3 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Ibu Hamil – Ketika hamil daya tahan tubuh biasanya akan menurun. Karena hal inilah ibu hamil rentan terkena infeksi atau penyakit, salah satunya sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan itu sendiri akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Masalah kesehatan yang satu ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti asam lambung naik, infeksi, muntah dan lain sebagainya.

Walaupun biasanya sakit tenggorokan yang dialami oleh ibu hamil tidak berbahaya, namun jika dibiarkan akan sangat mengganggu. Namun, ibu hamil juga tidak boleh mengonsumsi obat dengan sembarangan. Lantas bagaimana cara yang aman untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan saat hamil? Nah, berikut ini cara atau perawatan alami yang bisa anda lakukan di rumah untuk mengatasi sakit tenggorokan saat hamil.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Ibu Hamil

Sakit tenggorokan tentu akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Nah, Jika anda mengalami kondisi ini, beberapa perawatan mudah ini bisa anda lakukan.

Berkumur dengan Menggunakan Air Garam

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Ibu Hamil

Untuk membantu meredakan sakit tenggorokan pada ibu hamil yaitu dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam ini bisa anda manfaatkan sebagai obat kumur alami. Adapun manfaat yang akan didapatkan dengan berkumur menggunakan air garam yaitu membantu membunuh bakteri, mengatasi rasa gatal pada tenggorokan, mengurangi pembengkakan dan membantu mengencerkan dahak.

  • Caranya sangat mudah. Silakan siapkan air hangat dan garam sekitar setengah sendok teh.
  • Kemudian silakan larutkan setengah sendok teh garam tersebut pada segelas air hangat.
  • Anda dapat berkumur dengan rutin setiap 3 jam sekali ataupun lebih.

Minum Air Putih yang Banyak

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Ibu Hamil

Memperbanyak minum air putih memang disarankan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, minum air putih yang banyak juga akan membantu mengencerkan dahak, serta membuat tenggorokan terasa lebih lega.

Oleh karena itu, upayakan untuk memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya. Dibandingkan minum minuman tidak sehat, lebih baik anda memperbanyak air  putih.

Manfaatkan Lemon dan Madu

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Ibu Hamil

Cara alami lainnya yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan saat hamil yaitu dengan memanfaatkan lemon dan madu. Kedua bahan alami ini bisa anda gunakan untuk obat sakit tenggorokan. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa madu dapat  menjadi bahan efektif untuk menyembuhkan luka. Sehingga madu dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan.

  • Caranya pun sangat mudah, siapkan teh hangat, lemon dan madu.
  • Kemudian potongan lemon dan madu bisa anda tambahkan dalam teh hangat.

Baca juga : Cara Mengatasi Pusar Sakit Saat Hamil dengan Tepat

Nah untuk mencegah sakit tenggorokan anda sebaiknya mencukupi waktu istirahat serta menghindari stres agar sistem imun meningkat. Selain itu, anda dapat mengonsumsi makanan yang bernutrisi, rajin mencuci tangan untuk mencegah penularan penyakit dan sebaiknya hindari kontak dengan seseorang yang mengalami sakit tenggorokan untuk mencegah penularan kuman penyebab sakit tenggorokan.

Itulah beberapa perawatan alami dan mudah untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan pada ibu hamil. Jika sudah melakukan perawatan di atas namun sakit tenggorokan tidak kunjung hilang, apalagi jika disertai dengan gejala lainnya, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

Leave a Reply