6 Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Tua

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Tua – Usia kehamilan yang semakin bertambah membuat ibu hamil sering mengalami kembung ketika hamil. Tentunya kondisi ini akan dapat mengganggu kenyamanan bagi ibu hamil, dimana perutnya akan menjadi penuh dan kencang.

Nah, untuk membantu mengatasi perut kembung saat hamil tua, berikut ini beberapa cara mudah dan sederhana yang dapat anda lakukan.

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Tua

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Tua

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan perut kembung pada ibu hamil tua seperti ukuran bayi yang semakin membesar, mengonsumsi makanan yang dapat memicu gas, hormon mengalami peningkatan, vitamin kehamilan dan lain sebagainya. Berikut beberapa cara mengatasi perut kembung saat hamil.

Minum Cairan yang Banyak

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Tua

Mencukupi kebutuhan cairan sangat penting dilakukan. Cairan akan dapat membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik dan membantu mengatasi masalah perut kembung. Jika makanan yang dikonsumsi tidak dicerna dengan baik maka akan dapat masuk ke usus kecil, kemudian bakteri akan memecah menjadi gas. Selain itu, jika tubuh tetap terhidrasi akan mencegah sembelit yang akan dapat memperparah masalah perut kembung.

Oleh karena itu, sebisa mungkin anda harus mencukupi kebutuhan cairan setidaknya minum sebanyak 2,3 liter air atau 10 cangkir dalam setiap harinya.

Hindari Jenis Makanan Tertentu

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Tua

Beberapa jenis makanan tertentu harus dihindari karena akan dapat menyebabkan perut kembung. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari.

  • Hindari beberapa jenis makanan seperti sawi, kembang kol dan brokoli.
  • Makanan dengan kandungan gula fruktosa yang banyak juga harus dihindari karena akan dapat menyebabkan perut kembung seperti apel, daun bawang, pir dan aneka makanan olahan.

Makan dengan Porsi Kecil

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Tua

Jika anda makan terlalu banyak maka akan membuat sistem pencernaan memerlukan waktu lama untuk mencerna makanan tersebut. Dimana proses mencerna makanan yang lama ini akan dapat menyebabkan perut kembung.

  • Oleh karena itu, anda sebaiknya makan dalam porsi kecil namun sering.
  • Pilihlah menu makan yang sehat dan hindari makanan yang dapat menyebabkan perut kembung seperti yang disebutkan di atas.

Menggunakan Pakaian yang Nyaman

 

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Tua

Menggunakan pakaian yang nyaman akan membantu melancarkan aliran gas pada perut. Pakaian yang tidak nyaman dan ketat pada area pinggang akan memperparah masalah perut kembung yang anda alami.

  • Anda harus memakai pakaian yang longgar.
  • Gunakan pakaian dari bahan yang nyaman.

Hindari Stres

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Tua

Saat stres masalah perut kembung akan semakin parah. Kondisi ini disebabkan karena cemas akan dapat menyebabkan anda menelan banyak udara.

  • Selalu berpikir positif dan hindari stres.
  • Untuk membantu mengatasi stres anda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan atau melakukan hobi.

Berolahraga dengan Teratur

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Tua

Olahraga ringan yang dilakukan ketika hamil akan mendatangkan banyak manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan dan membantu mengatasi perut kembung.

  • Olahraga ringan yang bisa anda lakukan yaitu berjalan santai. Anda dapat melakukan jalan santai atau olahraga ringan lainnya selama sekitar 30 menit untuk membantu mengatasi perut kembung.
  • Selain itu, anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan olahraga karena kondisi tiap ibu hamil berbeda-beda. Anda dapat meminta saran dari dokter jenis olahraga ringan apa yang cocok untuk mengatasi perut kembung saat hamil.

Baca juga : 4 Cara Mencegah Hamil di Luar Rahim

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung saat hamil tua. Jika masalah perut kembung semakin menganggu, anda sebaiknya segera melakukan pemeriksaan pada dokter.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons