 21 November 2014, maka perkiraan kelahiran adalah (21+7), (11-3) dan tahun (2014+1) dengan hasil 28,8 dan 2015. Dengan kata lain hari kelahiran dapat diprediksi pada tanggal 28-8-2015.

Adapun rumus ini hanya berlaku untuk wanita yang mengalami haid teratur diantara 28-30 hari. Sedangkan pada perkiraan persalinan ini seringkali melesat, hanya sekitar 5% yang lahir sesuai dengan perhitungan ini. Maka untuk membantu dalam memprediksi perhitungan pada wanita dilakukan daur haid pendek dan daur haid panjang dengan pertambahan dan pengurangan 7 hari dari prediksi atau hasil dari penghitungan rumus HPHT . Apabila dilakukan dari contoh diatas maka tanggal lahir antara 21 Agustus-3 September 2015 .

Cara Mengetahui Hari Kelahiran dengan Tanda-Tanda Menjelang Persalinan

Ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga anda dapat mengetahui tanda-tanda menjelang persalinan yang mungkin terjadi pada setiap ibu hamil dengan kondisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu penting untuk mempersiapkan fisik dan psikis ibu hamil dalam membantu dalam mempersiapkan persalinan .  

Kontraksi kehamilan berbeda-beda ada yang dirasakan sebagai kontraksi palsu ketika memasuki usia kehamilan trimester pertama. Sedangkan untuk kontraksi asli menjelang persalinan disertai dengan adanya rasa mulas dan  ketika keluar lendir yang bercampur dengan darah dari alat kelamin wanita dengan adanya kontraski yang jaraknya semakin berdekatan bahkan ditandai dengan air ketuban pecah .

Dengan demikian itulah cara yang bisa membantu anda dalam menghitung hari kelahiran, bagi anda yang ingin mendapatkan persiapan menjelang persalinan dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan untuk mendapatkan hasil yang membantu mempersiapkan fisik,psikis dan finansial menjelang persalinan anda . 

Loading...

Follow us