Cara Mengetahui Tanda Kehamilan Tanpa Test Pack

5/5 (4)

 

Umumnya pasangan suami isteri menggunakan testpack untuk mengetahui tanda kehamilan sejak dini. Padahal tanda-tanda kehamilan dapat diketahui dengan perubahan fisik ataupun psikologi wanita hamil di minggu pertama kehamilan.

Perubahan wanita sebelum hamil biasanya diketahui dengan berhentinya siklus menstruasi. Padahal hormon kehamilan sudah mulai berfungsi dan berpengaruh pada tubuh wanita sebelum menstruasi di bulan selanjutnya.

tanda kehamilan tanpa testpack

Inilah yang dapat menjadi pertanda kehamilan tanpa menggunakan testpack/ test kehamilan :

1. Sering Kelelahan

Anda seringkali merasakan kelelahan dengan aktivitas sehari-hari? Bahkan anda merasa nafas menjadi pendek ? Ini dapat menjadi pertanda kehamilan, meskipun bukan sebuah tanda pasti kehamilan, melainkan kondisi ini dapat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan anda yang terganggu.

Hanya saja janin yang sedang tumbuh membutuhkan oksigen yang lebih banyak sehingga membuat oksigen anda berkurang bahkan kondisi ini akan berlangsung sepanjang kehamilan. Sedangkan bagi anda yang sering kelelahan penyebab utamanya adalah peningkatan hormon. Kondisi kelelahan akan dialami hingga trimester pertama kehamilan.

2. Merasa mual dan muntah

Mual dan muntah dapat menjadi pertanda kehamilan apabila anda mengalaminya secara rutin. Anda mengalami mual dan muntah setiap pagi dan malam hari setiap hari berturut-turut, disertai dengan merasakan mual ketika mencium bau makanan tertentu.

Sedangkan untuk mual dan muntah yang disebabkan oleh maag, biasanya terjadi sewaktu-waktu saja. Bahkan mual dan muntah yang dialami bukan dipicu karena makanan melainkan datang tiba-tiba begitu saja. Bahkan mual dan muntah tanda kehamilan tidak dapat disembuhkan dengan menggunakan obat maag.

3. Kembung,Sembelit Hingga Kram Perut

Kondisi lainnya yang diduga sebagai tanda kehamilan adalah wanita mengalami perut kembung yang lebih sering dari biasanya. Perut kembung yang dialami oleh wanita hamil bukan dipicu karena makanan akan tetapi karena hormon progesteron yang diproduksi selama kehamilan.

Sistem pencernaan yang semakin melambat akan berakibat pada kesulitan buang air besar sehingga memicu wanita mengalami sembelit. Bahkan wanita seringkali mengeluhkan rasa sakit diperut seperti mengalami PMS. Memang sangat sulit dipastikan sedang PMS sebagai kram perut atau pertanda rahim sedang melebar yang mempersiapkan tempat pertumbuhan janin. (Artikel lainnya: tanda-tanda hamil muda)

4.Perubahan Mood dan Penciuman yang Sensitif

Anda tiba-tiba tidak menyukai bau makanan tertentu atau bau parfum tertentu? Ini juga seringkali dijadikan dugaan bahwa anda sedang hamil. Tanda kehailan berikutnya memang berhubungan dengan perubahan yang lebih sensitif baik dari indera penciuman ataupun perubahan mood.

Terlebih bagi anda yang mengalami perubahan emosi secara drastis. Anda tiba-tiba merasakan sedih, marah ataupun gembira yang tanpa diketahui penyebabnya. Kondisi ini disebabkan karena perubahan hormon di dalam tubuh yang sedang beradaptasi dengan perubahan hormon kehamilan. 

5. Nafsu Makan Berkurang dan Ngidam

Tanda kehamilan yang paling umum dan dikenal oleh masyarakat adalah ngidam. Padahal ngidam dapat juga terjadi ketika anda PMS. Hanya saja ngidam pada saat hamil seringkali berhubungan dengan buah yang rasanya asam,seperti mangga muda, jeruk dan lainnya.

Sedangkan untuk berkurangnya nafsu makan pada wanita hamil muda disebabkan karena mual dan juga penciuman yang lebih sensitif. Dalam mengatasinya, anda harus tetap makan dalam porsi yang kecil dan juga lebih sering.

Itulah tanda-tanda kehamilan tanpa menggunkan testpack, anda dapat mengetahui perubahan emosi, perubahan fisik ketika memasuki kehamilan d I minggu pertama kehamilan. 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply