Anda Penderita Diabetes? Ketahui Cara Mengendalikan Diabetes Berikut

Cara Mengendalikan Diabetes – Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh atau di atas batas normal. Penumpukan glukosa di dalam darah yang disebabkan karena sel tubuh tidak menyerapnya dengan baik akan dapat menimbulkan berbagai masalah pada organ tubuh. Apabila penyakit diabetes tidak dikontrol dengan baik dan benar, maka akan menyebabkan komplikasi yang membahayakan penderitanya.

Dibutuhkan deteksi awal untuk mengetahui apakah seseorang memiliki risiko penyakit diabetes atau tidak. Untuk mendeteksi awal penyakit diabetes, ada beberapa gejala diabetes yang biasanya dirasakan. Dimana gejala tersebut terkadang tidak disadari atau bahkan ada yang mengabaikannya. Nah, adapun gejala awal diabetes di antaranya yaitu kaki terasa sakit dan mati rasa, keadaan kulit mengalami perubahan, pandangan menjadi kabur, rentan terhadap penyakit atau infeksi, penyembuhan luka menjadi lambat, gusi  merah dan bengkak, serta lain sebagainya. Untuk mengetahui dengan pasti, anda harus melakukan pemeriksaan pada dokter.

Untuk penderita diabetes, mengontrol atau mengendalikan diabetes sangat penting untuk dilakukan. Memang tidak mudah, namun jika anda berusaha dan konsisten melakukannya diabetes dapat terkendali. Selain itu, risiko mengalami komplikasi akibat diabetes akan menurun.

Ada langkah-langkah sederhana yang dapat anda lakukan sebagai cara mengendalikan diabetes. Berikut ini cara mengendalikan diabetes yang harus anda ketahui.

Cara Mengendalikan Diabetes yang Harus Anda Ketahui

cara mengendalikan diabetes

Kunci utama untuk mengendalikan diabetes yaitu dengan menjaga kadar gula darah supaya dalam batas normal. Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda ikuti.

Rutin Cek Gula Darah

Cara mengendalikan diabetes yang wajib anda lakukan yaitu rajin atau rutin melakukan cek gula darah. Melakukan cek gula darah ini dilakukan untuk memantau kadar gula darah dalam tubuh anda apakah dalam batas normal atau sebaliknya. Tidak hanya itu, dengan rutin melakukan kontrol gula darah dapat membantu anda untuk mengetahui apakah perlu menyesuaikan dengan makanan, serta obat yang anda konsumsi sehari-hari.

Anda bisa rutin melakukan cek gula darah. Jika anda memiliki alat untuk cek gula darah sendiri, maka untuk melakukannya anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke dokter. Namun, anda harus memastikan bahwa anda benar-benar paham cara menggunakan alat tersebut.

Menerapkan Pola Makan yang Sehat dan Tepat

cara mengendalikan diabetes

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk mengontrol diabetes yaitu dengan menerapkan pola makan sehat. Anda harus memastikan bahwa makanan yang anda konsumsi sehat dan baik untuk penderita diabetes. Selain itu, anda juga harus mengurangi asupan jumlah natrium dan garam yang anda konsumsi. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, serta makanan olahan maupun makanan kemasan. Untuk makanan dan minuman manis tentunya harus anda kurangi. Sesekali anda bisa mengonsumsi makanan manis, namun pastikan makanan tersebut dalam jumlah kecil.

Jika anda biasanya menggunakan gula biasa sebagai pemanis, anda bisa menggantinya dengan pemanis yang rendah akan kandungan kalori. Selain itu, anda harus memilih karbohidrat dengan indeks glikemik yang rendah.

Memang tidak mudah, namun anda tetap harus berusaha. Anda dapat melakukannya dengan bertahap. Untuk memulainya anda dapat melakukan kebiasaan makan yang mudah anda ikuti dan jalani. Untuk mengetahui tips menerapkan pola makan yang sehat untuk penderita diabetes, anda bisa melakukan konsultasi pada dokter.

Perhatikan Asupan Karbohidrat

Karbohidrat dapat menyebabkan gula darah naik dan turun dengan cepat. Bisa dibilang karbohidrat sederhana menjadi musuh terbesar untuk penderita diabetes. Oleh karena itu, untuk  mengontrol diabetes sangat penting bagi anda untuk menghitung karbohidrat harian. Menghitung asupan karbohidrat harian dapat menjadi cara bagi anda untuk membuat kadar gula darah tetap seimbang.

Agar kebutuhan karbohidrat anda terckupi, anda bisa mengkombinasikannya antara asupan karbohidrat serta protein, misalkan kacang-kacangan. Selain itu, sebaiknya anda juga menambahkan sayuran ke dalam makanan sehari-hari anda. Kombinasi antara ketiga ini akan membuat sistem pencernaan anda lambat, sehingga efeknya anda akan merasakan kenyang dan tidak perlu khawatir akan kenaikan kadar gula darah.

Selain itu, anda harus memilih karbohidrat dengan serat tinggi. Sebab selain membantu untuk mengontrol gula darah, serat juga akan membantu membersihkan kolesterol dari pembuluh darah. Anda bisa mendapatkan serat dan karbohidrat yang baik dari beberapa sumber makanan seperti misalkan beras merah, gandum utuh, labu, ubi jalar dan kacang merah. Anda harus mencari tahu apa sumber karbohidrat yang sehat bagi anda. Jika anda bisa menghindari sumber karbohidrat yang tidak sehat, maka akan semakin baik untuk mengontrol gula darah anda.

Mengontrol Stres dengan Baik

Ternyata selain dapat menaikan tekanan darah, stres juga dapat membuat kadar gula darah naik. Kondisi ini akan membuat hormon mengalami perubahan. Efeknya selain menjadikan gula darah anda meningkat, juga akan membuat anda ingin makan terus menerus, terlebih lagi makanan bercita rasa manis.

Mengetahui seperti itu, maka sangat penting untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan anda stres, anda juga harus belajar bagaimana caranya untuk mengontrol stres.

Untuk bisa mengontrol stres sebenarnya ada banyak cara yang dapat anda lakukan. Beberapa di antaranya yaitu mencukupi waktu tidur, melakukan hobi, melakukan meditasi, mendengarkan musik dan lain sebagainya.

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Untuk mengontrol diabetes, cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan olahraga. Olahraga menjadi cara yang baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Hanya saja, efek baiknya ini akan hilang jika anda berhenti melakukannya dalam seminggu. Karena seperti itu, sebaiknya anda melakukan olahraga dengan taratur.

Lakukan olahraga yang anda sukai. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, yang pasti setiap harinya anda harus aktif bergerak. Anda dapat melakukan olahraga yang ringan dan menyenangkan seperti misalkan bersepeda, berenang, berjalan, berlari dan lain sebagainya.

Tidak hanya membantu menurunkan kadar gula darah saja, namun dengan melakukan olahraga akan membuat suasana hati anda menjadi lebih baik.

Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok sebaiknya anda hentikan. Pasalnya merokok akan meningkatkan risiko komplikasi diabetes, seperti penyakit mata, jantung, ginjal, stroke, pembuluh darah serta saraf rusak. Anda dapat melakukan konsultasi pada dokter untuk mengetahui cara tepat untuk berhenti merokok.

Selain menghentikan kebiasaan merokok, anda juga harus membatasi asupan alkohol sebab akan dapat membuat gula darah mengalami peningkatan, tergantung dari jumlah yang anda konsumsi.

Sangat penting untuk mengendalikan diabetes agar anda terhindar dari masalah kesehatan yang disebabkan karena komplikasi diabetes. Untuk mengendalikan atau mengontrol diabetes, anda harus konsisten dalam menerapkan gaya hidup sehat.

Terdapat beragam cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah. Untuk mendapatkan saran, serta penanganan yang tepat anda jangan segan untuk melakukan konsultasi pada dokter.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply