5 Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor Saat Hamil dengan Mudah

Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor Saat Hamil dengan Mudah – Sakit tulang ekor merupakan kondisi yang sering ibu hamil keluhkan. Kondisi ini tentu akan membuat ibu hamil tidak nyaman, bahkan akan mengganggu aktivitas ibu hamil. Kondisi ini biasanya disebabkan karena ukuran janin dalam kandungan semakin besar, berat badan, perubahan hormon hingga sembelit. Untuk membantu mengatasinya, beberapa cara berikut ini bisa anda lakukan.

Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor Saat Hamil

Baca juga : Cara Menjaga Kehamilan Setelah Mengalami Keguguran

Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor Saat Hamil dengan Mudah

Ibu hamil sebaiknya mengetahui cara mengatasi sakit tulang ekor agar bisa melakukan aktivitas dengan nyaman. Kondisi ini pada umumnya dialami saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Nah, berikut ini cara yang bisa dicoba.

Yoga Prenatal

Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor Saat Hamil

Melakukan olahraga rutin menjadi salah satu cara mengatasi tulang ekor sakit ketika hamil. Olahraga yang direkomendasikan yaitu yoga prenatal. Olahraga yang satu ini juga akan membantu mengatasi nyeri punggung. Nah, berikut ini merupakan gerakan prenatal yoga yang dapat ibu hamil lakukan untuk mengatasi nyeri tulang ekor.

  • Pertama, silakan posisikan tubuh anda seperti merangkak, tangan posisinya persis di bawah bahu.
  • Kemudian tarik napas, lalu perut dibiarkan sedikit turun ke bawah.
  • Lalu buang napas dan tekan tangan ke bawah sambil perlahan melakukan gerakan
  • Anda bisa melakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

Gunakan Ganjalan Bantal Saat Duduk

Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor Saat Hamil

Apabila anda harus kerja dengan posisi duduk dalam waktu lama, anda bisa memanfaatkan alas duduk atau bantal.

  • Duduk menggunakan ganjalan bantal. Kemudian posisi duduk diganti setiap beberapa jam. Dimana hal ini akan membantu mengurangi tekanan yang terjadi pada tulang ekor anda, serta rasa sakit pada tulang ekor akan teratasi.
  • Selain itu, anda juga dapat mencoba melakukan gerakan ringan tetap pada posisi duduk. Cobalah untuk duduk dengan menyilangkan salah satu kaki ke lutut anda. Lalu dengan hati-hati tubuh dibungkukan ke depan.

Kompres

Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor Saat Hamil

Kompres hangat atau dingin juga dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi sakit tulang ekor.

  • Kompres air hangat, silakan masukan air hangat dalam botol kaca. Lalu anda bisa meletakannya pada tulang ekor beberapa saat.
  • Untuk kompres dingin, air dingin bisa dimasukan dalam plastik. Plastik berisi air dingin silakan dibungkus dengan handuk. Anda bisa meletakannya pada tulang ekor dan diamkan beberapa waktu.

Gunakan Maternity Belt

Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor Saat Hamil

Untuk membantu mengatasi sakit tulang ekor saat hamil, anda juga dapat menggunakan ikat pinggang yang dikhususkan untuk ibu hamil atau maternity belt. Menggunakan maternity belt akan mengurangi tekanan di tulang ekor yang disebabkan karena berat badan mengalami tambahan saat hamil. Jika tekanan berkurang, maka sakit tulang ekor akan berkurang.

  • Gunakan maternity belt dengan hati-hati dan benar.
  • Perhatikan petunjuk yang terdapat pada kemasan produk.
  • Hindari mengikatnya terlalu ketat ataupun terlalu longgar.

Gunakan Celana Longgar dan Nyaman

Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor Saat Hamil

Saat hamil disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman. Memakai celana ketat ketika hamil akan membuat tekanan pada tulang ekor anda meningkat, sakit akan semakin parah.

  • Maka dari itu, sebaiknya anda menggunakan celana yang nyaman dan longgar guna mengurangi tekanan yang terjadi pada tulang ekor untuk mengurangi sakit yang anda alami.
  • Selain itu, pastikan anda juga memilih celana dengan bahan yang lembut dan nyaman.

Lihat juga : Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil Agar Kehamilan Tetap Sehat

Itulah beberapa tips mudah mengatasi sakit tulang ekor saat hamil. Apabila keluhan tulang ekor sakit tidak kunjung hilang, sebaiknya anda pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Leave a Reply