data-ad-format="auto"

Cara Mengetahui Kehamilan Sehat

Mendapatkan janin yang tumbuh kembang sesuai usia kehamilan menjadi idaman bagi setiap wanita berikut ini adalah cara mengetahui kehamilan sehat.

Selama kehamilan hingga menjelang hari persalinan menjaga kesehatan ibu dan janin sangat penting. Kondisi ini erat kaitannya dengan menjaga berat badan ibu hamil,mendapatkan kondisi seimbang untuk asupan nutrisi dan olahrga yang teratur khusus untuk ibu hamil.

Mengetahui kehamilan yang sehat dapat dimulai dari mengetahui tanda-tanda awal kehamilan yang sehat,kondisi ibu dan janin selama trimester awal hingga trimester akhir sesuai dengan usia kehamilan dan juga keluhan yang tidak membahayakan ibu dan janin.

Artikel kali ini akan membantu anda dalam mengetahui kehamilan yang sehat, berikut ini adalah tanda kehamilan yang sehat,perkembangan dan pertumbuhan kehamilan yang sehat dan juga keluhan yang tidak membayakan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

kehamilan sehat

Tanda Tanda Kehamilan yang Sehat

1.Morning Sickness

Ibu mengalami mual dan muntah diawal kehamilan dan akan berhenti dengan sendirinya memasuki trimester kedua kehamilan.Kondisi ini normal terjadi apabila tidak disertai dengan gangguan kesehatan ibu hamil.

2.Kondisi dan Ukuran Buah Dada

Pada kehamilan yang normal, kondisi perubahan buah dada yang semakin kencang dan membesar.Hal ini sebagai kesiapan tubuh dalam memproduksi ASI hingga kehamilan berjalan lancar.

3.Kadar Hormon yang Cukup

Bagi wanita yang mengalami kadar hormon progesteron dan estrogen yang tidak stabil selama kehamilan atau kedua hormon tersebut sangat rendah di dalam tubuh ibu hamil maka berisiko mengalami keguguran yang lebih tinggi.

4.Perubahan perut yang semakin membesar

Selanjutnya adalah perubahan perut yang semakin membesar sesuai dengan usia kehamilan. Dokter akan memeriksa kondisi perut ibu sesuai dengan kesehatan ibu dan janin.

5.Tekanan Darah dan Kadar Gula

Kehamilan yang sehat juga ditentukan oleh kadar darah dan gula darah selama kehamilan.Peningkatan tekanan darah ataupun kadar gula dapat dikategorikan normal apabila tidak memberikan pengaruh pada kesehatan ibu dan janin, umum terjadi diawal kehamilan.

Sedangkan bagi ibu hamil yang mengalami perubahan yang drastis pada tekanan darah atau kadar gula akan memicu terjadinya preeklamsia yang membuat ibu berisiko mengalami kelahiran prematur.

6.Kondisi Rahim dan Plasenta

Selama janin di dalam kandungan sangat tergantung pada kesehatan rahim ibu hamil. Dengan demikian plasenta yang juga melekat pada dinding rahim harus terpenuhi sehingga dapat menekan risiko terjadinya pelepasan plasenta yang mengarah pada keguguran.

7.Pertumbuhan Janin

Selanjutnya adalah ibu hamil harus melakukan pemeriksaan kesehatan kehamilan dengan menggunakan alat kesehatan,salah satunya dengan menggunakan USG. Hal ini untuk mengetahui tanda-tanda kekurangan oksigen di dalam rahim yang berakibat fatal pada janin terlebih apabila fungsi plasenta terganggu dan ibu mengalami masalah kesehatan.

8.Pergerakan Janin

Selain pemeriksaan rutin dilakukan,kehamilan yang sehat ditandaoi dengan pergerakan janin yang biasanya diperiksa oleh dokter.Pergerakan janin pada minggu ke-6 hingga minggu ke-10 saat periode kehamilan yang sudah dapat terasa oleh ibu hamil dan dapat dikatakan sebagai kehamilan yang sehat dimana bayi sudah mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Adapun kehamilan yang sehat berdasarkan usia kehamilan dapat dikategorikan sebagai berikut:

Usia Kehamilan 1-3 Bulan

Pada saat usia kehamilan 1-3 bulan, wanita seringkali mengalami mudah lelah dikarenakan tubuh bekerja keras dalam mempersiapkan dalam menyambut pertumbuhan janin. Jantung akan mengalami detak jantung yang lebih kuat dan semakin kencang, kondisi ini harus dilengkapi dengan kebutuhan nutrisi seperti zat besi dan juga protein yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga istirahat yang cukup. Meskipun demikian kondisi di awal trimester ini masih digolongkan normal terjadi.

Kondisi emosi pada ibu hamil dengan tanda kehamilan normal adalah lebih mudah bersemangat, merasa lelah dan juga terkadang moody(perubahan suasana yang lebih cepat dibandingkan biasanya) karena adanya perubahan produksi hormon.Bahkan ibu hamil mengalami rasa khawatir dikehamilan usia kehamilan pertama,mengalami perubahan emosi yang lebih cepat dan membutuhkan dukungan dari keluarga.

Janin pada usia kehamilan 1-3 bulan dimulai dari masa subur dimana sel telur yang dibuahi dan menempel kemudian membentuk bola pada dinding rahim, selanjutnya akan berkembang. Perkembangan sel telur pertama kalinya menyerupai udang yang berukuran kecil yang semakin berkembang sampai memasuki kehamilan usia dua bulan.

Pada saat memasuki usia kehamilan dua bulan mudah terbentuk wajah bayi,ukuran kepala.Bahkan pada usia kehamilan dua bulan ini akan ditandai dengan munculnya tanda-tanda kehidupan yang menyerupai tangan dan kaki yang mulai terbentuk dan mulai terlihat jelasnya tali pusar serta munculnya otot-otot.

Memasuki kehamilan tiga bulan dimana jantung sudah mulai terbentuk dengan sempurna,bahkan selain itu organ jantung,kaki dan tangan sudah mengalami pembentukan.Sedangkan untuk organ vital lainnya akan terbentuk pada akhir bulan ketiga yang akan semakin sempurna pada bulan keempat kehamilan.

Usia Kehamilan 4-6 bulan

Trimester Kehamilan 4-6 Bulan

Tanda kehamilan sehat pada usia kehamilan 4-6 bulan yaitu tanda perut yang semakin membesar hal ini dikarenakan berat rahim dalam menyediakan  bakal janin yang sudah mulai terisi pada trimester kedua.Pada kehamilan yang sehat semakin bertambah usia kehamilan maka akan semakin bertambah pula berat badan janin.

Semakin bertambah usia kehamilan maka badan akan mendapatkan beban sehingga seringkali ibu hamil mengalami keluhan sakit dan pegal. Hanya saja pada kehamilan yang normal dan sehat kondisi ini tidak akan membuat gangguan kesehatan yang berarti, sehingga dapat diatasi dengan cara beristirahat dari rutinitas yang membuat ibu terbebani.

Pada trimester kedua perkembangan janin dimana rambut halus lanugo,limpa,pankreas dan fungsi hati sudah berfungsi.Bahkan janin sudah dapat melatih kemampuan dalam melatih nafas, menghisap dan juga menelan. Bahken lemak tubuh sudah terbentuk untuk melindungi janin agar tetap hangat.

Usia Kehamilan 7-9 Bulan

Pada trimester akhir kehamilan ibu hamil harus dapat mempersiapkan kesiapan fisik dan psikis, motivasi dari keluarga terutama dari suami sangat dibutuhkan mendekati persalinan. Setiap ibu hamil memiliki rentan waktu kehamilan dari hari pertama hari terakhir (HPHT) yang berbeda-beda, sehingga kehamilan kurang lebih mencapai 40 minggu.

Selanjutnya yang berhubungan dengan perkembangan janin ,dimana berat badan janin semakin membesar. Bahkan pergerakan janin yang semakin aktif di waktu malam hari membuat ibu hamil mengalami kesulitan tidur di malam hari. Perkembangan otak yang semakin meningkat dan penyempurnan paru-paru dan refleks kordinasi yang semakin terbentuk .

Dengan demikian unntuk mengetahui kehamilan yang sehat kesehatan ibu dan janin selama kehamilan sangat penting untuk diperhatikan selain itu perhatikan pula perkembangan dan pertumbuhan janin selama dikehamilan sesuai dengan usia kehamilan karena akan membantu dalam mengukur kehamilan yang normal dan sehat .  Apabila ibu hamil mengalami kondisi keluhan dan gangguan selama kehamilan sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan atau bidan sehingga dapat membantu untuk mencegah kemungkinan bahaya untuk janin dan ibu hamil .

Loading...

Follow us