data-ad-format="auto"

Cara Menghentikan Kebiasan Buruk Menggigit Kuku pada Anak

Menggigit kuku adalah masalah yang sangat umum untuk anak-anak. Jika anak Anda telah mengembangkan kebiasaan menggigit kuku maka mereka tidak sendirian dan kemungkinan bahwa banyak dari teman-teman dan rekan-rekan juga telah memiliki kebiasaan itu. Sebuah penelitian yang mengejutkan 50% dari anak-anak antara usia 10 dan 18 menggigit kuku mereka pada satu waktu. Anak-anak yang memiliki kebiasaan menggigit kuku memiliki periode stres di rumah atau di sekolah, kebosanan atau kekurangan kalsium. Apapun yang menyebabkan seorang anak untuk mulai menggigit kuku itu pasti jauh lebih sulit bagi anak anda untuk menghentikan kebiasaan itu.

Berikut cara menghentikan kebiasaan menggigit kuku pada anak :

1.  Cobalah untuk mengatasi kebiasaan awal

Cobalah untuk mengidentifikasi apakah anak Anda mengembangkan kebiasaan menggigit kuku pada tahap awal. Sama seperti kebiasaan lain apapun setelah menjadi kebiasaan pada kehidupannya akan sulit untuk dihentikan.

2.  Identifikasi

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Ini bisa menjadi bosan, stres atau waktu tertentu dalam sehari sehingga memiliki kebiasaan buruk menggigit kuku. Minta anak Anda untuk menuliskan di buku harian ketika mereka menggigit kuku. Minta mereka untuk mencatat apa yang mereka lakukan pada saat itu untuk mengurangi kebiasaan menggigit kukunya.

3.  Meningkatkan kesadaran

Salah satu masalah terbesar adalah bahwa hal itu adalah kebiasaan bawah sadar. Banyak saat seorang anak tidak akan menyadarinya ketika mereka mulai menggigit. Meningkatkan kesadaran mereka adalah salah satu yang dapat dilakukan. Anda bisa mencoba mengambil foto kuku mereka setiap hari selama satu atau dua minggu. Anda dapat membandingkan foto-foto dan mencari kemajuan atau sebaliknya.

4.  Mulai melindungi kuku mereka

Jadikan kuku mereka terlidungi untuk menyulitkan kukunya untuk digigit. Anda dapat menggunakan bantuan perban instan yang bisa digunakan untuk menutupi kuku-kuku anak anda, sehingga ketika diluar ketidak sadaran anak anda masih bisa menyadari ketika kukunya akan mulai digigit.

5.  Belajar merawat kuku

Jaga kuku anak anda dengan rapi dan bisa anda bentuk sesuai dengan kemampuan anda. Mengembangkan kebanggaan pada kuku kuku anak anda dapat membantu meningkatkan kesadaran dan membuat mereka meninggalkan kebiasaan buruk menggigit kukunya. Lakukan dengan bantuan anda sehingga anak anda menyadari kepentingan untuk merawat kuku. Jika Anda dapat menemukan kuku palsu yang sesuai dengan ukuran yang tepat maka ini dapat membantu kebiasaan buruk anak anda.

6.  Memberikan rasa pahit pada kuku anak anda

Ada banyak cairan yang dapat Anda beli untuk menutupi kuku dengan bahan pahit namun tidak berbahaya. Anda perlu memastikan bahwa ini dapat diterapkan secara teratur. Ini adalah salah satu metode yang paling populer digunakan untuk mencoba menghentikan kebiasaan buruk anak anda.

7.  Pengganti aktivitas

Dalam kasus lain kebiasaan anak menggigit kuku adalah stres atau bosan yang berhubungan mencoba kegiatan lain yang menggunakan tangan. Yang pertama yang muncul di pikiran adalah meremas bola karet. Anda perlu berhati-hati jika Anda memilih kegiatan pengganti sebanyak ini memiliki potensi untuk berkembang menjadi kebiasaan menjengkelkan sendiri.

8.  Meningkatkan asupan kalsium

Anda dapat meningkatkan konsumsi kalsium pada menu makan anak anda untuk menghentikan kebiasaan buruk menggigit kuku pada anak anda. Tingginya kadar kalsium dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian, produk susu dan buah kering.

Loading...

Follow us