6 Cara Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih Saat Hamil

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih Saat Hamil – Peningkatan nafsu makan ketika hamil merupakan hal yang wajar. Sebab dalam kandungan ada bayi yang juga membutuhkan asupan. Perubahan hormon estrogen serta progesteron juga akan mempengaruhi rasa lapar.

Agar terhindar dari makan berlebih dan untuk membantu menjaga kenaikan berat badan agar tetap sehat selama hamil, maka penting mengendalikan nafsu makan tanpa harus mengurangi nutrisi yang diperlukan. Nah, berikut ini cara mengendalikan nafsu makan berlebih ketika hamil.

Baca juga :  Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih Saat Hamil

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih Saat Hamil

Sering merasa lapar saat hamil memang wajar. Hanya saja, mengonsumsi makanan yang berlebihan tanpa memperhatikan asupan kalori dan nutrisinya akan menyebabkan berat badan berlebih. Oleh karena itu, diperlukan cara sehat untuk mengendalikan nafsu makan namun ibu dan bayi tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

Perbanyak Minum Air Putih

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih Saat Hamil

Selain bermanfaat untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, minum air putih juga akan dapat menekan nafsu makan.

  • Caranya yaitu saat anda lapar terus menerus anda bisa minum segelas air putih sebelum makan untuk mengurangi lapar.
  • Selama hamil dianjurkan untuk minum air putih dalam jumlah lebih banyak dari sebelumnya.
  • Anda dapat minum sebanyak 8 hingga 10 gelas air dalam per hari. Hindari konsumsi minuman manis atau soda. Pasalnya, minum minuman yang mengandung gula akan dapat membuat nafsu makan meningkat.

Tetap Sarapan

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih Saat Hamil

Anda jangan sampai melewatkan waktu sarapan. Selain penting untuk kesehatan serta metabolisme, juga akan mencegah ibu hamil lapar berlebih ketika siang hari.

  • Saat pagi hari pastikan anda mengonsumsi makanan yang bernutrisi.
  • Makanan yang dapat dipilih di antaranya yaitu roti gandum, telur rebus dan lain sebagainya.

Makan Lebih Sering dengan Porsi Sedikit

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih Saat Hamil

Pola makan anda sebelum hamil mungkin 3 kali sehari dengan porsi yang banyak. Nah, ketika hamil anda bisa mensiasatinya dengan makan dalam porsi sedikit namun lebih sering. Dengan cara ini akan mencegah anda untuk makan banyak, serta mencegah berlebihnya kenaikan berat badan.

Pilihlah makanan yang sehat dan bernutrisi. Makan lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit.

Mengunyah Lebih Lama

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih Saat Hamil

Saat merasa lapar, biasanya kita makan dengan cepat dan banyak. Tanpa disadari, makan cepat dan banyak akan membuat perut kenyang sementara, serta mual setelah selesai makan.

  • Ketika makan anda sebaiknya mengunyah lebih lama. Tidak hanya mencegah mual, cara ini juga akan membuat ibu merasa cepat kenyang serta menghindari makan banyak.
  • Anda bisa menerapkan langkah ini dengan perlahan. Anda dapat menghitungnya sekitar 25 hingga 30 ketika mengunyah makanan.

Cukupi Waktu Tidur

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih Saat Hamil

Gangguan tidur memang kerap kali dialami oleh ibu hamil. Namun, perlu diketahui kurang tidur akan menyebabkan lebih mudah merasa lapar. Pastikan anda tetap mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

  • Agar tidur lebih nyenyak, anda bisa menciptakan suasana yang nyaman. Misalkan dengan mematikan lampu kamar sebelum tidur, minum segelas susu atau mendengarkan musik yang bikin rileks.
  • Selain itu, anda juga bisa membaca buku agar lebih mudah terlelap.
  • Menggunakan bantal khusus untuk ibu hamil akan  membuat anda nyaman dan membantu meningkatkan kualitas tidur.

Kendalikan Stres

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih Saat Hamil

Stres bisa dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali ibu hamil. Meskipun begitu, anda harus mengendalikan stres dengan baik.  Pasalnya, stres akan dapat berpengaruh bagi ibu dan janin. Stres akan menyebabkan pelepasan hormon kortisol yang dapat membuat rasa lapar meningkat.

  • Untuk membantu mengendalikan stres, anda bisa mencoba melakukan kegiatan yang menyenangkan.
  • Anda dapat mendengarkan musik, melakukan hobi atau berkumpul dengan keluarga.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebih ketika hamil. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Leave a Reply